purwadhika-logopurwadhika-logo

Kerja Bidang Data, GAK HARUS Background IT!

Nawfal Pradana

06 February 2024

Kerja Bidang Data, GAK HARUS Background IT!

Bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah memang sudah biasa kita temui, karena memang kebutuhan di dunia kerja terkadang bukan mengikuti jurusan kuliah. Seperti cerita Dimas, salah satu alumni Job Connector Data Science di Purwadhika. Dimas lulusan Teknik Fisika yang pernah bekerja selama dua tahun menjadi sales, padahal ia ingin bekerja sesuai lulusan kuliahnya. Tapi dari situ dimas akhirnya berkenalan dengan bidang data dan mulai tertarik untuk mendalaminya.

Awal Mula Keinginan Memahami Data

Dimas melihat temannya yang bekerja menjadi data analyst, tapi tidak memiliki background di bidang data. Dimas akhirnya mulai menanyakan banyak hal tentang data, mulai dari jenis, pengertian, dan perbedaanya. Dari situ Dimas mulai tertarik untuk mendalaminya, lalu akhirnya ia mulai belajar data dari youtube dan sosial media lainnya.

Perubahan yang Purwadhika Berikan

Dimas menyadari bahwa selama ini melihat dunia kerja seperti menggunakan “Kacamata Kuda” karena masih memiliki mindset bahwa pekerjaan harus sesuai dengan jurusan kuliahnya. Tapi ternyata setelah belajar di Purwadhika, semua mindset tersebut terpatahkan karena untuk menjadi seorang profesional yang dibutuhkan adalah skill yang mumpuni.

Tips untuk Shifting Career ke Bidang Data

Setelah dimas berhasil di bidang data, ia pun ingin memberikan tips untuk kamu yang ingin shifting career. Menurut Dimas untuk kamu yang merasakan stuck di pekerjaan dan merasa karirnya stagnan dengan value yang tidak banyak bertambah, maka harus cepat untuk mencoba terjun ke dunia IT terutama data. Karena data akan digunakan pada semua lini bisnis, meskipun kamu belum tahu apakah akan passion di bidang tersebut tapi pekerjaan di bidang data worth it dicoba

Itu dia potongan dari cerita inspiratif Dimas, jika kamu ingin menyaksikan selengkapnya yuk kunjungi Channel Youtube Purwadhika. Kalau kamu ingin bekerja di bidang data seperti Dimas, gabung aja di Job Connector Bootcamp di Purwadhika. Cek website Purwadhika untuk informasi detailnya


bagikan