purwadhika-logopurwadhika-logo

Belajar Digital Marketing dari Film Disney Terbaru : Elemental

Muchamad Fachry

27 October 2023

Belajar Digital Marketing dari Film Disney Terbaru  Elemental

Film Disney Terbaru yang tayang perdana pada 16 Juni 2023 di Amerika Serikat ini bercerita tentang Ember dan Wade, Warga Element city (sebuah kota imajiner) yang berasal dari elemen yang sangat berbeda. Ember dari elemen api dan Wade dari air. Ada satu peraturan yang dipegang teguh warga element city yaitu, elemen yang berbeda tidak bisa bersatu. Bagaimanapun juga, takdir mempertemukan Ember dan Wade serta menggerakkan mereka melawan peraturan itu.

Kisah perjuangan cinta melawan norma sosial

Ember (elemen api) adalah anak perempuan muda yang sulit mengontrol emosinya, dan mengalami bullying dari warga kota karena karakternya yang semau gue dan urakan.

Dalam banyak adegan di film Disney terbaru ini, Ember mencoba mengendalikan perasaanya, termasuk perasaan sayang nya kepada Wade. Pada saat yang sama, Ember dalam proses pencarian tujuan hidupnya dan berjuang memenuhi harapan kedua orang tuanya.

Tahapan Strategi Digital Marketing Disney Pixar

Pada 10 September 2022, poster pertama film elementer di rilis via X (Twitter). Poster ini menggambarkan bersatunya 2 elemen yaitu api dan air yang mewakili Ember dan Wade. Di poster ini juga di informasikan bahwa film ini akan tayang pada 16 Juni 2023.

Film Disney Terbaru menyampaikan pesan yang sederhana ; Opposite React

Tidak lama setelah itu, dirilis trailer yang menunjukkan karakter Amber sedang jalan-jalan memakai headphone, mengenakan hoodie, dan menaiki kereta bawah tanah dalam kota. Tiba-tiba headphone nya terjatuh, music berhenti dan ia dikejutkan oleh Wade yang ingin membantu mengambilkan headphonenya. Kemudian, mereka berkenalan dan brand messaging dari film ini muncul yaitu, Opposite reacts. Sebuah penyampaian yang jelas bahwa dua karakter yang berbeda akan bereaksi jika dipertemukan. Klip nya bisa kamu lihat di bawah ini.

Pesan yang sederhana namun amat personal dan relatable ke banyak orang ini dipertahankan dengan konsisten sampai ke akhir film. Disney Pixar kemudian merilis poster yang menunjukkan wajah karakter Ember dan Wade pada tanggal 18 November 2022. Di poster ini, kembali pesan yang sama dari film ini ditunjukkan yaitu Opposite reacts.

Storytelling yang otentik, nyata dan humanis

Pada bulan Desember 2022, di sebuah acara Disney,  sutradara film ini, Peter Sohn menceritakan bagaimana pengalaman pribadinya sebagai anak imigran mengilhami beberapa bagian dari film ini termasuk rasisme yang dia alami di Amerika Serikat.

Di bulan Maret 2023, Trailer resmi film Disney Terbaru ini di rilis. Pada trailer ini lah baru diceritakan bahwa di Element city ada beberapa kelompok warga yang terbagi sesuai elemen mereka masing-masing.

Ada elemen udara, air, api, dan bumi. Di trailer ini juga ada adegan Nenek Ember menjelaskan bahwa satu elemen tidak bisa menyatu dengan elemen lain yang berbeda dan Ember dibebani kewajiban untuk meneruskan usaha restoran keluarganya. 

Kedua karakter ini, Ember dan Wade dikisahkan menjadi sahabat walaupun perbedaan latar belakang mereka. Pertemuannya dengan Wade, membuat Ember mempertanyakan apa yang sebenarnya ia inginkan dalam hidup dan apakah keinginan orang tuanya sejalan dengan yang ia cita-citakan.

Salah satu promo Youtube yang dirilis oleh Disney Pixar adalah video pengisi karakter suara Wade dan Ember yang mencoba makanan pedas dan bercerita tentang pembuatan film nya.

Ini konsisten dengan brand messaging film yaitu pesan untuk mencoba sesuatu yang baru dan berbeda. Sesuatu yang tidak pernah kita alami sebelumnya dan dari pengalaman yang baru tersebut muncul kebahagiaan dan persahabatan baru yang memperkaya cerita hidup kita.

Di bulan April 2023, pemberitaan muncul bahwa penayangan perdana akan di adakan pada bulan Mei 2023 di Festival Film Cannes. Kemudian, Iklan TV pertama muncul pada 16 Mei 2023 yang mengumumkan penayangan di bioskop pada tanggal 16 Juni 2023.

Di Iklan TV ini ditampilkan banyak adegan-adegan humor dan CTA (Call to action) untuk membeli tiket di bioskop untuk penayangan pada tanggal 16 Juni 2023

Prinsip Digital Marketing di Film Disney Terbaru : Elemental

Ada beberapa pelajaran penting terkait Digital Marketing yang ditunjukkan dari campaign Disney Pixar untuk film Elemental ini.

Pertama, Brand dan persona yang konsisten di semua materi iklan.

Prinsip Digital Marketing di Film Disney Terbaru  Elemental Dalam sebuah marketing campaign, penting untuk menjaga konsistensi logo, warna, tema, brand dan pesan supaya audience mampu terhubung secara emosional dengan brand kita.

Kedua, Storytelling yang menginspirasi dan mengena di hati audience

Apapun strategi marketing kita, kita perlu menyesuaikan dengan apa yang dirasakan oleh audience. Keterhubungan dengan target audience itu amat penting untuk memastikan relevansi produk dan brand kita. Untuk mewujudkan itu, Disney Pixar menyampaikan cerita yang nyata,tulus dan humanis. Misalnya, ketika Disney menceritakan pengalaman sutradara Peter Sohn tentang rasisme yang menginspirasi dibuatnya film animasi ini.

Ketiga, Menciptakan audience baru dan membina hubungan dengan audience lama.

Disney Pixar selalu menampilkan cerita-cerita dan tokoh-tokoh baru untuk terus beradaptasi dengan perubahan zaman. Bagaimanapun, di saat yang sama, Disney Pixar juga sering kali mengangkat karakter-karakter klasik seperti di Film Star Wars dan karakter Marvels untuk menjaga hubungan dengan audience yang lama.

Strategi digital marketing Disney Pixar membuktikan bahwa dengan strategi digital marketing yang tersusun rapi dan marketing campaign yang tepat sasaran, Brand Disney bisa berkembang menjadi salah satu brand yang terbesar di dunia dalam jangka waktu yang lama.

Target audience Disney Pixar tidak hanya anak-anak tetapi juga terhubung dengan audience dewasa melalui pesan-pesan universal yang menembus batasan usia.

Pilihan Cerdas Untuk Belajar Strategi Digital Marketing

Jika kamu tertarik untuk mempelajari bagaimana proses sebuah brand membuat marketing campaign, membuat konten, dan terus menerus terhubung dengan audience seperti strategi brand Disney Pixar tadi, kamu bisa daftar kursus digital marketing di Purwadhika Digital Technology School.

Di Purwadhika, kita akan di bimbing langsung oleh praktisi digital marketing yang berpengalaman menciptakan marketing campaign yang sukses. Disamping itu, setelah lulus dari kursus, Purwadhika juga akan memberikan lifetime career support untuk membantu kamu mendapatkan pekerjaan di dunia digital marketing.

So, tunggu apa lagi, langsung saja hubungi cabang Purwadhika terdekat di kotamu untuk memastikan kamu masuk di intake yang selanjutnya !


bagikan