purwadhika-logoPurwadhika Logo
hamburger-menu

Rahasia Kesuksesan Hoyoverse: Strategi Marketing di Balik Game RPG Populer

Magentha Pradangga

30 January 2025

0130_Rahasia_Kesuksesan_Hoyoverse_Strategi_Marketing_di_Balik_Game_RPG_Populer_1ace6bac88.png

Hoyoverse/MihoYo, siapa yang ngga asing sama nama ini? Bener banget, ini adalah nama perusahaan pengembang game dari Tiongkok yang dibuat oleh tiga mahasiswa dari Universitas Shanghai Jiao Tong di tahun 2011.

Walaupun ketiganya berasal dari tiongkok, ternyata mereka sama-sama gemar dengan hal yang berbau anime, comic, dan game makanya ngga heran kalo beberapa game RPG yang dikasih kerasa banget kesan _anime_nya, berasa nonton sambil main game.

Tapi harus kalian ketahui, ternyata kesuksesan Hoyoverse/MiHoYo ngga didapetin secara instan loh, mau tau gimana? coba kita cek perjalanannya dari awal yuk!

Screen Shot 2025-01-30 at 10.54.33.png

1. "Si Anak Pertama" Fly Me 2 the Moon

Screen Shot 2025-01-30 at 10.55.47.png

Nah, kita kenalan dulu yuk sama "anak sulung" yang dirilis sama Hoyoverse di tahun 2011 ini. Gamenya khusus untuk pengguna handphone dan punya rating 4,8 dari 110 pengguna yang mengulas game ini.

Misi dari gamenya simple banget, kita harus menggerakan karakter kita (lihat gambar di atas) buat terbang menghindari rintangan, mengumpulkan skor dengan mengambil diamond biru, dan mengarahkan karakter kita ke bulan untuk sampai di garis finishnya.

Berawal dari game bernuansa anime ini lah Hoyoverse mulai mengembangkan kreativitas dan teknologi yang mereka miliki untuk membuat game yang lebih baik dan bisa dinikmati oleh banyak orang.

2. Makin Dikenal dengan Game Gun Girlz

Screen Shot 2025-01-30 at 10.57.33.png

Pada tahun 2014, akhirnya Hoyoverse merilis game barunya bernama Gun Girlz. Sama halnya dengan game sebelumnya Fly Me 2 the Moon, game ini hanya bisa dimainkan di handphone (Android/IOS) saja, dengan gameplay dan cerita yang lebih kompleks dari sebelumnya.

Selain itu, Hoyoverse juga masih secara konsisten menggunakan nuansa anime pada gamenya untuk menarik para anime enthusiast untuk memainkan game ini.

Hasilnya? Gun Girlz tercatat mendapatkan lebih dari 1 juta download di Google Play Store, dengan review yang cukup positif yaitu 4,4.

Dari sini lah cikal bakal terbentuknya game RPG yang kita kenal dan dimainkan oleh jutaan pemain.

3. Bangkitnya Game RPG Bernuansa Anime (Honkai Impact, Genshin Impact, Honkai: Star rail)

Screen Shot 2025-01-30 at 10.59.36.png

Nah, ini dia titik balik Hoyoverse hingga mendapatkan popularitas yang sangat tinggi sampai sekarang ini.

Strateginya terkesan simple, melihat banyaknya antusiasme masyarakat dengan game RPG dan anime, mereka coba menggabungkan kedua elemen tersebut dan terciptalah game seperti Honkai Impact, Genshin Impact, Honkai: Star Rail, dll.

Salah satu keberhasilannya bisa dilihat pada game Genshin Impact yang hanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk bisa balik modal.

Keuntungannya Sebenarnya apa aja sih yang dilakukan Hoyoverse buat mencapai ini semua?

a. Menghadirkan Game dengan Dunia Virtual yang mersif

Hoyoverse berusaha membuat gamenya sedetail mungkin agar para pemainnya bisa larut ke dalam game seolah mereka benar-benar masuk di dalamnya. Mulai dari visual, karakter, musik, interaksi dengan NPC, dan aspek lainnya diperhitungkan dengan mendalam untuk memikat hati para pemainnya.

b. Memperluas Penggunaan Platform Pada Game

Hoyoverse juga coba berinovasi untuk menjadikan gamenya lebih fleksibel/versatile dengan penggunaan multi-platform. Beberapa platform yang dapat digunakan di antaranya adalah PC/laptop, handphone, bahkan hingga Playstation 5. Hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak perhatian dan antusiasme dari berbagai kalangan.

c. Berkomitmen Menghadirkan Gaya Permainan yang Free to Play

Game RPG dengan sistem gacha (undian) selalu punya stigma buruk di mata pemain yang enggan buat mengeluarkan uang untuk sebuah game. Maka dari itu, Hoyoverse berinovasi untuk membuat game dengan sistem gacha namun masih ramah buat para pemain yang free to play. Hal ini juga yang membuat game-game seperti Genshin Impact atau Honkai: Star Rail masih banyak peminatnya hingga sekarang.

Perjalanan yang cukup panjang ya, dimulai dari tahun 2011 hingga 2024, sudah 14 tahun Hoyoverse/MiHoYo berkarya di industri game.

Inovasi dan kreativitasnya memang ngga usah diragukan lagi, bahkan saya sendiri sempat berpikir "kok bisa ya mereka bikin game seniat ini?".

Tapi ternyata setelah saya coba telusuri, mereka bisa sampai di titik ini karena mereka selalu mendengarkan komentar atau masukan dari para pemain maupun komunitasnya.

Mereka selalu berusaha meningkatkan kualitas gamenya dengan memegang teguh prinsip ini. Menurut saya, ini juga bisa menjadi strategi marketing yang perlu dicontoh untuk seluruh brand atau label, untuk mengetahui apa kemauan/permintaan dari konsumen kita.

Semoga dari penjelasan mengenai Hoyoverse di atas, ada pelajaran yang bisa diambil dari sisi marketing dan kegigihan mereka.


bagikan


Hi!👋
Kamu bisa menghubungi kami via WhatsApp

wa-button