purwadhika-logoPurwadhika Logo
hamburger-menu

10 Tips Desain Canva yang Memukau Menggunakan Canva

Muhammad Rifqi Yansyah

27 September 2024

10_Tips_Desain_Canva_yang_Memukau_28f4fc38b7.jpg

Baik untuk pemula maupun profesional, Canva telah menjadi salah satu alat desain grafis paling populer. Canva memungkinkan siapa pun untuk membuat desain yang menarik tanpa perlu keahlian teknis yang mendalam, berkat antarmuka yang sederhana dan fiturnya yang mudah digunakan. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain yang benar-benar memukau. Ini adalah sepuluh saran terbaik untuk menggunakan Canva untuk membuat desain grafis yang luar biasa.

1. Pilih Template Yang Sesuai

Canva menawarkan berbagai template yang dirancang secara profesional untuk berbagai tujuan, seperti presentasi dan media sosial. Memilih template yang sesuai dengan tujuan desain Anda adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas Anda. Gunakan template sebagai dasar dan ubah kemudian sesuai kebutuhan daripada memulai dari nol. Pilih template dengan layout dan gaya yang sesuai dengan pesan yang akan Anda sampaikan.

2. Maksimalkan Pemanfaatan Palet Warna

Salah satu komponen desain paling penting adalah warna. Dengan menggunakan warna yang tepat, Anda dapat menyampaikan emosi, memperkuat branding, dan membuat tampilan tampak sesuai satu sama lain. Pastikan Anda menggunakan palet warna yang sesuai dengan tema desain dan hindari penggunaan terlalu banyak warna agar tidak membingungkan audiens; fitur palet warna otomatis Canva membantu Anda memilih kombinasi warna yang saling melengkapi.

3. Pastikan Anda Menggunakan Font yang Tepat

Pilihan font yang tepat akan membuat pesan yang Anda sampaikan lebih kuat. Canva menyediakan berbagai font yang dapat digunakan untuk berbagai jenis desain. Saat memilih font, perhatikan keterbacaan dan kesesuaian dengan tema desain. Untuk menjaga konsistensi visual dan estetika, sebaiknya tidak menggunakan lebih dari dua jenis font dalam satu desain.

4. Gunakan Grid dan Trace

Manfaatkan garis bantu dan grid yang tersedia di Canva untuk membuat elemen desain seperti teks, gambar, dan ikon sejajar dan simetris. Dengan demikian, desain Anda akan terlihat lebih profesional dan audiens akan lebih mudah memahaminya.

5. Aplikasi Foto Berkualitas Tinggi

Gambar berkualitas tinggi dapat meningkatkan tampilan desain Anda secara keseluruhan; Anda dapat menemukan ribuan gambar gratis dan berbayar di Canva, dan Anda juga dapat mengunggah gambar Anda sendiri untuk lebih menyesuaikan desain Anda. Pastikan gambar yang Anda pilih relevan dengan tema desain dan memiliki resolusi yang cukup tinggi agar tidak pecah saat diunggah atau dicetak.

6. Mempelajari Fitur Filter dan Transparansi

Dengan menggunakan fitur transparansi dan filter Canva, Anda dapat membuat desain lebih menarik. Anda dapat mengubah transparansi gambar atau elemen desain lainnya untuk membuat efek layering atau bayangan, dan filter dapat mengubah tone gambar untuk sesuai dengan tema desain.

7. Bijak Menggunakan Ruang Kosong

Ruang kosong, juga dikenal sebagai ruang putih, sering kali dipandang sebelah mata, meskipun sangat penting untuk membuat desain yang bersih dan teratur. Gunakan ruang kosong untuk memberikan "napas" pada desain dan memfokuskan perhatian penonton pada aspek penting. Anda tidak perlu mengisi setiap sudut desain dengan elemen visual.

8. Konsistensi Dalam Merek Yang di Buat

Sangat penting untuk membuat desain yang konsisten untuk proyek atau bisnis yang berkaitan dengan branding. Dengan Canva, Anda dapat menyimpan berbagai warna, font, dan logo yang terkait dengan identitas visual merek Anda. Gunakan elemen-elemen ini secara konsisten untuk membangun pengenalan merek yang kuat dan terasa seperti pekerjaan Anda.

9. Masukkan Ilustrasi dan Ikon

Dengan Canva, Anda dapat memperkaya desain Anda dengan banyak ilustrasi dan ikon. Anda dapat menggunakan elemen visual ini untuk menyampaikan ide atau informasi dengan cara yang lebih menarik, seperti menambahkan ilustrasi ke desain atau menggantikan teks yang panjang. Namun, pastikan bahwa ikon atau ilustrasi yang Anda gunakan sesuai dengan tema dan tujuan desain.

10. Pratinjau dan Pertimbangan Desain

Pastikan untuk melakukan pratinjau sebelum menyimpan atau menyebarkan desain Anda. Periksa apakah ada unsur yang tidak sejajar, teks yang sulit dibaca, atau gambar yang terlalu kecil. Luangkan waktu untuk merevisi setiap detail desain sebelum dirilis. Hal ini sangat penting untuk memastikan desain Anda terlihat sempurna.


bagikan