purwadhika-logopurwadhika-logo

Perbedaan Product Management Vs Product Marketing Adalah

Purwadhika

30 August 2023

Product Management Vs Product Marketing Adalah

Dalam industri modern saat ini kita suka melihat profesi sebagai Product Management yang memiliki tugas untuk membantu pengembangan sebuah produk yang perusahaan saya hasilkan. Tapi kamu tahu tidak ada istilah lain tentang produk yaitu Product Marketing. Istilah ini masih berkaitan dengan product tapi product marketing merupakan sebuah kegiatan yang menggabungkan produk, CRM, dan sales. Nah untuk tahu lebih detail definisi dan perbedaan keduanya, simak artikel ini sampai habis.

Definisi Product Management

Definisi Product Marketing. Sebelum membahas perbedaanya kita bahas dahulu definisi dari masing-masingnya. Kita mulai dengan membahas definisi dari Product Management. Definisi dari product management sendiri adalah sebuah ilmu yang untuk mengatur strategi produk dari suatu perusahaan. Secara detail product management berkaitan dengan strategi, pemasaran, pengembangan dan pembuatan product. Orang yang berprofesi di bidang ini memiliki jabatan sebagai Product Manager, seorang product manager ini akan berkutat dengan product secara end to end. Tapi tugas dari pekerjaan ini tergantung dari industrinya, jadi tidak semua product manager punya tugas yang sama tapi pasti selalu berkaitan dengan produk.

Definisi Product Marketing

Selanjutnya kita akan membahas tentang definisi dari product marketing. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, product marketing ini merupakan rangkaian dari pemasaran sebuah product. Secara detail kegiatan ini adalah sebuah proses pemasaran produk dengan berbagai tujuan yang diinginkan, biasanya kegiatan ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan dan menjual produk yang perusahaan kamu miliki. Kegiatan ini melibatkan beberapa profesi, antara lain sales, CRM, dan product development. Gabungan dari mereka ini lah yang nantinya akan mengembangkan dan mengkomunikasikan produk kepada konsumen.

Perbedaan dari product Management dan Product Marketing

Dari definisi yang sudah dijabarkan, mungkin kamu sudah mulai melihat perbedaanya. Tapi kita akan bahas lebih detail perbedaan tersebut. Hal yang paling mendasar adalah perbedaan pada kegiatan yang dilakukan, jika kita pahami pada product marketing kegiatan utama nya adalah memasarkan dan mengkomunikasikan produk yang sudah ada kepada calon pelanggan. Jadi mereka bertugas setelah product tersebut sudah jadi secara final, dan membantu dalam promosi dan mengenalkannya. Tidak ada andil mereka dalam pengembangaan product.

Sedangkan untuk product management, mereka bertugas untuk membuat dan mengembangkan product dari nol. Jadi merekalah yang akan membuat produk tersebut dan memiliki andil besar dalam pengembangannya. Selain itu ada beberapa skill yang harus dimiliki dari seorang product management yaitu melihat potensi, berpikir kritis, analisa, dan melihat kebutuhan konsumen. Sedangkan untuk product marketing kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik, analisa pasar, dan menentukan target yang ingin dituju agar relevan.

4 Pilar Product Marketing

Dalam menjalankan kegiatanya, product marketing memiliki 4 pilar utama yaitu riset pasar, menentukan kriteria pasar, menentukan product persona, product and market fit analysis. Keempat pilar ini menjadi penopang dari kegiatan product marketing. Detail dari masing-masing pilar tersebut sebagai berikut:

Riset Pasar

Ketika kamu ingin melakukan pemasaran produk, riset pasar sangatlah penting karena merupakan pondasi dari produk marketing. Karena riset pasar menjalankan peran penting sebagai cara kamu melihat kebutuhan, keinginan, dan menggunakan metode apa yang paling efektif dalam melakukan pemasaran. Selain itu kamu juga harus mengenali pasar yang akan kamu hadapi sebelum mulai terjun langsung, karena jika salah menggunakan cara dalam pemasaran produk tersebut akan terasa gagal dan perusahaan akan merugi

Menentukan kriteria pasar

Pilar berikutnya adalah menentukan pasar seperti apa yang akan kamu tuju, bagaimana cara memasarkan produk agar sesuai dengan kebutuhan, dan bagaimana kamu bisa diterima di pasar tersebut

Menentukan persoalan produk

Dalam membuat persona produk ada beberapa hal yang harus kamu tentukan, yaitu:

  • Key message apa yang akan disampaikan
  • Cara penyampaian pesannya
  • Go to market
  • Melalui channel apa kamu menyampaikannya

Disini kamu akan membuat karakteristik produk dari karakter konsumen yang telah kamu riset. Hal ini berguna agar produk kamu sesuai dengan calon pelanggan yang ingin sasar

Product and market analysis

Pilar ini adalah tahapan memastikan dengan terjun langsung melihat lokasi apakah produk k mau diterima di pasar. Jika semuanya sudah berjalan semestinya, berarti produk kamu sudah diterima konsumen.

Upgrade Skill Digital dan Disalurkan Kerja Cuma di Purwadhika

Mau upgrade skill digital kamu jangan salah pilih tempat! Soalnya yang sudah terbukti ya cuma di Purwadhika. Kamu bisa belajar banyak skill digital mulai dari Data Science & Machine Learning, Fullstack Web Development, UI/UX Design, Digital Marketing, Visual Design, dan Product Manager. Selain itu kamu bakal disalurkan kerja seumur hidup. Yuk kunjungi website Purwadhika untuk info lebih lanjut.


bagikan