purwadhika-logopurwadhika-logo

Penjelasan tentang Definis, Gaji, dan Prospek Kerja Back End Developer Adalah

Nawfal Pradana

26 January 2024

Penjelasan tentang Definis, Gaji, dan Prospek Kerja Back End Developer Adalah

Back end developer, adalah salah satu pekerjaan yang sedang banyak dicari oleh perusahaan. Hal ini dipicu karena banyak perusahaan yang sedang bertransformasi menjadi digital. Secara definisi, back developer adalah seorang yang ikut mengembangkan dan membuat software. Nah untuk detailnya, mari simak artikel ini sampai habis

Definisi Back End Developer

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, front end developer merupakan bagian dari pengembang dan pembuat website. Secara detailnya, back end developer adalah seseorang yang mengerjakan bagian “back end” atau bagian yang tidak terlihat oleh user, pekerjaan ini adalah kebalikan dari front end developer yang mengerjakan tampilan depan. Back end developer memiliki tanggung jawab memelihara server, algoritma, dan database sebuah website atau aplikasi. Back end memiliki tugas penting dalam memastikan sistem bisa berjalan dengan lancar.

Jika kamu tertarik menjadi seorang front end developer ada beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai. Seperti Python, Java, PHP, .NET, Ruby, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga perlu untuk memiliki skill SQL dan JSON untuk mengelola database

Tugas Back End Developer

Sebagai seorang back end developer kamu memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang masih berkaitan dengan pembuatan dan pengolahan website atau aplikasi. Berikut ini tugas dan tanggung jawab seorang back end developer:

Mengelola dan merancang database

Tugas pertama adalah mengelola database dari sebuah software, database ini adalah tempat semua data dari software. Biasanya database berisikan tentang data produk, user, dan lainnya. Data tersebut akan disimpan dan back end developer lah yang akan merancang dan mengelolanya. Selain itu kamu harus mempersiapkan keamanan dari database tersebut. Karena serangan cyber bisa mencuri data dari database, maka dari itu perencanaan keamanan sang perlu.

Melakukan coding dna testing

Back end developer akan banyak menuliskan kode setelah rancanganya jadi, kegiatan ini biasa disebut coding dimana rancangan tersebut akan diimplementasikan agar bisa berfungsi. Selain membuatnya berfungsi, mereka juga melakukan testing dari code tersebut agar benar-benar berfungsi.

Mengatasi permasalahan back end

Sebuah software biasanya memiliki bug atau masalah yang muncul, terutama permasalahan yang muncul pada bagian software. Back end developer lah yang akan mengatasi permasalahan tersebut, mereka akan menyelesaikanya agar software bisa berjalan normal kembali

Mengoptimalkan data yang sudah ada

Tidak jarang seorang back end developer tidak merancang database dari awal, tapi mereka mengolah database yang sudah ada. Nah tugas mereka adalah mengoptimalkan struktur data agar tetap efisien. Performa dari sebuah software bisa meningkat dengan optimalisasi data tersebut

Optimalisasi user experience dan alurnya

Seorang back end developer ikut dalam meningkatkan alur dari user ketika menggunakan sebuah software yang mereka kembangkan. Biasanya mereka akan membuat user journey menjadi lebih efisien dengan melakukan iterasi dan menghilangkan proses yang tidak perlu

Prospek Kerja dan Gaji Back End Developer

Jika membahas tentang prospek kerja back end developer, bisa dibilang pekerjaan ini cukup menjanjikan. Karena pekerjaan ini bisa diaplikasikan di berbagai industri apalagi banyak perusahaan yang ingin bertransformasi digital dan membuat website atau aplikasi. Secara umum prospek kerja seorang back end developer adalah junior back end developer lalu menjadi senior backend developer atau full stack developer, yang mengerjakan bagian front dan back end nya.

Gaji back end developer

Untuk gaji seorang back end developer pun sangat beragam tergantung dengan pengalaman kerja dan perusahaan tersebut. Tapi gaji rata-rata back end developer menurut lembaga survei lowongan pekerjaan adalah:

  • Junior Back End Developer dengan 1-3 tahun pengalaman: Rp8-20 juta per bulan
  • Senior Backend Developer dengan 4-6 tahun pengalaman: Rp11-40 juta per bulan

Selain itu ada rata-rata gaji back end developer di beberapa kota besar di Indonesia, berikut ini rata-rata gaji nya

  • Bandung: Sekitar Rp7.200.000 per bulan
  • Jakarta: Sekitar Rp11.000.000 per bulan
  • Surabaya: Sekitar Rp7.700.000 per bulan
  • Yogyakarta: Sekitar Rp7.700.000 per bulan
  • Semarang:Sekitar Rp10.5000.000 per bulan

Untuk gaji alumni Job Connector Bootcamp Full Stack Web Development Purwadhika, berada di mayoritas rata-rata Rp5 - 7 juta per bulan. Menjadi web developer sangat menarik yah!

Skill Back End Developer yang Harus Dimiliki

Itu adalah rata-rata gaji back end developer yang bisa kamu miliki jika memiliki skill yang lengkap. Nah sekarang kita akan membahas skill apa saja yang harus kamu kuasai, karena gaji akan berpengaruh dari banyaknya tugas dan skill yang kamu miliki. Berikut ini skill yang harus dikuasai:

  • Mengolah, merancang, dan mengoptimalkan database
  • Mengoptimalkan web server
  • Menjamin keamanan web
  • Menngembangkan dan mengatur content management sistem (CMS)
  • Mengintegrasikan application programing interface (API) dan cloud computing
  • Menguasai variasi bahasa pemrograman
  • Memahami tentang software server
  • Menganalisa dan membuat statistik saver

Bagaimana Cara Menjadi Back End Developer

Ada banyak cara untuk menjadi seorang back end developer, mulai dari kuliah di bidang IT yang memang output lulusannya menjadi seorang software developer. Tapi sebenarnya skill ini bisa kamu pelajari dimana saja karena memang bisa untuk dipelajari sendiri. Kamu bisa pelajari dari video youtube atau masuk dalam komunitas developer dan mulai belajar dari nol.

Tapi kamu tetap butuh pembimbing dalam belajarnya agar terstruktur dan efisien. Nah kamu bisa ikutan Job Connector Bootcamp Full Stack Web Development di Purwadhika. Karena kamu akan dibimbing oleh lecture dan praktisi dalam belajarnya, tidak hanya itu setelah lulus kamu akan memiliki portfolio dan disalurkan kerja ke 1000+ hiring partner Purwadhika. Tidak apa-apa kamu tidak memiliki background IT, karena nanti akan dibimbing dari nol sampai menjadi web developer yang industry ready. Yuk kunjungi website Purwadhika untuk info lebih lanjut!


bagikan