purwadhika-logopurwadhika-logo

Menguntungkan untuk Bisnis! ini 10+ Manfaat Cloud Computing Adalah

Nawfal Pradana

13 October 2023

Manfaat Cloud Computing Adalah.png

Dalam kehidupan yang serba digital ini, kita merasakan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan semakin canggih. Tapi kiat jadi terbantu dengan kemudahan teknologi ini, salah satunya adalah cloud computing. Tanpa kamu sadar teknologi cloud computing ada di sekitar kita dan kamu salah satu penggunanya. Secara sederhana cloud computing merupakan penyimpanan online dengan format penyimpanan yang beragama dengan menggunakan internet sebagai akses dan tempatnya. Contohnya pun beragam, Google drive dan layanan penyimpanan online yang kamu gunakan merupakan produk dari teknologi ini. Tapi sebenarnya apa manfaat dan fungsi cloud computing? Nah kali ini kita akan membahas tentang manfaat cloud computing adalah

Definisi cloud computing adalah

Sebelum memahami lebih lanjut kita bahas tentang definisi cloud computing terlebih dahulu. Secara sederhana cloud computing sudah dijelaskan sebelumnya, teknologi in adalah konsep komputasi yang menggunakan internet. Jadi kamu bisa mengakses, mengolah, dan menyimpan data dengan perangkat dan dimana saja. Karena semua data sudah tersimpan di dalam server jadi kamu hanya perlu untuk tersambung dengan internet.

Konsep komputasi ini banyak digunakan karena gaya hidup yang serba online dan mobilitas tinggi. Selain untuk penggunaan pribadi, cloud computing bisa digunakan untuk perusahaan dengan implementasi untuk kebutuhan internal. Seperti mengakses data perusahaan yang diambil dari data center.

5 Fungsi Cloud Computing Paling Banyak Digunakan

Cloud computing memiliki banyak fungsi untuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan. Nah berikut ini beberapa manfaat cloud computing:

Kemudahan untuk skalabilitas

Data yang bisa kamu simpan pada cloud computing sangatlah beragam, mulai dari text, gambar, maupun video. Biasanya untuk kebutuhan pribadi atau pekerjaan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, nah dengan cloud computing kamu tidak perlu repot untuk menambah ruang penyimpanan dengan mengganti hardware pada perangkat sendiri. Penambahan ruang penyimpanan pada cloud computing lebih praktis karena hanya perlu menambah kapasitas pada server, kamu tinggal memilih paket layanan yang disediakan.

Akses data dimana saja dan kapan saja

Ketika kamu diminta mengakses data secara cepat dan dalam kondisi apapun, cloud computing bisa membantu kamu. Tanpa perlu mencari hardisk atau flashdisk dan komputer, kamu bisa mengaksesnya secara online dengan jaringan internet. Kemudahan akses data ini menjadi penting ketika kamu sedang dalam perjalanan atau bekerja secara berpindah-pindah

Fitur kolaborasi yang canggih

Ketika kantormu menerapkan WFA dan kamu perlu berkolaborasi dengan tim, kamu bisa lakukan itu dengan cloud computing. Kamu hanya perlu memberikan akses dari tempat penyimpanan data yang dibutuhkan. Perubahan pada data yang kamu atau tim lakukan bisa otomatis tersimpan, dengan begitu pekerjaan akan menjadi efektif.

Membantu pengguna untuk selalu up to date

Cloud computing sudah banyak diadopsi oleh perusahaan terutama mereka yang bergerak pada bidang software. Biasanya software harus diperbaharui agar tetap berjalan optimal, maka dari mereka menyediakan update software secara online agar para pengguna bisa melakukan update dimana saja.

Streaming video dan audio dimana saja

Selain untuk tempat penyimpanan, kamu juga bisa berbagi konten dengan menggunakan cloud computing. Salah satu contohnya adalah video Youtube, kamu bisa menikmati konten video tersebut karena sang creator menyimpannya pada server cloud milik youtube. Dengan begitu kamu bisa mengakses dan menikmatinya secara online.

Jenis Cloud Computing yang Bisa kamu Temui

Jenis Cloud Computing Cloud computing memiliki beberapa jenis dalam implementasinya. Secara garis besar cloud computing memiliki 3 jenis. Berikut ini jenis cloud computing yang bisa kamu temui:

Infrastructure as a service (IaaS)

Jenis yang pertama adalah Infrastructure as a service atau IaaS, jenis ini adalah rangkaian dari komputer atau server. Server pada sistem IaaS memiliki spesifikasi, sistem operasi, dan jenis virtualisasi yang berbeda-beda, user bisa memilih sesuai kebutuhan. Tanpa komponen ini, user harus membuat servernya sendiri yang memerlukan biaya besar dan cukup repot. Apalagi ketika user perlu untuk menambah daya pada server.

Maka Dari Itu ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan IaaS, seperti Amazon Service dan Microsoft Azure. Untuk kamu yang membutuhkan fleksibilitas dan sumber daya yang cukup untuk mengoperasikan IaaS bisa, mencoba layanan tersebut.

Software as a Service (SaaS)

Software as a service atau SaaS adalah jenis kedua dari cloud computing, berbeda dengan IaaS yang kamu harus rangkai danpilih terlebih dahulu spesifikasinya. SaaS bisa langsung kamu gunakan, karena kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun pada perangkat. Kamu juga tidak perlu repot dengan update software, karen developer yang akan melakukanya

Dengan kemudahan ini kamu bisa menggunakan software tersebut dengan akses dimana saja, perangkat apa saja, dan kapan saja. Contoh penyedia layanan ini adalah Office 365 dan Google Workspace, dengan software ini kamu juga bisa melakukan pekerjaan kolaborasi yang sangat membantu pekerjaan.

Platform as a Service (PaaS)

Berbeda dari kedua jenis diatas, Platform as a Service atau PaaS merupakan platform untuk para developer menguji dan membuat aplikasi secara online. SIstem operasi dan sumberdaya dari platform juga dikelola oleh penyedia layanan tersebut.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kamu bisa melakukan uji coba aplikasi secara online, dengan fitur ini akan sangat susah ketiak developer ingin melakukan uji coba. Karena developer harus menggunakan komputasi yang sistem operasinya berbeda. Jadi kamu bisa menghemat waktu dan uang dalam pengembangan software. Contoh dari penyedia layanan ini adalah Oracle Cloud Platform dan Google App Engine

Manfaat Cloud Computing yang Bisa Kamu Dapatkan

Setelah menambah detail tentang cloud computing, kita akan merangkum beberapa manfaat cloud computing. Layanan cloud computing memiliki banyak keuntungan bagi para penggunanya, mulai dari efisiensi, praktis, dan murah menjadi daya tarik utamanya. Berikut ini manfaat cloud computing yang bisa kamu dapatkan:

Kemudahan dalam penggunaan

Kamu akan langsung terbiasa ketika menggunakan layanan cloud computing, karena layanan ini sangat mudah digunakan jadi kamu tidak perlu skill khusus. Selama kamu terhubung dengan internet maka kamu bisa menjalankanya. Selain itu kamu memiliki kebebasan untuk menggunakanya, kamu bisa dengan mudah untuk menambah kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan tanpa khawatir akan penambahan hardwarenya.

Data penyimpanan terjamin aman

Meskipun cloud computing menggunakan layanan internet yang terbuka, kau tidak perlu khawatir dengan keamanan data. Karena data yang kamu simpan dalam server cloud computing tidak akan bocor ke publik. Hal ini dikarenakan cloud computing menggunakan sistem keamanan yang terjamin sehingga hacker tidak bisa dengan mudah mengambil data tersebut.

Fleksibel dalam menggunakanya

Cloud computing adalah layanan yang sangat fleksibel, kamu bisa mengedit. Membuat, menambah, atau mengurangi data yang tersimpan secara virtual dimana saja dan kapanpun. Pemanfaatan internet ini membuat cloud computing sangat fleksibel. Jadi kamu tidak perlu repot membawa semua perangkat kerja ketika untuk mengaksesnya.

Terintegrasi dan sentralisasi

Cloud computing membuat menggunakan skema penyimpanan yang besar dan terpusat untuk mengakomodir penyimpanan data usernya. Selain itu server tersebut tersambung dengan internet sehingga user bisa mengakses data tersebut saat membutuhkan

Memudahkan pengolahan data

Cloud computing menawarkan kemudahan dalam pengolahan data untuk para usernya. Karena sebelum adanya cloud computing mereka menggunakan email untuk mengirimkan datanya secara manual. Tapi hal itu merepotkan apalagi jika harus mengirim file yang banyak dengan ukuran yang besar. Kehadiran cloud computing memudahkan itu semua dengan bisa diakses dimana dan kapan saja

Skalabilitas yang Lebih Tinggi Menyesuaikan Kebutuhan

Untuk sebagai bisnis mereka membutuhkan cloud computing dengan kapasitas yang besar. Hal ini dikarenakan banyaknya data yang harus mereka simpan. Tapi ada juga bisnis yang kapasitas dan bandwidth nya sangat rendah. Hal ini menjadi manfaat bagi beberapa bisnis karena dengan mudah untuk menentukan sesuai kebutuhan mereka.

Hemat BIaya

Cloud computing bisa menghemat biaya bagi perusahaan dan menjadi investasi jangka panjang. Karena dengan menggunakan layanan ini, kamu bisa membayarnya dalam pembayaran bulanan atau tahunan. Dengan skema seperti ini akan menjadi lebih hemat. Karena kamu tidak perlu untuk berlangganan secara satuan.

Mudah untuk melakukan kolaborasi

Karena cloud computing terhubung dengan internet, kamu bisa berkolaborasi secara online. Dengan benefit ini, kamu bisa menjadi lebih produktif dan efisien. Jadi fitur kolaborasi bisa menjadi daya tarik dan benefit cloud computing

Kapasitas Penyimpanan yang Besar

Perusahaan penyedia cloud computing biasanya menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar, jadi kamu bisa menggunakan semaksimal mungkin. Kapasitas yang besar ini bisa menjadi benefit untuk kamu yang membutuhkan.

Akan lebih mudah memulihkan data

Jika kamu mengalami kendala kehilangan data atau data tersebut rusak, pasti akan lebih susah dipulihkan jika kamu menyimpan secara lokal pada komputer. Tapi dengan cloud computing kamu akan bisa lebih mudah memulihkan karena kamu telah memiliki back up sendiri. Jadi dengan kamu melakukan back up ke cloud computing, akan lebih aman ketimbang menyimpannya secara lokal

Meningkatkan daya saing perusahaan

Dengan menggunakan cloud computing, maka perusahaan kamu akan dianggap lebih unggul. Karena efisiensi nya yang sudah terbukti membuat pekerjaan akan lebih produktif. Selain itu kehadiran cloud computing bisa memudahkan pekerjaan, jadi perusahaan kamu akan tetap bersaing di industri.


bagikan