purwadhika-logopurwadhika-logo

Kisaran Gaji Web Developer di Indonesia dan Faktor Pengaruhnya

Nawfal Pradana

25 May 2023

Gambar Rata-rata gaji web developer

Dengan perkembangan teknologi dan transformasi digital, banyak perusahaan yang mulai membuat website untuk mempertahankan eksistensinya di internet maka dari itu popularitas menjadi web developer semakin tinggi. Nah untuk kamu yang mau memulai karir di bidang ini, pasti penasaran dengan gaji yang akan diterima. Apalagi untuk pemula yang belum memiliki pengetahuan tentang web developer lebih dalam. Maka dari itu artikel ini akan membahas tentang gaji web developer.

Kisaran Gaji Web Developer di Indonesia

Gaji web developer sangatlah beragam di Indonesia, hal ini dikarenakan perbedaan perusahaan, posisi, dan durasi bekerja.Tapi ada beberapa website yang memberikan kita informasi tentang kisaran gaji web developer di Indonesia. 

  • Payscale: gaji rata-rata web developer pemula adalah 5 juta rupiah per bulan
  • Glassdoor: bagi developer yang memiliki durasi kerja 1-2 tahun rata-rata gajinya adalah 7 juta rupiah
  • Indeed: rata-rata gaji web developer sebesar 4,5 juta rupiah
  • Neuvoo: situs ini merilis rata-rata gaji web developer 72 juga rupiah per tahun

Gaji web developer ini diambil dari rata-rata yang dilaporkan dari beberapa portal pencari kerja. Gaji web developer jika dibagi menjadi jenisnya yaitu front end, back end, dan full stack web development juga memiliki nominal yang berbeda sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Seorang Web Developer

Setelah mengetahui gaji web development kita akan membahas faktor yang mempengaruhi gaji seorang web developer. Ada beberapa faktor seperti yang sudah disebutkan di atas faktor mendasar seperti posisi jabatan, jenis perusahaan, dan lain-lain. Nah kali ini kita akan membahasnya secara detail.

Pengalaman Sebagai Web Developer

Pengalaman adalah faktor yang sangat penting dalam negosiasi gaji. Hal ini karena rekuiter akan melihat apakah kamu kredibel dan kompeten dari pengalaman kamu. Untuk gambaran gaji web developer untuk pengalaman kerja 1-2 tahun rata-rata gaji yang didapat adalah 5,8 juta rupiah per bulan. Sedangkan untuk durasi 2 sampai 5 tahun kisaran gajinya adalah 7,8 - 10 juta rupiah. Tapi kamu tidak perlu memiliki pengalaman kerja sebagai pegawai kantor, project yang pernah kamu kerjakan pun juga termasuk dalam pengalam kerja. Jadi kamu bisa mulai melatih mengerjakan project atau freelance sebagai web developer. 

Gaji Minimum Wilayah

Seperti yang kita ketahui gaji minimum wilayah (provinsi) di Indonesia berbeda-beda. Karena hal tersebut, gaji yang diterima akan berbeda sesuai dengan domisili perusahaan. Rata-rata gaji web developer wilayah Jakarta sekitar 10 juta Rupiah, lalu untuk wilayah Bandung sekitar 7 juta Rupiah.

Jenis dan Ukuran Perusahaan

Faktor jenis dan ukuran perusahaan bisa mempengaruhi gaji web developer, karena kemampuan mereka untuk membayarkan gaji tergantung dengan kondisi perusahaan. Contohnya jika kamu melamar ke perusahaan multinasional maka mereka akan memiliki budget lebih untuk membayarkan gaji daripada sebuah start-up yang baru terbentuk.

Peluang Kerja Web Developer

Bisa dibilang peluang kerja web developer kedepannya sangat menjanjikan, karena jika dilihat trend kebutuhan setiap perusahaan yang bertransformasi ke digital sangat membutuhkan website. Selain itu banyak promosi yang dilakukan secara digital sehingga mereka membutuhkan platform. Menurut data dari US Bureau of Labor Statistic pertumbuhan pekerjaan web developer akan diperkirakan bertumbuh 23% hingga tahun 2031. Kemudian menurut Datareportal terdapat 212,9 juta pengguna aktif internet, dengan kata lain ini adalah kesempatan bagi perusahaan untuk menggunakan platform internet  untuk menjangkau lebih banyak pasar menggunakan website. 

Pekerjaan web developer ini juga bisa dikerjakan secara remote, jadi kamu bisa mengambil pekerjaan luar negeri. Selain itu kamu bisa bekerja sebagai freelance dengan membuka jasa pembuatan website, karena pekerjaan ini sangat fleksibel jadi kamu bisa mengambil pekerjaan dari mana saja. Nah itu dia prospek kerja sebagai web developer, masih banyak lagi pekerjaan untuk bidang ini selama dunia IT masih berkembang.

Jenis Bisnis Yang Membutuhkan Web Developer

Seperti yang sudah kita singgung bahwa banyak perusahan yang melakukan transformasi digital maka mereka membutuhkan sebuah website. Tapi ada beberapa jenis bisnis yang sangat membutuhkan web developer sebagai bagian dari proses bisnis mereka, berikut ini contoh industrinya:

Keuangan dan Perbankan

Bisnis yang bergerak di bidang perbankan, keuangan, asuransi, dan semacamnya, sangatlah membutuhkan website. Karena banyak dari pelanggan mereka berusaha mengetahui jenis produk yang dipasarkan melalui website. Selain itu website bisa dipergunakan sebagai salah satu cara membeli atau menggunakan produk yang kamu jual, seperti membeli asuransi atau melihat tagihan asuransi yang harus dibayarkan. Website juga bisa menghemat waktu dan tenaga karena kamu tidak memerlukan pegawai yang banyak untuk menangani pendaftaran.

Publikasi Digital

Bisnis publikasi digital biasanya berupa media berita atau majalah online. Jenis bisnis sangat mengandalkan platform digital karena konten yang mereka buat semuanya di upload ke website yang menjadi salah satu cara bisnis mereka berjalan. Secara umum peran web developer disini adalah membangun dan memelihara website sears teknis, karena penerbit hanya membuat konten untuk diupload.

Perusahaan IT dan Sistem Design

Perusahan ini biasanya memiliki produk atau jasa berbentuk software dan segala sesuatunya tentang komputer. Seperti product support, pelatihan, penginstalan software, dan lain-lain. Bisnis ini membutuhkan website agar pelanggan mereka bisa dengan detail tentang mereka, maka dari itu membutuhkan web developer untuk menangani pekerjaan ini. 

Pelayanan Masyarakat

Jenis yang satu ini pada umumnya ada di semua perusahaan, jadi untuk model bisni yang menggunakan pelayanan masyarakat seperti pemerintahan sangat membutuhkan website sebagai sarana pelayanan. Maka dari itu web developer bertugas untuk membuat website seperti pembuatan sim online, perpanjang paspor, membayar tilang online, dan lain-lain. 

Industri Elektronik

Industri ini biasanya memproduksi barang elektronik seperti TV, laptop, dan handphone. Karena lini bisnis mereka adalah produk kebutuhan masyarakat yang masal, maka akan lebih efektif menggunakan website untuk melakukan penjualanya. Mereka membutuhkan web developer untuk membangun website dan mengganti konten jualan yang tertera di web tersebut. Dengan meletakkan produk mereka di website sendiri, maka akan menambah kredibilitas suatu perusahaan.

Skillset Penting Web Developer yang Harus Dikuasai

Menjadi seorang web developer tentu kamu harus memiliki skill tertentu. Skill ini juga bisa mempngaruhi gaji web developer loh, selain itu bisa memudahkan kamu dalam mengerjakan pekerjaan sebagai web developer. Berikut ini skillset penting yang harus kamu kuasai:

Kuasai HTML, CSS, dan Java Script

HTML dan CSS adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mendesain tampilan antara muka sebuah website, contohnya adalah membuat layout, tata letak tombol, font, dan lain-lain. Biasanya front end developer yang sering menggunakan bahasa ini. Selain itu kamu bisa gunakan Java Script untuk membuat fitur yang interaktif pada tampilan website, agar bisa lebih menarik para pengguna.

Pahami Cara Menggunakan Git

Seorang web developer bisa menggunakan version control untuk melacak, mengubah, dan mengatur code yang telah ditulis pada sebuah website. Kamu bisa gunakan Git untuk dengan cepat mengidentifikasi dan memperbaiki sebuah error. Git akan dengan mudah melacak pekerjaan kamu sebelumnya jadi kamu bisa melihat dahulu pekerjaan yang lalu sebelum kamu mengganti yang baru.

Bisa Menggunakan JS Libraries and Frameworks

Dalam membuat website pasti ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk website lain, nah disetiap fitur tersebut ada kode yang dituliskan. Lalu untuk apa menulis kode dari awal jika kamu pernah menuliskannya, disinilah fungsi Libraries dari Java Script. Yaitu untuk menyimpan kode yang pernah ditulis dan digunakan lagi di tempat lain. Penggunaan frameworks pun sama seperti libraries yang berguna untuk membuat aplikasi yang responsif, kamu bisa gunakan framework React, Vue.js, dan Angularjs.

Kuasai Proses Testing dan Debugging

Seorang web developer menghabiskan 33% dari total penulisan kode, pada proses debugging. Debugging sendiri adalah proses untuk menemukan kerusakan atau error. Kamu harus melakukan pengecekan secara berkala agar website yang telah dibuat berjalan tetap berjalan dengan lancar. Jadi seorang web developer harus teliti dan rajin melakukan tes dan debugging agar website berjalan semestinya.

Membuat Web Design yang Responsive

Design web responsive adalah bentuk website yang bisa diakses melalui berbagai macam device dengan ukuran yang tepat. Dengan kata lain fitur website yang ada di desktop akan sama dengan yang ada smartphone, dengan perubahan bentuk layar yang lebih kecil web developer harus bisa membuat semua fiturnya. Karena penggunaan smartphone yang sangat populer, maka dari itu ini skill yang harus dikuasai.

Kesimpulan

Gaji Web Developer di Indonesia pada dasarnya berbeda-beda, tergantung dengan posisi, lokasi, dan lain-lain. Selain itu skill dan project yang dikerjakan juga dapat mempengaruhi besaran gaji yang akan kamu terima. Nah kalau kamu ingin bekerja sebagai web developer bisa ikut Job Connector Bootcamp Full Stack Web Developer di Purwadhika. Karena kamu bisa belajar skill dan tools web developer sesuai kebutuhan industri. Selain itu kamu juga bakall disalurkan kerja setelah lulus nantinya


bagikan