purwadhika-logopurwadhika-logo

GAMPANG! 5 Langkah Mudah untuk Gen Z Jadi Data Scientist di 2024!

Deva Hadinegara

09 July 2024

5_Langkah_Mudah_untuk_Gen_Z_Jadi_Data_Scientist_di_2024_4601ebfbd2.jpg

Hai Gen Z! Apakah kamu tertarik menjadi Data Scientist? Profesi ini sedang populer dan banyak dicari loh. Jangan khawatir, menjadi Data Scientist tidak serumit yang kamu bayangkan. Yuk, ikuti 5 langkah mudah ini untuk meraih impianmu di tahun 2024!

Apa sih yang membuat Data Scientist sukses?

Data scientist yang sukses itu mampu menghubungkan data dan tujuan bisnis dan memahami bagaimana analisis mereka bisa memberikan nilai tambah bagi suatu perusahaan.

Pemahaman terhadap bahasa pemrograman seperti Python atau R adalah fondasi dari profesi Data Scientist. Jika kamu memiliki analisa dan juga fondasi yang bagus bisa dikatakan kalau kamu merupakan salah satu Data Scientist yang sukses.

Kira-kira sobat Gen-Z udah punya belum skill yang dijelaskan tadi? Kalau belum begini nih langkah-langkahnya biar kamu bisa jadi sukses sekaligus jago nih di bidang Data Science:

Punya dasar-dasar pemahaman yang kuat

Tau gak sih kalau segala sesuatu yang kita lakukan itu berawal dari hal yang paling dasar loh, contohnya kalo kita main bola aja mesti tau bagaimana caranya lari atau menendang dalam sepak bola.

Sama halnya dengan data scientist dengan kamu mulai untuk mempelajari konsep dasar seperti statistik, matematika, analisis data, dan bahasa pemrograman maka kamu bisa memahami bagaimana cara dari Data Scientist bekerja. Dasar-dasar yang disebutkan tadi merupakan fondasi kamu untuk berkarir di bidang Data Scientist.

Memahami Tools yang dipakai pada Data Science

Dalam pekerjaan, kita tahu pasti bahwa pekerjaan akan mudah jika kita menggunakan tools yang tepat untuk menyelesaikannya. Pada Data Science, tools merupakan hal yang penting. Jika tidak memahami bagaimana cara kerja dari tools seperti Python, R, Matplotlib, Scikit-Learn, MySQL, dsb. Maka kamu tidak bisa menjadi Data scientist yang sukses, ini menggambarkan bahwa tools adalah inti dari Data Scientist.

Mengembangkan Soft Skill

Kamu sebagai Data Scientist pasti akan terlibat dengan divisi lain pada saat kamu bekerja, mengembangkan skill komunikasi dan juga mampu bekerja sama dengan divisi lain adalah hal yang krusial, agar kamu bisa menjelaskan hasil analisis yang sudah kamu lakukan dan berkolaborasi agar nantinya keputusan yang akan diambil bisa membuat perusahaan tempat kamu bekerja menjadi lebih baik.

Membangun Portofolio

Penting gak sih membangun portofolio?? Penting dong, kalo kamu gak punya portofolio, orang gak akan tau gimana hasil kerja kamu. Jadi buat Gen-Z yuk jangan males buat bikin portofolio yang oke, biar perusahaan ngeliat hasil kerja kamu yang keren.

Mengembangkan Networking Professional

Ini nih yang gak boleh kamu lewatkan, dengan bergabung dengan komunitas Data Science kamu bisa jadi lebih tau tentang gimana sih tren atau perkembangan Data Science saat ini, dan juga kamu bisa berpeluang loh untuk mendapatkan pekerjaan terkait dengan Data Science yang kamu inginkan.

Menjadi Data Scientist itu gak sulit loh kalo kita mau belajar, dengan mengikuti langkah-langkah yang ada diatas Gen-Z bisa loh mendalami dan memahami caranya biar jadi Data Scientist yang sukses. Kalo Gen-Z bingung mau belajar dimana, Purwadhika ada nih Job Connector Bootcamp Data Science yang bisa bikin kamu jago dan keren sebagai Data Scientist hanya dalam 14 minggu aja. Setelah lulus kamu juga akan mendapat koneksi kerja ke 1000+ perusahaan hiring partners Purwadhika di seluruh Asia. Tunggu apalagi?


bagikan