purwadhika-logopurwadhika-logo

Data Scientist Jurusan Apa, dan Bagaimana Masa Depannya di Indonesia

Jean Sundego

06 June 2023

Data scientist jurusan apa

Untuk menjadi seorang data scientist, jurusan apa yang harus diambil ketika berkuliah? Ada banyak pelajar-pelajar yang ingin mengejar pekerjaan ini tetapi tidak tahu harus mengambil jurusan apa ketika berkuliah. Pada masa sekarang, data scientist mulai banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia. Dengan gaji yang terjamin, sudah pasti banyak pelajar-pelajar yang ingin berkarir sebagai profesi ini.

Tidak berarti banyak profesional yang ingin melakukan career-switching menjadi seorang data scientist. Masih banyak yang bertanya untuk menjadi seorang data scientist, jurusan apa saja yang bisa diambil. Hal itu bisa dilihat pada penjelasan berikut.

Pengenalan Tentang Ilmu Data Science

Untuk menjadi seorang data scientist, kalian diwajibkan untuk mempelajari ilmu data science. Data science sendiri adalah ilmu yang menggabungkan ilmu tentang matematika, statistik, dan juga kemahiran dalam pemrograman. Kegunaan data science adalah untuk mengekstrak informasi dari data yang didapatkan. Seorang yang ingin menjadi data scientist juga harus mampu menggunakan algoritma dari machine learning atau AI.

Kalian harus mampu menggunakan algoritma tersebut untuk mengolah gambar, video, teks, dan lainnya untuk menghasilkan sistem AI. Sistem AI tersebut dirancang untuk mengerjakan berbagai pekerjaan atau tugas yang sulit bagi manusia. Data yang berhasil dikelola akan dianalisa oleh manusia dan selanjutnya akan digunakan untuk kepentingan bisnis. Seperti perancangan strategi yang tepat berdasarkan informasi yang telah didapat untuk kemajuan perusahaan.

Seberapa Penting Data Science

Setiap bisnis, mau yang skala besar ataupun kecil sangatlah bergantung kepada data. Oleh sebab itu data science menjadi hal yang penting. Perusahaan yang buruk adalah perusahaan yang tidak mampu mengelola data dan membuat strategi berdasarkan hal tersebut. Hal ini akan menyebabkan efektifitas dan efisiensi sebuah perusahaan menjadi stagnan ataupun menurun.

Berdasarkan ahli ekonom Google, Hal Varian, Ia berkata bahwa pada dekade ini sangat dibutuhkan kemampuan dalam mengambil, memahami, memproses, dan menyaring informasi dari data dan dituangkan kedalam bentuk visual.

Data Scientist Jurusan Apa

Untuk mendapatkan pekerjaan menjadi seorang data scientist, kalian harus mengambil jurusan data science. Dalam jurusan data science, ada beberapa pelajaran yang akan dipelajari jika Kalian ingin berkuliah di jurusan ini. Di Indonesia sendiri, jurusan ini memiliki nama jurusan sebagai jurusan Sains Data. Jurusan ini juga akan mengambil beberapa pelajaran dari berbagai jurusan yang lain, seperti teknik komputer, matematika, dan big data.

Kalian yang mengambil jurusan ini juga akan mempelajari graphic design, public speaking, dan juga storytelling.

Topik-Topik Yang Dipelajari di Dalam Jurusan Data science

Berikut adalah beberapa topik yang akan kalian pelajari sebagai mahasiswa yang mengambil jurusan data science.

Matematika dan Statistik

Topik ini memberikan pembelajaran berupa probabilitas, kalkulus, aljabar linear, dan juga analisis regresi.

Pemrograman

Dalam modul ini, kalian akan belajar berbagai bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist. Seperti bahasa Python, R, SQL untuk database management, dan juga manajemen sistem database.

Machine Learning

Untuk menjadi seorang data scientist, kalian diwajibkan untuk mempelajari machine learning. Pelajaran ini akan mengajarkan kalian konsep konsep machine learning seperti konsep deep learning, analisis cluster, dan juga pola pola machine learning.

Data Mining

Data Mining atau pengekstrakan data mempelajari cara untuk mengambil data-data yang dibutuhkan. Dimulai dari big data dan juga data yang lebih kompleks.

Analisis Bisnis

Modul ini akan membantu kalian mempelajari cara menganalisa suatu bisnis dan cara pengambilan keputusan yang benar. Kalian juga akan mempelajari cara perencanaan strategi berdasarkan data dan informasi yang didapat untuk kepentingan sebuah bisnis.

Visualisasi Data

Topik ini akan mengajarkan Kalian cara memproyeksikan data dan informasi yang telah dikelola kedalam bentuk visual. Topik ini berguna bagi seorang data scientist ketika mereka ingin mempresentasikan informasi yang didapatkan.

Etika Data

Pelajaran ini akan mempelajari prinsip dan etika terkait pengekstrakan, pengolahan, serta penggunaan data yang didapatkan.

Keuntungan Menjadi Seorang Data Scientist

Tentu saja ketika Kalian memilih sebuah jurusan, Kalian menginginkan hasil yang berguna bagi kehidupan. Untuk jurusan ini, terdapat beberapa keuntungan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk kalian. Berikut keuntungan dari mengambil jurusan ini

Prospek Kerja yang Besar

Menurut data dari survei yang dilakukan IBM, prospek kerja pada bidang data scientist terus mengalami peningkatan di seluruh dunia. Peningkatan yang cukup tinggi beberapa tahun terakhir, dari sekitar 364.000 menjadi 2.720.000 kebutuhan di dunia.

Nilai Profesionalisme yang Tinggi

Semakin profesional dirimu menjadi seorang data scientist, maka akan semakin banyak perusahaan yang mencarimu. Sebagai seorang data scientist, Kalian diwajibkan untuk terus mengasah kemampuan kalian dalam berbagai bentuk aspek. Hal ini akan menjadikan sebuah jalan bagi kalian untuk mendapatkan posisi yang lebih baik lagi.

Fleksibilitas

Seorang data scientist memiliki kemungkinan untuk melakukan pekerjaan secara remote. Hal ini dimungkinkan karena nature dari pekerjaan tersebut. Kalian juga mampu mendapatkan pekerjaan di luar negeri dan dikerjakan secara remote di Indonesia. Pekerjaan seorang data scientist yang bekerja remote akan memiliki banyak waktu dan bebas memilih lokasi untuk bekerja.

Jurusan Data Science pada Universitas-Universitas di Indonesia

Untuk Kalian yang sangat ingin menjadi seorang data scientist, tidak perlu ragu lagi, karena banyak universitas-universitas di Indonesia menyediakan jurusan ini. Di Indonesia sendiri data science atau biasa disebut sains data sudah mulai tersedia dan tercatat kurang lebih ada 19 Universitas yang memiliki jurusan ini.

Beberapa universitas ternama yang memiliki jurusan ini adalah Institut Teknologi Telkom Surabaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Telkom, Institut Pertanian Bogor, dan juga Universitas Sumatera Utara.

Hal Yang Harus Diingat Sebelum Menjadi Seorang Data Scientist

Untuk Kalian yang berkeinginan menjadi seorang data scientist yang profesional dan memiliki value yang tinggi. Ada beberapa poin yang harus diingat ketika Kalian sedang dalam proses pembelajaran di dalam dunia kuliah. Berikut beberapa poin yang harus diterapkan ketika Kalian sedang mengejar pendidikan di bidang sains data.

Waktu

Hargai waktu Kalian ketika sedang berkuliah. Jurusan data science bukanlah jurusan yang mudah untuk dipelajari. Selain harus memahami matematika dan statistika, Kalian juga harus mampu menguasai beberapa bahasa pemrograman. Gunakan waktu yang ada untuk terus mengasah kemampuan kalian dan jangan hanya mengandalkan yang diberikan oleh kampus.

Asah Skill yang Relevan

Beberapa skill yang penting berupa bahasa pemrograman, dan visualisasi data. Perdalam pemahaman tentang bahasa pemrograman seperti Python, R, SQL dan SAS. Untuk visualisasi data, Kalian harus mampu menjalankan tools seperti Tableau, PowerBI dan juga Excel.

Soft Skill Juga Penting

Ada beberapa soft skill yang harus dimiliki oleh seorang data scientist. Dimulai dari komunikasi, anilisa, berpikir out-of-the-box, teliti, decision making, mampu berkolaborasi, dan terus belajar. Hal-hal tersebut sangat lah dibutuhkan oleh seorang data scientist. Komunikasi adalah hal yang wajib. Karena Kalian akan bekerja sebagai tim, dan harus mampu membentuk komunikasi yang baik antara anggota tim.

Selanjutnya kemampuan analisa. Ketika data berhasil didapatkan, kalian diwajibkan untuk menganalisa data-data tersebut dan memberikan asumsi yang menguntungkan. Berpikir out-of-the-box berarti kalian harus mampu melihat segala kemungkinan yang akan terjadi dari data yang berhasil didapatkan. Kalian akan membuat sebuah hasil dari analisa dan pada akhirnya harus mampu menentukan mana hasil yang terbaik.

Dan terakhir, Kalian wajib untuk teliti. Kalian selalu berhadapan dengan data dan angka. Jika kalian tidak teliti, akan berpengaruh terhadap hasil kedepannya.

Jadi bagaimana? Sudah siapkah kalian berkarir di bidang data scientist? Jalan yang ditempuh tidaklah sangat mudah. Jika Kalian merasa mampu, persiapkan diri Kalian untuk mendaftar dan mengambil jurusan data science.


bagikan