purwadhika-logopurwadhika-logo

Data Engineer Adalah Profesi Yang Sedang Naik Daun, Beneran Gak Sih?

Jean Sundego

06 June 2023

Data Engineer Adalah

Data Engineer adalah salah satu profesi yang sedang dibutuhkan terlebih lagi untuk Revolusi Industri 4.0. Untuk dapat bekerja sebagai data engineer, kalian haruslah mampu menguasai ilmu dasar dari data science. Atau Kalian juga dapat berkuliah dengan mengambil jurusan data science atau sains data dalam bahasa Indonesia.

Pengertian Data Engineer

Data engineer itu sendiri adalah profesi yang dapat kalian pilih bagi kalian lulusan data science atau sains data. Tanggung jawab dari data engineer adalah mengelola data dan memproses data tersebut untuk dijadikan sebagai dasar pembuatan keputusan bagi perusahaan. Selain itu, seorang data engineer harus mampu dan memiliki pengetahuan tentang software engineering dan back-end development.

Dibandingkan dengan profesi lainnya yang juga berhubungan dengan data, data engineering wajib memiliki pengetahuan lebih tentang 2 hal tersebut. Data engineer memiliki tanggung jawab yang besar mulai dari mengatur data yang dikumpulkan, memproses data, dan melakukan penyimpanan. Jika kalian ingin mengejar karir sebagai seorang data engineer, ada beberapa keahlian yang harus kalian kuasai. Keahlian-keahlian khusus bagi seorang data engineer dapat dilihat pada tulisan dibawah ini.

Keahlian Wajib Bagi Data Engineer

Beberapa poin yang harus kalian ingat adalah seorang data engineer diwajibkan memiliki pemikiran logis, pengetahuan database, dan pemrograman dasar. Beberapa kemampuan teknis dari seorang data engineer yang harus kalian miliki seperti berikut:

Python dan SQL

Python adalah sebuah bahasa pemrograman yang dapat dipelajari oleh pemula dengan mudah dan cepat. Kegunaan dari Python bagi seorang data engineer adalah karen Python sering digunakan untuk pengembangan web, software, scripting, sampai data management. Oleh karena itu, Python digunakan untuk melakukan penguraian baris kode ataupun data agar lebih mudah dibaca.

SQL atau Structured Query Language adalah bahasa pemrograman yang bertujuan untuk mengakses data. Dengan memanfaatkan SQL, kalian dapat membuat, mengakses data, menjalankan query, hingga menghapus data di dalam database yang ada.

Bahasa Pemrograman R, Java, dan Scala

Selain kedua bahasa pemrograman diatas, untuk menjadi seorang data engineer yang ahli, kalian juga harus mampu memahami ketiga bahasa pemrograman ini. Bahasa R memiliki kesamaan dengan bahasa pemrograman python. Bahasa ini memiliki library yang dapat berguna untuk pengolahan data. Untuk bahasa pemrograman seperti Java dan Scala, kedua bahasa ini digunakan untuk pemrosesan data tingkat lanjut.

Keduanya juga dapat digunakan untuk membangun sistem Big Data tool seperti Apache Kafka dan juga Spark yang memanfaatkan Scala

Memahami Cloud Platforms

Cloud Computing mengandalkan server internet sebagai tempat untuk teknologi komputerisasi. Menggabungkan kedua sistem komputer dan internet membuat kalian semua dapat mengakses data dari lokasi dan platform berbeda. Amazon Web Services adalah platform cloud computing yang paling banyak digunakan untuk memanajemen data.

Algoritma dan Struktur Data

Segala hal yang berhubungan dengan data science pasti dianjurkan untuk menguasai konsep struktur data dan algoritma. Berlaku untuk setiap profesi yang berhubungan dengan data science seperti data analyst, data scientist, dan juga data engineer. Khususnya data engineer yang mempunyai tanggung jawab yang lebih besar untuk menguasai konsep algoritma dan data struktur.

Dengan memanfaatkan struktur data yang tepat, kecepatan algoritma dapat meningkat dengan cukup pesat dan lebih efisien.

Masa Depan Data Engineer

Masa Depan Data Engineer

Pada masa sekarang, kita pernah mendengar istilah “Data is the New Oil” untuk tren teknologi di dunia sekarang. Setiap langkah ataupun prediksi untuk memutuskan masa depan sebuah perusahaan itu berdasarkan data yang dikumpulkan. Data engineer sendiri merupakan bagian dari profesi software engineer yang memiliki fokus terhadap pengembangan infrastruktur dan sistem data.

Sedangkan data engineer sendiri memiliki fokus yang mirip dengan data scientist dimana mereka dapat mengakses data yang dibutuhkan secara akurat. Di Dalam dunia industri, data engineer bertugas agar perusahaan siap menghadapi berbagai industrial challenges. Karena era sekarang telah memasuki big data dan industri 4.0, profesi seperti data engineer tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan IT.

Industri-industri lainnya yang mulai bertransformasi ke era digitalisasi juga membutuhkan profesi data engineer, seperti sektor perbankan. Jabatan tertinggi yang bisa dicapai oleh seorang data engineer adalah Chief Data Officer yang bertanggung jawab terhadap data analyst, data engineer, dan data manager pada perusahaan. Bagi data analyst, mereka memanfaatkan beberapa data untuk kebutuhan insight demi pertumbuhan perusahaan dan menyelesaikan masalah yang ada.

Setiap masyarakat di dunia ini terus menciptakan dan mengkonsumsi data secara sadar ataupun tidak. Sebagai contoh, Google mendapatkan lebih dari 5 miliar user query per hari melalui mesin pencarian mereka. Dari query yang masyarakat buat, selalu menghasilkan data untuk dikonsumsi. Bukan hanya google, beberapa perusahaan besar seperti Meta dan Netflix hingga Instansi Pemerintahan juga menampung data dari masyarakat.

Hal ini merupakan kunci dari kesuksesan sebuah bisnis. Desain dari aliran data yang mengandung informasi menjadi kunci faktor penting. Seperti kalanya ketika kalian mencari Hotel melalui Traveloka, hanya butuh waktu sebentar untuk menampilkan daftar hotel. Agar konsumen tidak kabur dari bisnis, akurasi dari hasil pencarian yang cepat menjadi kunci utama.

Atas alasan ini lah yang menjadikan profesi data engineer menjadi hal yang vital bagi aktivitas bisnis sehari-hari. Dengan sadarnya perusahaan-perusahaan akan pentingnya pengelolaan data bagi bisnis mereka. Membuat kebutuhan akan data engineer bagi setiap bisnis semakin meningkat di dunia kerja.

Berkarir Sebagai Data Engineer

Jika kalian ingin memulai karir kalian sebagai data engineer, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk bisa memiliki profesi ini. Pertama, jika kalian adalah lulusan SMA yang baru saja lulus tapi bingung mau melanjutkan kuliah ke jurusan apa. Kalian bisa mengambil jurusan sains data ketika kalian berkuliah. Jurusan ini adalah dasar yang bisa kalian pelajari untuk menjadi seorang data engineer.

Sebelumnya, perlu diketahui jika kalian ingin mempelajari data science, kalian harus memiliki dasar matematika yang baik. Kedua, jika kalian adalah lulusan non sains data, kalian bisa belajar dasar-dasar dari data science secara otodidak. Kalian bisa mempelajari dasar-dasar dari pemrograman seperti melalui video Youtube ataupun forum-forum di internet. Ketiga, kalian bisa mengikuti program-program bootcamp baik online maupun offline yang disediakan oleh lembaga pendidikan.

Kalian bisa mengikuti bootcamp kelas data science agar alur dari pembelajaran kalian lebih terarah. Melalui bootcamp kalian tidak hanya belajar basic-basic dari pemrograman, tetapi juga diajarkan untuk mengerjakan proyek yang berhubungan dengan data science. Tidak hanya itu, kalian juga dapat bertanya secara langsung kepada pengajar dari bootcamp yang kalian pilih. Berbeda dengan belajar secara otodidak dimana kalian resource yang didapatkan lebih terbatas, dan kalian hanya bisa bertanya melalui forum.

Dan di beberapa Bootcamp kalian bisa saja mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan ilmu kalian melalui program magang. Kalian akan mendapatkan program magang ke perusahaan perusahaan yang membutuhkan lulusan data science. Jadi, jika kalian ingin mengejar passion sebagai seorang data engineer, kalian harus berani untuk memulainya.


bagikan