purwadhika-logopurwadhika-logo

Cara Menghitung Volume & Kerjakan Tugas dengan Chat GPT Open AI

Nawfal Pradana

15 September 2023

chat gpt open ai.

Chat GPT milik Open AI semakin canggih dengan beberapa penambahan fitur. ChatBOT AI ini semakin menjadi perbincangan karena bisa membantu banyak pekerjaan manusia untuk sehari-hari. Keuntungan dari menggunakan Chat GPT adalah efisiensi waktu pengerjaan dari tugas yang diberikan. Oleh sebab itu banyak orang menggunakannya. Bukan hanya untuk bekerja, Chat GPT bisa membantu tugas sekolah kamu loh, penasaran bagaimana? Yuk simak artikel ini

Cara Menggunakan Chat GPT dalam Bahasa Indonesia

Sebelum kita memulai lebih dalam, kita ketahui dahulu cara menggunakan Chat GPT dalam bahasa Indonesia. Nah ketika membuka website Open AI kamu harus membuat akun atau log in terlebih dahulu, setelah itu pilih model GPT - 3.5 Turbo untuk menggunakannya. Kemudian pada teks box di bawa kamu bisa mulai untuk memberikan instruksi dalam bahasa Indonesia, jangan lupa untuk klik “send message” setelah menuliskan instruksi tersebut.

Cara Menghitung Volume Bangun Ruang dengan Chat GPT

Kamu sudah tahu belum nih kalau Chat GPT bisa bantu hitung rumus matematika? Nah jadi sebenarnya Chat GPT bisa melakukan banyak hal, kamu hanya perlu untuk memasukan intruksi yang tepat. Kamu bisa melakukan ini dengan bahasa Indonesia atau Inggris, jadi bisa kamu sesuaikan. Nah untuk selengkapnya seperti ini cara nya:

Buka website Open AI atau bisa langsung ke website Chat GPT, setelah itu kamu perlu untuk membuat akun atau log in terlebih dahulu. Kamu bisa log in dengan menggunakan email google (Gmail) Pada text box di bawah kamu bisa mulai untuk instruksi soal matematika untuk menghitung volume Tabung, Balok, atau Kubus Setelah itu kamu bisa langsung untuk kirim dan tunggu jawaban dari instruksi tersebut. Kamu bisa menanyakan berulang kali jika kurang paham atau membutuhkan jawaban lagi

Jadi seperti itu lah cara untuk menggunakan ChatGPT untuk menjawab soa-soal matematika untuk menghitung bangun ruang. Perlu diketahui kamu perlu untuk memasukan perintah yang tepat dan detail agar Chat GPT bisa menjawab pertanyaan kamu.

Bagaimana Cara Menggunakan Chat GPT untuk Mengerjakan Tugas Sekolah?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Chat GPT bukan hanya untuk melakukan pekerjaan saja. Tapi bisa juga dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas sekolah atau akademik. Tapi ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum menggunakanya untuk tugas sekolah, berikut ini penjelasanya:

Rawan Plagiarisme

Ketika kamu menggunakan Chat GPT untuk tugas sekolah, kamu harus melakukan cek ulang karena rawan terjadi plagiarisme. Karena jawabannya diambil dari internet yang merupakan jawaban atau gagasan dari orang lain yang sudah pernah di upload. Jadi perlu wasapada ketika kamu ingin mengambill jawaban dari ChatGPT karena mrereka tidak mencantumkan sumber jawaban.

Parafrase Agar Lebih Aman

Menyambung dengan hal sebelumnya, kamu tetap bisa untuk menggunakan jawaban dari chat GPT. Tapi diusahakan untuk melakukan parafrase jawaban yang kamu terima. Dengan begitu tugas kamu akan terhindar dari plagiarisme karena jawabannya telah kamu modifikasi.

Jawaban Kurang Akurat

Ada beberapa kasus dari pengguna Chat GPT bahwa jawaban yang mereka terima kurang akurat. Jadi kamu tidak bisa menggunakan jawaban dari aplikasi ini secara mentah, masih harus ada campur tangan manusia untuk mengolah hasilnya.

Gunakan Sebagai Sumber Inspirasi

Ketika kamu akan menggunakan Chat GPT Untuk mencari inspirasi atau ide dalam mengerjakan tugas sekolah kamu, karena bisa menghemat waktu dalam mencari inspirasi. Ketika kamu mendapatkan ide dari Chat GPT kamu bisa melakukan validasi kembali dengan sumber kredibel lainnya.


bagikan