purwadhika-logopurwadhika-logo

Big Data adalah: Penngertian, Jenis, & Perannya Dalam Keputusan Bisnis

Nawfal Pradana

22 September 2023

Big Data adalah.

Data merupakan aset yang penting di era digital seperti saat ini, terutama ketika kamu akan mengambil keputusan bisnis kedepannya. Data-data yang dikumpulkan kemudian diolah menjadi informasi yang bermanfaat sehingga bisa menentukan kearah mana tujuan bisnis. Ada banyak informasi yang menjadi pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan, kumpulan informasi dengan jumlah besar biasanya disebut dengan big data. Nah big data ini memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan dalam bisnis, tapi bagaimana caranya? Yuk simak selanjutnya di bawah.

Penjelasan Lengkap Big Data

big data

Sebelum mengetahui bagaimana bisa mempengaruhi pengambilan keputusan dalam bisnis, kita ketahui dahulu penjelasan dari big data tersebut. Big data adalah sebuah istilah untuk data yang memiliki volume besar dan perlu untuk olah sebelum digunakan. Kumpulan data dengan skala besar dan kompleksi ini akan bertambah seiring berjalanya waktu,data yang dikumpulkan pun dari berbagai sumber.

Big data memiliki manfaat untuk berbagai bidang seperti bisnis dan perusahaan. Para pelaku bisnis bisa mengakses data kapan saja dan biasanya data tersebut diolah menggunakan tools tambahan agar efektif. Seiring dengan berjalannya waktu big data juga memiliki beberapa jenis dan semakin mudah untuk diolah.

Jenis Big Data yang Bisa Kamu Temui

Big data kini memiliki 3 jenis utama yang bisa kamu temui, ketiga jenis ini memiliki fungsi, bentuk, dan teknik pengolahan yang berbeda. Berikut ini ketigas jenis big data:

Data Terstruktur Jenis yang pertama adalah data yang tersimpan secara sistematis dan terstruktur. Biasanya data ini disusun dalam spreadsheet, excel, dan software sejenisnya. Data ini mudah untuk diolah dan diakses karena berasa dari database yang menggunakan algoritma search engine. Data yang dibuat mencakup semua data aktivitas penggunaan internet, seperti ketika kamu masuk web e-commerce, data pelanggan, data perusahan, data karyawan dan sejenisnya. Data tersebut bisa kamu gunakan untuk mengetahui perilaku aktivitas konsumen

Data Tidak Terstruktur Seperti namanya jenis ini memiliki bentuk yang tidak teratur dan tidak memiliki format yang pasti dalam penyimpananya. Data jenis ini memiliki sumber dan format yang beragam, data yang dikumpulkan berupa gambar, teks, video, dan lainnya. Karena hal tersebut dalam pengolahanya kamu perlu melakukannya secara manual. Contoh dari jenis ini yang sering kita temui adalah postingan gambar dalam sosial media dengan data komentar, like, jumlah followers, jumlah like dan lainnya.

Data Semi Terstruktur Jenis yang ketiga ini ada percampuran antara data yang terstruktur dan yang tidak. Hal ini dikarenakan sebagian besar data yang semi terstruktur terlihat tidak terstruktur. Dengan kata lain jenis ini ada yang sistematis dan tidak, tapi dari yang sistematis tersebut jadi terlihat berantakan. Data tersebut belum diklasifikasikan tapi tetap merupakan informasi yang penting.

Karakteristik Big Data

Big data memiliki 3 karakteristik utama yaitu Volume Velocity, dan Variety. Tapi seiring perkembangan dan bertambahnya jenis dari big data, karakteristik tersebut menjadi 5V. Nah untuk detail penjelasanya kita simak di bawah:

Volume Kumpulan data dalam jumlah besar dan tidak terstruktur dihasilkan setiap detik dengan volume ribuan Terabyte. Volume big data seperti feed twitter, status whatsapp, jumlah click pada website dan sejenisnya.

Velocity Velocity atau kecepatan merupakan salah satu karakteristik dari big data, karena kecepatan data yang dikumpulkan atau data yang akan digunakan menjadi krusial. Dengan bantuan jaringan internet proses ini bisa terjadi secara real time

Variety Big data memiliki karakteristik jumlahnya yang banyak. Ada banyak variabel dan jenis dari data yang tidak terorganisir pada database. Hasil analisa yang tidak terstruktur membutuhkan algoritma yang berbeda, jenis yang berbeda-beda seperti teks, gambar suara,, dna video membutuhkan proses yang banyak. Jadi variasi data menjadi karakteristik yang melekat

Veracity Data merupakan aset yang penting dan mahal karena tingkat valiadisnya yang tinggi, oleh karena itu veracity atau kebenaran data menjadi karakteristik dari big data. Tingkat akurasi informasi diambil dari data yang valid. Keputusan yang akan diambil akan semakin akurat karena kebenaran data yang maksimal

Value Data yang sudah diolah dan akan menjadi sangat berharga karena bisa data tersebut bisa digunakan. Maka dari itu value atau nilai menjadi karakteristik big data, ketika kamu hendak mengambil keputusan dari data tersebut maka akan semakin berharga informasinya.

Peran Big Data dalam Mengambil Keputusan untuk Bisnis

Peran Big Data dalam Mengambil keputusan untuk Bisnis.jpg Seperti yang sudah dijelaskan bahwa betapa berharganya sebuah data dan informasi dari data tersebut. Data yang sudah diolah bisa kamu gunakan untuk berbagai macam hal, terutama untuk mengambil keputusan bisnis. Data akan menjadi pedoman utama, karena big data bisa membuat keputusan kamu menjadi lebih cepat, akurat, dan meminimalisir kesalahan.

Selain itu agar data tersebut bisa diolah dengan cepat biasanya perusahaan menggunakan Big Data analytic. Dengan menggunakan proses ini kamu bisa menemukan pola dan trend dari data yang dikumpulkan. Data tersebut bisa divisualisasikan agar kamu lebih mudah dalam memahami informasi tersebut.

Dengan menggunakan informasi yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi, kamu bisa dengan percaya diri untuk mengambil keputusan. Contohnya ketika kamu sedang membuat produk, maka pasti ada pertanyaan tentang fitur apa saja yang dibutuhkan? atau apakah produk ini dibutuhkan oleh masyarakat? Dengan kumpulan data yang kamu miliki, akan lebih mudah menjawab pertanyaan seperti itu. Bisa jadi yang kamu butuhkan adalah mengembangkan produk baru bukan membuat produk, maka dari itu data adalah hal penting untuk masa depan sebuah perusahaan.

Menurut salah satu ilmuwan Google, banyak orang akan bingung untuk menentukan keputusan yang besar dan potensi untuk gagal sangatlah besar. Tapi dengan data yang dimiliki keputusan akan lebih mudah dan efisien.

Teknologi yang Digunakan Dalam Big Data

Ada banyak peran teknologi lain dalam proses pengolahan dan penyimpulan pada big data. Tanpa bantuan teknologi ini pekerjaan di bidang data akan terhambat. Berikut ini teknologi yang digunakan dalam big data:

Artificial INtelligence (AI)

Teknologi yang sedang marak ini bisa digunakan pada big data, Ai bisa membuat komputer untuk mempelajari data dan membantu pekerjaan manusia. Kamu bisa gunakan AIR untuk memproses data secara cepat dan membantu dalam prediksi tren berikutnya.

MAchine Learning

Machine learning merupakan bagian dari AI yang bisa mempelajari data tanpa perlu dilakukan program secara eksplisit. Algoritma digunakan untuk mengetahui pola dan historis data. MAchine learning digunakan untuk memproses data yang besar dan membantu keputusan bisnis.

Internet of Things (IoT)

Jaringan IoT bisa membantu dalam komuniaksi dan bertukar data, dengan internet pengumpulan data bisa dilakukan secara terus menerus. Pengumpulan data dari perangkat IoT bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi pada sektor operasional perusahaan.


bagikan