purwadhika-logopurwadhika-logo

Jago Coffee, Jago Marketing!

Angelique Surya

29 July 2024

3_Jago_Coffee_Jago_Marketing_student_7768fc29d0.jpg

Jika pada umumnya banyak orang memulai usaha coffee shop di kawasan dengan lahan dan dekorasi yang mendukung, lain halnya dengan brand satu ini. Brand ini mampu membesarkan namanya dengan mengusung konsep kopi keliling! Unik kan? Jago Coffee atau yang lebih dikenal dengan Kopi Jago, adalah brand kopi lokal yang didirikan tahun 2020 oleh Yoshua Tanu. Jago Coffee menggunakan sepeda gerobak listrik untuk memasarkan produk mereka, yang mana berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Jago-1024x512.jpg

Asal Mula si Jago Coffee

Meskipun perkembangannya sempat tertunda dikarenakan pandemi Covid-19, Jago Coffee berhasil mengambil hati dan perhatian baik dari area konsumen maupun kompetitor. Demi mendukung pelayanan optimal dengan konsep kesederhanaan, Jago Coffee atau si Kopi Jago akhirnya melakukan re-branding di tahun 2022. Perubahan yang dilakukan berupa inovasi konsep dan desain dari sepeda listrik yang digunakan untuk berkeliling, serta peluncuran aplikasi khusus namanya Jago.

Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pelanggan dalam mengetahui jadwal, lokasi, dan menu lengkap dari brand kopi lokal populer ini. Dalam aplikasi juga ada fitur komunikasi antar pelanggan dengan si Jagoan, alias sebutan untuk barista. Jadi, para pelanggan bisa meminta rekomendasi langsung dari para Jagoan. Selain itu, pembeli juga bisa pesan online dan langsung diantar sama si Bang Jago! Menarik banget kan?

Menu Premium Ala Gerobakan

Tidak seperti kopi keliling lainnya, Jago menyajikan kopi kualitas kafe dengan berbagai variasi! Dimulai dari black coffee, brown sugar coffee, vanilla latte, caramel latte, hingga citrus cold brew. Eitss, tidak hanya menjual kopi, Bang Jago juga siapin pilihan menu lain buat kamu yang non-caffeine tolerant. Antara lain ada milk tea, iced chocolate, pink lemonade, dan juga lychee tea. Gimana? Banyak kan pilihannya! Nah, semua pilihan premium ini bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau hanya berkisar Rp 8.000 - Rp 10.000 - an aja.

tambahin foto kopi'' nya jago

Berbagai pilihan menu yang disediakan oleh Jago Coffee membuatnya mampu merangkul segmen pasar yang luas. Karena bisa menjadi daya tarik untuk para pembeli datang lagi mencoba pilihan menu yang lain

Strategi Sukses Jago Coffee

Nah, setelah tau asal usul dan menu nya si Jago, kita bisa tau kalau Jago Coffee ini ternyata juga jago marketing ya! Kira - kira gimana mereka menentukan strategi marketing nya ya?

Implementasi Konsep Marketing

Dalam menjalankan bisnisnya, Jago Coffee berhasil mengiplementasikan strategi pemasaran sesuai dengan target market dan kapasitas usahanya. Salah satunya adalah dengan melakukan segmentasi pasar. Dengan cara memulai pemasaran produk di area perkantoran di daerah Jakarta Selatan, dimana banyak pekerja kantor yang rutin membeli kopi atau minuman segar untuk beraktifitas. Jika dibandingkan dengan harus membeli kopi cafe dengan harga 2-3 kali lipat lebih mahal, para pekerja pasti akan tertarik untuk membeli dari Bang Jago!

Maka dari itu, Jago Coffee juga menyempurnakan strategi pemasarannya dengan program Jago Party. Jago Party membuat para pelanggan atau sobat jago bisa memesan produk dengan kuantitas mulai dari 100 cup untuk berbagai acara. Salah satunya adalah untuk acara kantoran, dimana pekerja kantoran sebagai target market utamanya.

Model Strategi Marketing

Jago Coffee menunjukan perpaduan tradisional dan modern dengan konsep starling modernnya. Selain berkeliling melakukan direct selling pada masyarakat, Jago juga mempromosikan bisnis unik nya dengan sosial media. Jago Coffee berhasil mendapatkan perhatian dari berbagai orang yang membagikan keunikan coffee shop satu ini di sosial media. Ini membuat Jago Coffee mengembangkan layanannya secara online baik dalam segi aplikasi, konten sosial media, dan juga konten website supaya bisa berkomunikasi dengan masyarakat luas.

Selain itu, Jago juga mengembangkan brand awareness nya melalui strategi partnership marketing. Salah satu nya untuk mempromosikan program Jago Party. Merekapun bekerja sama dengan perusahaan co-working space, GoWork, dengan menyediakan diskon khusus untuk produk jago dan juga layanan fasilitas GoWork pada pelanggan.

Diluar usahanya melakukan marketing, Jago Coffee sejak awal sudah sukses mengguncang dunia coffee shop dengan konsep jualannya yang unik ini. Sehingga promosi marketing secara offline dan online nya dapat berjalan mengikuti viral nya ide unik dari Jago Coffee sendiri. Bahkan, hingga saat ini masih banyak brand lain yang serupa akhirnya berusaha mengimplementasikan konsep dagang yang sama. Namun, gelar starling premium sudah berhasil diraih oleh si Jago sejak awal kemunculannya. Jadi gimana? Kira-kira kamu bisa punya ide bisnis unik biar auto viral kayak si Jago ini gak?

CTA-1024x512.jpg


bagikan