purwadhika-logopurwadhika-logo

Tujuan Digital Marketing Untuk UMKM, Bisnis, dan Perusahaan

Purwadhika

25 May 2023

Tujuan Digital Marketing

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang dijalankan secara digital untuk memeprkenalkan produk. Kegiatan pemasaran ini dilakukan agar calon konsumen bisa mengenali produk secara online. Dalam merencanakan strategi digital marketing, pasti kamu memiliki tujuan yang ingin diraih. Meskipun tujuan dari digital marketing utamanya untuk mendatangkan konsumen lebih banyak. Nah pada artikel ini kita akan membahas manfaat dan tujuan digital marketing untuk UMKM, Bisnis, dan Perusahaan

Tujuan Melakukan Digital Marketing

Tujuan digital marketing yang pertama tentu ingin meningkatkan penjualan, karena dengan melakukan pemasaran digital kita berkeinginan untuk lebih dikenal lalu dikonversikan menjadi penjualan. Nah kamu harus mempersiapkan strategi digital marketing yang matang untuk bisa mencapai tujuan ini.

Meningkatkan Penjualan

Tujuan digital marketing yang pertama tentu ingin meningkatkan penjualan, karena dengan melakukan pemasaran digital kita berkeinginan untuk lebih dikenal lalu dikonversikan menjadi penjualan. Nah kamu harus mempersiapkan strategi digital marketing yang matang untuk bisa mencapai tujuan ini.

Meningkatkan Brand Awareness

Yang kedua adalah awareness, ini adalah salah satu tujuan utama digital marketing yang sangat umum. Karena dengan melakukan pemasaran digital bisnis, kamu akan lebih banyak dikenal secara online. Menurut Datareportal pengguna aktif internet di Indonesia mencapai 212 juta dan menghabiskan sekitar 7 jam 42 menit menggunakan internet. Dari data ini menjadi gambaran dan peluang meningkatkan awareness bisnis kamu secara efisien dan terukur dengan menggunakan digital marketing

Sarana Branding Bisnis

Digital marketing bisa menjadi sarana branding bisnis kamu. Branding sendiri bertujuan untuk memperbarui dan meningkat citra bisnis kamu terlihat lebih segar. Dengan cara ini peran digital marketing bisa membantu untuk mempromosikan branding bisnis kamu yang baru.

Tempat Berinteraksi Dengan Pelanggan

Sebuah bisnis atau perusahaan pasti ingin dekat dengan pelanggan dan mendengarkan kemauan mereka. Nah tujuan digital marketing berikutnya adalah sebagai sarana interaksi dengan pelanggan, biasanya untuk membangun interaksi bisa menggunakan kolom komentar, pesan, dan konten interaktif. Dengan cara ini kamu juga bisa mendapatkan pelanggan baru.

Sumber Informasi Tentang Produk Kamu

Tujuan DIgital Marketing selanjutnya adalah sebagai sumber informasi tentang produk. Calon pelanggan kamu pasti ingin mengetahui lebih lanjut tentang brand dan produk yang kamu miliki, nah kamu bisa mempublikasikan informasi tersebut agar mereka lebih yakin.

Publikasikan Konten Edukasi

Selain menjadi sumber informasi tentang produk, kamu bisa menampilkan konten edukasi. Jadi pelanggan yang melihatnya akan mendapat ilmu tambahan dan bisnis kamu bisa menjadi top of mind. Selain melakukan hard selling dengan digital marketing, penting untuk kamu melakukan soft selling seperti ini agar pelanggan tidak bosan.

Membuat Database Market

Selain melakukan promosi dan meningkatkan penjualan, digital marketing juga bisa bertujuan sebagai database tentang pasar yang kamu tuju. Karena kamu bisa menarik data dari tools digital marketing tentang kepuasan pelanggan, demography, dan lain-lain. Database ini sangat berguna untuk merancang strategi digital marketing.

Analisa Data dan Evaluasi Strategi Digital Marketing

Tujuan selanjutnya adalah analisa data dan melakukan evaluasi dari strategi digital marketing yang telah kamu jalankan. Karena dengan data yang telah kamu terima, seorang digital marketer bisa merancang dan merubah strategi kedepannya. Misalnya dengan menghadirkan promo khusus yang bisa menjawab problem dari pelanggan, agar lebih banyak pelanggan merasa terbantu dengan produk atau jasa kamu.

Manfaat Digital Marketing untuk UMKM, Bisnis, dan Perusahaan

Secara garis besar manfaat digital marketing untuk bisnis kamu adalah agar bisa bersaing dan mengakuisisi lebih banyak pasar. Menurut laporan Blighted Research tahun 2019 mengatakan bahwa 53,3% pencarian organik bisa meningkatkan traffic dan pendapatan perusahaan. Dengan hasil riset ini kamu bisa merambah lebih banyak pasar menggunakan digital marketing. Maka dari itu berikut ini manfaat dari digital marketing untuk bisnis kamu:

  1. Menjangkau lebih banyak konsumen
  2. Memasarkan bisnis dengan biaya yang lebih efisien
  3. Bisnis kamu terlihat terpercaya dan profesional
  4. Meningkatkan kesetiaan pelanggan
  5. Menjadi top of mind
  6. Mudah mengikuti tren pasar
  7. Lebih mudah memilih target pasar yang sesuai
  8. Bisnis akan mudah dikenal dan menaikan penjualan
  9. Mengetahui kebutuhan pasar
  10. Mempermudah penarikan data untuk evaluasi strategi

Cara Mendapatkan Manfaat dari Digital Marketing

Cara terbaik mendapatkan manfaat dari digital marketing, adalah dengan menguasai ilmu digital marketing dan mengetahui tujuan bisnis kamu. Dengan begitu akan lebih mudah mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa memanfaatkan internet seperti belajar dari youtube, artikle blog atau ikut kelas Job connector bootcamp di Purwadhika. Untuk memperdalam dan mempraktekan langsung ilmu digital marketing. Jadikan digital marketing sebagai sarana pemasaran untuk memulai bisnis, dengan menjalankan strategi yang cocok manfaat pun akan datang dengan sendirinya.


bagikan