purwadhika-logopurwadhika-logo

Trend UI/UX Design yang Disukai Gen Z: Keren, Seru, Canggih

Purwadhika

10 July 2024

Trend_UI_UX_Design_yang_Disukai_Gen_Z_Keren_Seru_Canggih_c3b717c2a8.jpg

Hai, Gen-Z! Kita sekarang hidup di era digital yang semua serba cepat, dimana sekarang kita bisa menemukan trend yang booming dengan mudah. Di dalam UI/UX di era sekarang, design menjadi poin yang paling penting agar user suka dengan produknya. Jadi ada 3 nih trend yang Wajib banget buat ke dalam design UI/UX. Ada Keren, Seru dan Canggih. Yuk kita breakdown gimana sih maksudnya

Seru: Design Modern yang Interaktif

Desain modern udah jadi trend beberapa tahun belakangan ini. Design yang diikuti dengan gaya modern dan interaktif makin membuat pengalaman user semakin menarik dan akan membuat orang-orang penasaran. Elemen-elemen simple dan clean bisa tetap menjadi pilihan pada design yang modern, tapi dengan tambahan interaksi yang membuat experience jadi lebih seru dan engaging. Bayangin aja, kalo kamu bisa berinteraksi dengan elemen yang ada di layar hanya dengan sedikit sentuhan atau gesture. Keren bukan?

Keren: Penggunaan Warna yang Berani Namun Minimalis

Setuju gak kalau Gen-Z suka banget sama warna-warna yang bold dan vibrant ?. Sekarang udah banyak loh beberapa web dan juga aplikasi yang menggunakan warna yang berani dan dinamis memungkinkan karna mengikuti trend yang ada. Seperti palet warna yang cerah dengan kontras tinggi bakal mencuri perhatian user dan membuat design lebih hidup dan memiliki daya tariknya tersendiri. Jadi jangan ragu nih buat kamu yang memang suka menggunakan aspek tersebut.

Canggih: Integrasi AI dalam Desain

AI atau kecerdasan buatan akan semakin berperan dalam desain UI/UX. Banyaknya tools seperti Chat Gpt atau Bing pada Microsoft sekarang udah bisa membantu UI/UX designer meningkatkan user experience yang lebih baik hanya dengan prompt/perintah yang kita perintahkan pada AI.

Canggih: Desain Responsif dan Adaptif

Kalian pasti sering banget gonta-ganti device, kan? Mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop. Hal ini menjadi penting banget. Designer UI/UX harus bisa beradaptasi di berbagai macam device dan ukuran layar. Agar pengalaman user menjadi lebih mulus, maka konsisten adalah kuncinya.

Keren: Ilustrasi dan Animasi

Siapa sih yang gak suka animasi keren dan ilustrasi unik?. Ilustrasi dan animasi bisa memberikan sentuhan personal dan menyampaikan pesan dengan lebih efektif. Dengan adanya penggunaan animasi pada UI/UX semua menjadi lebih interaktif sekaligus memberikan pengalaman yang menarik untuk user.

Seru: Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

AR dan VR bukan cuman buat gaming aja lho. Teknologi ini bakal banyak diterapkan pada website dan juga aplikasi. Bayangin deh kamu bisa cobain baju secara virtual sebelum membeli produknya atau bisa belajar tentang sejarah sambil mengunjungi tempat-tempat bersejarah secara virtual. Pengalaman yang immersive kayak gini pasti bikin kalian makin betah.

Keren: Design yang Ramah Lingkungan

Kesadaran akan ramah lingkungan menjadi aspek penting untuk Gen Z menentukan pilihannya. Begitu juga dengan tampilan UI/UX design yang mereka sukai, harus “ramah” dengan berbagai device, seperti adanya optimalisasi ukuran gambar dan video untuk mengurangi waktu loading dan menghemat battery device. User juga bisa memilih opsi dark mode untuk menghemat baterai, karena energi yang dipakai sedikit ketika black pixel ditampilkan di layar OLED dan AMOLED.

Dengan memahami trend ini, para designer dan developer bisa lebih mudah menciptakan produk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan kita, tetapi juga sesuai dengan gaya hidup dan selera estetika kita. Mari kita selami dunia UI/UX design yang keren, seru, dan canggih ini di Purwadhika nih, dengan hanya 12 minggu kamu udah bisa jadi UI/UX designer yang keren, seru dan canggih. Kapan lagi kamu bisa belajar tanpa harus punya background digital, keren kan?


bagikan