purwadhika-logoPurwadhika Logo
hamburger-menu

SimilarWeb, Tools Andalan Anak Digital Marketing!

Afrizal Kresnadi Hilmy

07 June 2024

SimilarWeb,_Tools_Andalan_Anak_Digital_Marketing!.jpg

Setiap orang pasti punya tools andalan masing-masing buat bidang pekerjaan yang dilakoninya. Kalau skill udah ada, maka kamu hanya perlu tools buat menyempurnakan pekerjaanmu. Karena siapa sih yang gamau ketika pekerjaanmu bagus dan dipuji bos? hehe. Oleh karena itu kamu harus memiliki sesuatu yang bisa membantumu. Dan topik yang akan kita bahas adalah SimillarWeb, tools andalan anak Digital Marketing!

Mungkin SimilarWeb masih terdengar asing di kupingmu? atau mungkin sebagian ada yang tahu dan memakai alat ini juga. Jadi, mari kita simak bareng yaa. Jadi, SimillawWeb adalah alat untuk mengukur dan membandingkan website pesaing. Sebagai tools Digital Marketing, mengetahui jumlah pengunjung website lain secara mendetail meruparakan suatu hal yang sangat membantu pekerjaan Digital Marketing. Selain itu dengan keakuratanya, SimilarWeb dapat membantu para Digital Marketer mengkoleksi data untuk membuat rencana marketing yang mantap ketika presentasi ke bos.

Cara Memakai SimilarWeb

Sebenarnya SimillarWeb sebagai alat itu bagaimana cara menggunakanya? mari kita simak ya. SimillarWeb bentukanya adalah website. Jadi langkah pertama langsung saja kunjungi web simillarweb.com dan memilih free trial bagi yang pertama kali menyentuh SimilarWeb dan bisa langsung membuat akun. Atau bagi kamu si ambisius, bisa langsung berlangganan atau membeli paket tertentu. Apabila kamu yang sudah mempunyai list Benchmark atau pesaing, bisa Langsung tulis website pesaing di kolom Pencarian. Setelah itu kamu bebas Mengecek segala insight untuk Dijadikan sebuah data yang Bermanfaat dan bisa Membantu Strategi marketing hingga Eksekusi.

Kenapa Harus SimilarWeb?

Sebagian orang butuh insight Perbandingan website pesaing lain dengan website pribadi. Sebagian orang lagi yang sedang bekerja di agensi atau ingin kerja di agensi mesti tahu bahwa insight Perbandingan website pesaing bos kamu nanti akan menjadi data penting. Ibarat kamu akan mencari makanan di malam hari, dari Banyaknya brand makanan kamu harus tau mana yang kamu pilih dengan Membandingkanya. Bagi yang sudah tau atau yang belum tau, Website adalah wajah suatu brand yang salah satunya Berfungsi untuk membuat orang percaya. Kalau bahasa yang gaul Inggirsnya adalah "It's all about Trustworthy". Maka dari itu, alasan para Digital Marketer Membandingkan website lain adalah untuk mencari problem yang Dimiliki website pribadi atau tempat kerja dan apa yang harus diubah. Referensi itu penting, tapi yang tak kalah penting adalah Bagaimana kita Menjadikan website kita menjadi lebih baik dan tepat untuk target Kostumer. Inilah mengapa SimilarWeb menjadi senjata Digital Marketing.

Alternatif Selain SimilarWeb

Alternatif_Selain_SimilarWeb.jpg Sebagaimana segala sesuatu pasti memiliki perbedaan dan beragam hal yang ditawarkan. Maka, ada beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan selain SimilarWeb.

  • Ahrefs. Berbeda dengan SimilarWeb, tools bernama Ahrefs tidak Menawarkan Pencarian gratis untuk Melakukan Perbandingan website pesaing. Walaupun begitu, semua adalah tentang pilihan. Ahrefs pun Menawarkan fitur yang tak kalah berguna yaitu Membantu user untuk Mengetahui Keywords yang relevan Terhadap pasar atau Topik-Topik artikel yang sedang ramai tetapi sedikit pesaing. Website inipun bisa menjadi senjata Digital Marketing kamu.

  • Alexa, Selanjutnya, alat cek traffic website lainnya yang cukup terkenal adalah Alexa, yaitu alat web analytics yang dimiliki oleh Amazon. Alat ini populer karena fitur Website Traffic Statistics-nya sering dijadikan rujukan untuk cek traffic website. Cara menggunakannya pun cukup sederhana. Masukkan domain yang ingin Anda analisis ke alat Website Traffic Statistics, lalu Anda akan melihat berbagai metrik terkait keyword dan traffic. Untuk melihat data traffic yang lebih detail, Anda bisa mengklik tombol Traffic Metrics.

  • Ubersuggest menyediakan fitur analisis SEO yang lumayan lengkap dan juga interface yang ramah pengguna. Anda dapat menggunakannya secara gratis, walaupun ada opsi upgrade untuk mendapat fitur yang lebih lengkap.

  • Google Analytics. Bagi pemilik website, Google Analytics adalah alat yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Dengan alat ini, Anda dapat memahami karakteristik traffic website Anda sedetail mungkin. Anda juga dapat menggunakannya secara gratis. Sayangnya, alat ini hanya bisa digunakan untuk menganalisis website Anda saja. Sehingga, Anda tak bisa menggunakannya untuk melihat traffic domain lain. Sebelum bisa menggunakannya, buatlah akun Google Analytics terlebih dahulu. Lalu hubungkan dengan website Anda.

Kesimpulan

Kesimpulanya, kamu bisa dengan bebas memilih senjata kerjaan Digital Marketing-mu dengan bebas. Pilih hanya SimilarWeb atau Dibarengi tools lainya sesuai Nyamanya kamu saja. Perlu diingat bahwa sejago dan Sebagusnya ide pun tetap butuh senjata untuk Menembak Sasarannya. Sasaran disini adalah audience yang akan kita beri Penyampaian atas konten yang akan dibuat. Oleh karena itu bagi kamu yang sedang Menjalani Pekerjaan Digital Marketing atau ingin menjadi seorang Digital Marketer, kamu harus tau alat apa yang kamu pilih sesuai Kebutuhan dan Kenyamanan.


bagikan