purwadhika-logopurwadhika-logo

SEO Specialist Wajib Lakukan Hal Ini, Agar Artikel Ranking Teratas

Rifka Nurlistiani

22 July 2024

6_SEO_Specialist_Wajib_Lakukan_Hal_Ini_Agar_Website_Ranking_Teratas_c4d150d048.jpg

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses mengoptimalkan website untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk istilah pencarian yang relevan. SEO bisa membantu meningkatkan visibilitas dan traffic website agar dapat menghasilkan prospek dan penjualan, serta meningkatkan kredibilitas dari website tersebut.

Saat ini orang-orang yang bekerja untuk mengoptimasi website disebut SEO specialist, pekerjaan nya mulai dari meriset, mengoptimasi teknik, hingga menganalisis website.

SEO-pict-1024x1024.png

Sebagai seorang SEO specialist, kamu wajib tau strategi apa yang harus dilakukan agar website kamu bisa muncul di halaman pertama, dan hasilnya website pun akan banyak dikunjungi. Sebagai seorang SEO specialist tidak ada ilmu pasti yang harus diterapkan, tapi kita harus selalu mencoba bereksperimen dengan cara-cara yang baik menurut Google agar artikel berada di peringkat teratas.

Hal yang wajib dilakukan SEO specialist

Menurut artikel lain, ada tiga tingkatan dalam pengoptimalan mesin pencari, kamu bisa lakukan hal berikut agar dapat terus mengembangkan artikel atau bahkan memperbaiki artikel yang sudah ada.

  • Teknis

Untuk bagian teknis, strategi yang dilakukan adalah meningkatkan struktur backend dan fondasi situs web. SEO specialist bisa memulai optimasi dari menganalisis situs web secara menyeluruh agar dapat meningkatkan kecepatan situs web, pengindeksan, kemampuan merayapi, dan penampilan situs web yang user friendly. Untuk menganalisa situs web, kamu bisa menggunakan Google Analytics dan Google Search Console. Jika halaman website sudah user friendly maka akan meningkatkan pengalaman yang bagus bagi pengunjung website, ini akan menunjukkan pada mesin pencari dalam hal ini google bahwa website ini bagus dan terpercaya.

  • On Page SEO

SEO on-page adalah segala sesuatu yang dapat kamu kendalikan secara langsung di situs web, termasuk konten, tag judul, penggunaan kata kunci, meta description, alt image, internal link , dan URL. Hal ini dapat membantu meningkatkan traffic mesin pencari dan memastikan situs web berada di bagian atas hasil pencarian Google. Ditahun 2024 ini, sebagai seorang SEO specialist, kamu perlu mengoptimalkan konten dengan cara, pengalaman visitor mengunjungi website, bounce rate, kecepatan memuat halaman, tujuan penelusuran dan CTR (Click Through Rate).

  • Off Page Optimization

Merupakan tindakan pengoptimasian artikel diluar web untuk dapat mempengaruhi peringkat di halaman mesin pencari (SERP). Pengoptimalan off-page juga mencakup strategi untuk membangun reputasi situs web untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs web adalah sumber tepercaya. Sebagai seorang SEO specialist perlu mengetahui bagaimana semua tingkatan optimasi mesin pencari berkontribusi pada seberapa menonjol peringkat situs web di antara hasil pencarian Google. Tindakan yang biasa dilakukan untuk mengoptimasi off page seperti, outbound link, anchor text, merekomendasikan artikel di sosial media.

Terus gimana cara belajarnya?

Dari penjelasan diatas, ini belum sepenuhnya dijabarkan, karena SEO cukup menarik untuk dipelajari. Setelah membaca artikel ini dan tekad mu semakin bulat untuk menjadi SEO specialist, kamu bisa memperdalam ilmu SEO di Purwadhika. Disini kamu akan belajar mulai dari basic sampai teknik yang biasa dilakukan oleh ahli SEO di industri yang terus berkembang. Purwadhika juga mempersiapkan talenta terbaik agar siap menghadapi era baru di masa depan.

Nggak perlu khawatir, saat ini Purwadhika memiliki harga menarik dengan berbagai promo yang bisa kamu dapatkan, segera daftar sekarang dan dapatkan potongan harga nya.


bagikan