purwadhika-logopurwadhika-logo

Penjelasan Tentang Visual Designer Adalah dan Jobdesk Terbarunya

Nawfal Pradana

27 June 2023

Visual Designer Adalah

Kamu pasti pernah mendengar pekerjaan menjadi visual designer atau graphic designer, pekerjaan ini cocok untuk kamu yang menyukai desain apalagi lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Nah tapi kamu sebenarnya tahu gak pekerjaan visual designer itu apa dan tanggung jawabnya? Dan perbedaanya dengan Graphic Designer? Di artikel ini kita bahas tentang tentang visual designer

Visual Designer Adalah

Gabungan dari UI designer dengan graphic graphic, pekerjaan ini memiliki fokus pada desain visual yang akan dilihat user di layar. Dengan kata lain pekerjaan ini akan banyak mengerjakan tampilan website, tapi akan sedikit berbeda dengan web designer. Visual designer akan membuat semua visual untuk brand sedangkan web designer hanya tampilan webnya saja seperti tata letak dan pemilihan tombol.

Tujuan dari visual designer adalah untuk meningkatkan daya tarik audiens kepada brand yang mereka kembangakan melalui desain visual yang informatif dan menarik. Jadi mereka yang akan menentukan konsep secara menyeluruh untuk membuat sebuah brand lebih menarik.

Tugas dan Tanggung Jawab Visual Designer

Setelah memahami apa itu visual designer, kita masuk ke pembahasan ruang lingkup kerja dan apa yang mereka kerjakan. Tugas dan tanggung jawab dasar visual designer adalah membuat desain digital secara keseluruhan untuk sebuah brand.

Nah mungkin kamu bertanya lagi apa yang membedakan dengan desainer lain? Jika kita membahas desainer lain mereka hanya mengerjakan pada satu bidang tertentu. Seperti contohnya UI designer hanya membuat desain UI dan UX designer hanya membuat desain untuk UX, sedangkan Visual Designer mencakup lebih luas dari itu.

Tapi memang mereka memiliki tujuan yang sama, menurut Interaction Design Foundation tujuan mereka untuk menambah daya tarik visual dan penggunaan produk melalui elemen desain seperti ilustrasi, tata letak, warna, tipografi, dan warna.

Visual designer akan bekerja dengan banyak pihak mulai dari tim product dan marketing sampai dia akan memiliki tim desainnya sendiri untuk mengintegrasikan keinginan stakeholder.

Skill yang dibutuhkan

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Visual Designer. Untuk menjadi visual desainer yang mumpuni kamu membutuhkan beberapa skill yang bisa membantu kamu dalam bekerja. Nah skill yang dibutuhkan visual designer adalah:

Kreativitas

Sama halnya seperti pekerjaan di bidang seni lainnya, kreativitas menjadi kemampuan dasar yang wajib dimiliki. Hal ini karena kreativitas menjadi penunjang utama dari hasil desain visual yang akan kamu buat. Tapi tenang aja, kreativitas bisa dilatih kok dengan melihat beberapa referensi design yang sudah berhasil.

Bisa berpikir kedepan

Karena visual designer harus membuat desaign yang cakupanya luas, mereka harus bisa membuat strategi kedepan. Agar semua desainnya align untuk semua bidang. Selain itu kamu harus memiliki pola pikir yang out of the box dan unik, karena tujuannya adalah meningkatkan daya tarik audiens.

Komunikasi

Komunikasi menjadi kunci karena sebagai visual designer kamu akan bekerja dengan banyak tim lain. Kamu juga akan menjadi pihak penengah untuk tim designer mu sendiri, agar semua designnya align skill komunikasi ini sangat perlu ditekankan

Dapat menggunakan tools design

Ini adalah hardskill yang memang wajib dimiliki, karena pengerjaan mendesain sangatlah teknis jadi kamu harus bisa memahami toolsnya. Bukan hanya itu kami juga harus bisa mengatur penggunaan tools agar bekerja menjadi efisien, karena mungkin tidak semua tools ada disetiap perusahaan.

Kemampuan beradaptasi

Kemampuan ini perlu kamu miliki karena ketika bertemu dengan tim lain kamu harus bisa menyesuaikan dengan siapa lawan bicaramu. Selain itu secara designer kamu juga harus bisa beradaptasi jika diminta untuk merubah total. Karena kebutuhan di setiap waktu dan tim dapa berbeda, jadi dengan skill beradaptasi kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Perbedaanya Visual Designer dan Graphic Designer

Banyak mempertanyakan perbedaan antara visual designer dengan graphic designer, karena keduanya memang terbilang mirip yaitu sama-sama mengerjakan design visual. Tapi ternyata kedua pekerjaan ini sangatlah berbeda, nah berikut ini perbedaan graphic designer dan visual designer adalah:

Tanggung Jawab

Graphic designer memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pesan melalui sebuah desain yang menarik. Penyampaian pesan ini mencakupi tipografi dan unsur desain lainnya. Di sisi lain visual designer memiliki tanggung jawab untuk menciptakan persona sebuah brand dari desain visual yang mereka buat. Dengan kata lain, visual designer bertanggung jawab untuk membuat persepsi brand tersebut.

Teknis Pekerjaan

Untuk pekerjaan sehari-hari biasanya graphic designer akan menangani banyak publikasi seperti iklan, infografis, media cetak, desain untuk sosial media, dan lain-lain. Jadi mereka akan menangani hal yang bersifat harian dan dengan elemen desain yang menarik untuk menyampaikan pesan.

Sedangkan Visual designer hanya mengerjakan design visual digital saja, jadi mereka akan membangun desain untuk memperkuat brand. Maka dari itu visual designer akan menggabungkan banyak prinsip desain yang bisa memperkuat branding seperti UI/UX design dan product design

Aplikasi yang Digunakan

Secara garis besar aplikasi yang digunakan adalah aplikasi design, tapi tetap merdeka menggunakan aplikasi yang berbeda. Seperti contohnya graphic designer untuk sehari-hari menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Lightroom, dan lain-lain.

Sedangkan visual designer biasanya menggunakan aplikasi yang mirip dengan UI/UX dan produk designer yaitu Figma, Adobe XD, Sketch, Whimsical dan lain-lain


bagikan