purwadhika-logoPurwadhika Logo
hamburger-menu

Mau Gaji Besar dan Bisa WFH? Jurusan Sains Data Jawabannya!

Hanifah Lidzikri

17 July 2024

Mau_Gaji_Besar_dan_Bisa_WFH_Jurusan_Sains_Data_Jawabannya_eff9120c4e.jpg

Gaji besar? Siapa yang gak mau. Bahkan diprediksi sains data adalah salah satu bidang teknologi yang pertumbuhan gajinya terbesar loh. Plusnya lagi bisa kerja remote atau work from home. Kurang apa lagi? Kenalin jurusan yang lagi hype banget diera digital kaya sekarang, yaitu Jurusan Sains Data. Now days, data tuh PENTING BANGET buat perusahaan maupun pelaku usaha. Data yang dimiliki juga banyak, tapi belum diolah. Maka disinilah peran sains data bekerja, mengolah data yang sudah ada menjadi informasi yang berharga. Jurusan Sains Data adalah jurusan yang mengkolaborasikan ilmu matematika, statistik, dan komputer tentang skala jenis besar (big data). Data yang besar tersebut disebabkan oleh adanya peningkatan jumlah, variasi, dan kecepatan yang dihasilkan oleh teknologi. Peran sains data adalah mengolah data tersebut agar menghasilkan informasi.

Gradient-Mobile-Banking-Infographic-819x1024.jpg

Keuntungan dari Jurusan Sains Data

Lulusan Jurusan Sains Data memiliki banyak keuntungan, dari banyak keuntungan yang kamu dapatkan, tentu keuntungan yang paling menarik adalah banyaknya lapangan pekerjaan baik di dalam maupun di luar negeri dengan gaji yang menggiurkan. Gaji fresh graduate sains data di Indonesia berkisar antara 8-15 juta/bulan. Selain itu banyak profesi pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan sains data, antara lain data scientist, machine learning engineer, application architecture, data architecture, hingga business intelligence developer.

Pelajaran dan Skill yang akan Didapatkan

Pada umumnya yang dipelajari di Jurusan Sains Data adalah ilmu-ilmu yang berkaitan dengan statistika, matematika, dan komputer. Beberapa mata kuliah yang berkaitan antara lain kalkulus, data science, data mining, analisis data, peluang, hingga bahasa pemrograman.

Selain itu skill yang diperlukan untuk menguasai sains data terbagi menjadi beberapa skill, yaitu keterampilan technical, non-technical, matematika, dan pemrograman. Contoh skill technical antara lain big data, AI, visualisasi data, hingga devops. Skill non-technical yang dibutuhkan seperti critical thinking, interpretasi data, komunikasi, manajemen proyek, hingga kerjasama tim. Skill matematika yang dibutuhkan seperti algoritma, statistik, dan machine learning. Skill terakhir adalah pemrograman, meliputi bahasa pemrograman dan Saas.

Masih asing dengan skill-skill diatas? Atau takut karena ternyata sains data ada per-coding-an juga? Tenang jika kamu belajar sains data di Purwadhika, Purwadhika akan mengajari kamu dari dasar hingga expert dengan guru-guru yang sangat berpengalaman pada bidangnya, baik, dan sabar.

Rekomendasi Tempat Belajar

Pada umumnya kamu dapat mempelajari Jurusan Sains Data di universitas-universitas yang menyediakan jurusan tersebut, seperti Institut Pertanian Bogor. Tapi lama gak sih untuk mencapai S1nya dibutuhkan 4 tahun? Kamu tau gak kalo kamu bisa belajar lengkap tentang Data Science dan Machine Learning hanya 4 bulan aja? Yup gak salah kok, 4 TAHUN JADI 4 BULAN AJA. Caranya? Kamu bisa daftar di Purwadhika. Selain program sains data (atau data science and machine learning), ada program lainnya yang gak kalah keren loh. Ada full-stack digital marketing, full-stack web development, visual design, dan UI/UX design.

Jadi gimana, udah daftar?

Baca juga : Data Analyst Vs Data Science: Apa Bedanya?


bagikan