purwadhika-logopurwadhika-logo

Graphical User Interface adalah: Fungsi dan Manfaatnya

Jean Sundego

04 July 2023

Graphical User Interface adalah Fungsi dan Manfaatnya

Graphical User Interface atau bisa disingkat sebagai GUI mungkin terdengar asing di telinga kalian. Secara umum, User Interface (UI) lebih sering terdengar bagi kalian semua. GUI sendiri adalah bagian dari UI. UI menjadi standar dalam pengembangan interface bagi aplikasi ataupun website untuk pengguna. Tapi, apa yang menjadi pembeda bagi GUI itu sendiri? Artikel lengkap tersebut dapat dilihat pada tulisan dibawah ini.

Graphical User Interface (GUI) Itu Apa?

Graphical User Interface adalah sebuah sistem desain visual yang interaktif untuk sebuah software komputer. GUI sendiri menampilkan objek dari sebuah desain yang dapat menyampaikan informasi yang dibutuhkan dan mempresentasikan kerja dari pengguna. Melalui GUI, kita dapat mengetahui apakah input yang dilakukan pengguna telah diterima dan diberikan respon dalam bentuk visual.

Tampilan dari sebuah GUI dapat dilihat dari perubahan warna, visibilitas, ukuran, dan sejenisnya ketika terjadi sebuah interaksi dari pengguna terhadap aplikasi. Xerox Palo Alto adalah pengembang pertama dari GUI tepatnya pada tahun 1970. Selanjutnya, sistem GUI diterapkan ke dalam sistem Machitoshnya Apple dan juga sistem operasi Windows milik Microsoft.

Dengan ditemukannya GUI, dapat memberikan respon dari permasalahan yang dirasakan oleh pengguna. Jenis GUI yang bisa kalian lihat pada umumnya dapat dilihat pada interface sistem operasi yang biasa kalian gunakan adalah tombol, menu, scroll bar, kursor, dan masih banyak lagi jenisnya. Dan tak lupa juga GUI selalu berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman.

GUI Bekerja di Sistem

Cara kerja dari GUI sendiri direpresentasikan melalui elemen-elemen GUI yang berupa gambar. Elemen-elemen ini dapat dilihat seperti icon, window, dan juga menu. Komputer juga dapat menjalankan perintah seperti membuka, memindahkan dan juga menghapus file. Sistem GUI sendiri tidak hanya bekerja melalui perintah mouse, tetapi dapat dieksekusi melalui pintasan pada keyboard.

Tujuan dari GUI sendiri adalah untuk memberikan kemudahan bagi pengguna tanpa perlu memahami input kode untuk memproses perintah tersebut. Developer juga dapat mengubah tampilan interface sefleksibel mungkin tanpa mengubah fungsi yang ada.

Contoh GUI

Button

Button atau tombol pada elemen GUI yang dimaksud adalah pintasan pada keyboard. Pintasan keyboard berfungsi untuk interaksi ke perangkat lunak. Beberapa tombol dapat digunakan secara independen ataupun dikombinasikan. Contoh GUI dari tombol itu seperti ctrl+c dan ctr+v yang berguna untuk menyalin dan meletakkan file yang berhasil di salin pada perangkat.

Menu(H3)

Menu sebagai daftar pilihan yang ditampilkan kepada pengguna dan terdiri dari berbagai jenis icon program. Contohnya adalah file didalam menu yang dapat dipilih pengguna sesuai kebutuhan. Menu juga menampilkan icon program, fitur maupun file.

Dialog Box(H3)

Jenis dari window adalah dialog box biasanya menampilkan informasi tambahan dan meminta input pengguna. Pada umumnya ketika pengguna membuka dialog box, program akan menampilkan pilihan dalam bentuk dialog box berupa cut, copy, open, view, paste, dan lainnya.

Kelebihan GUI(H2)

Meskipun sistem GUI telah dikembangkan dari tahun 1970, sistem ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari GUI sendiri adalah membuat pengguna perangkat komputer lebih mudah menggunakan akses tools yang dibutuhkan. Karena GUI sendiri menyederhanakan sistem komputer agar dapat digunakan oleh pengguna dengan lebih mudah dan leluasa.

Selanjutnya dengan GUI, membuat tampilan aplikasi maupun sistem operasi menjadi lebih menarik. Interaksi yang dilakukan pengguna dengan perangkat juga menjadi lebih jelas dan juga penggunaan teknologi jadi lebih terbuka karena dapat diakses oleh siapapun.

Kekurangan GUI(H2)

Kekurangan daripada GUI pada umumnya adalah keterbatasan interaksi yang dapat dilakukan pengguna. Karena GUI memiliki sifat pre-programmed, sehingga pengguna hanya dapat melakukan interaksi yang sudah ditentukan oleh developer. Sistem yang sudah memiliki fungsionalitas yang telah diatur sedemikian rupa tidak dapat diganti oleh pengguna secara leluasa.

Juga sistem GUI dinilai lebih lambat dibandingkan command-based interface dan juga sistem ini membutuhkan penyimpanan yang lebih besar. GUI sendiri memiliki manfaat yang besar bagi pengguna karena memudahkan mereka menjalankan sistem, tetapi bagi sisi developer, mereka harus bekerja lebih ekstra untuk membuat desain yang bisa berfungsi dan dapat ditampilkan dengan GUI.

Meskipun GUI tidak begitu sempurna, tetapi teknologi ini sangat membantu pengguna dalam penggunaan program sehari-hari. Melalui GUI pengguna tidak perlu repot-repot menulis kode perintah untuk membuka atau menjalankan fitur-fitur dari program atau sistem. Pengguna hanya tinggal menekan icon atau tombol yang ada pada tampilan sistem.

GUI dari sistem operasi Windows adalah salah satu sistem operasi GUI paling user-friendly karena memberikan fitur dan tampilan yang menarik.


bagikan