purwadhika-logopurwadhika-logo

Figma Adalah: Fitur, Kegunaan, dan Manfaatnya

Jean Sundego

16 June 2023

 Figma Adalah: Fitur, Kegunaan, dan Manfaatnya

Figma adalah salah satu tools berbasis website yang digunakan untuk mendesain kapan saja dan dimanapun melalui internet. Pada umumnya Figma digunakan untuk mendesain interface dari sebuah aplikasi yang ingin dibuat. Dalam pengerjaan sebuah aplikasi baru, Figma dapat dimanfaatkan untuk membangun aplikasi tersebut bersama tim. Basis Operating System yang dapat menjalankan figma adalah Windows dan mac OS untuk desktop.

Fitur dari Figma berfokus kepada desain terkait User Interface (UI) dan User Experience (UX). Tampilan dari aplikasi dan pengalaman bagi pengguna ketika menggunakan aplikasi didapat dari pengembangan aplikasi melalui Figma. Beberapa tools yang memiliki kemiripan seperti Figma adalah Sketch dan Adobe XD dan yang membedakannya hanya pada fitur.

Figma Itu Apa

Bagi sebagian orang yang bingung, Figma adalah tools pendukung UI dan UX yang berbasis website yang digunakan untuk mendesain sebuah aplikasi. Figma pertama kali didirikan pada tahun 2012 dan perbedaan dari tools ini adalah tools yang berbasis cloud. Ini berarti Figma dapat diakses dimana saja asalkan desktop atau laptop terhubung dengan jaringan internet. Kelebihan Figma adalah memberikan kemungkinan bagi penggunanya untuk mendesain interface dari sebuah aplikasi secara kolaboratif dan real-time.

Pengerjaan secara kolaboratif berarti siapapun anggota tim yang memiliki akses ke Figma, dapat mengerjakan interface secara bersamaan. Figma juga adalah software gratis yang dapat digunakan oleh siapapun tanpa harus mengeluarkan biaya berlangganan. Figma juga memiliki aplikasi mobile dan pengerjaan didalam Figma dapat digunakan melalui smartphone. Tidak hanya itu, Figma juga memiliki paket berbayar bagi penggunanya yang sudah nyaman dalam penggunaan Figma.

Fitur yang diberikan jauh lebih lengkap serta memori penyimpanan projek tanpa batas yang dapat digunakan. Namun bagi Kalian yang masih dalam tahap belajar dan baru memulai portfolio, Kalian bisa memanfaatkan Figma secara gratis.

Fitur Yang Ditawarkan Oleh Figma

Fitur Yang Ditawarkan Oleh Figma.jpg Figma menjadi salah satu tools favorit yang biasa digunakan oleh para developer ketika ingin mengembangkan sebuah aplikasi. Fitur yang disediakan oleh Figma adalah Design, Prototyping, dan juga Design System.

Design

Fitur design yang disediakan oleh Figma memiliki beberapa fitur dan juga ada beberapa fitur yang tidak ditemukan di software lain. Modern Pen Tool adalah fitur pen tool yang memungkinkan pengguna menggunakannya dengan cara baru tanpa harus menghubungkan ke titik awal desain. Fitur kedua adalah OpenType. Fitur ini memungkinkan pengguna mengkostumisasi font pada aplikasi atau web.

Ketiga adalah Auto Layout. Pada fitur ini, pengguna dapat dengan mudah membuat layout secara otomatis. Fitur design terakhir adalah Plugins dan Widgets. Fitur ini dengan mudah mendukung keperluan desain pengguna. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat mencarinya melalui icons, chart, diagram, dan lainnya.

Prototyping(H3)

Fitur yang diberikan Figma ini membuat pengguna dapat melihat prototype dari desain yang telah dibuat. Fitur pertama dari Prototyping adalah Interactions. Terlebih lagi fitur ini memungkinkan kalian mengatur gaya pada tombol interaksi secara kasar maupun halus. Kedua adalah Mobile-Viewing. Hal ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mencoba prototype dari smartphone. Dynamic Overlays adalah fitur ketiga. Fitur ini akan membuat beberapa lapisan overlay untuk konten interaktif pada aplikasi. Fitur terakhir adalah Animated GIFs. Melalui fitur ini pengguna dapat menggunakan fitur GIF untuk desain bergerak ataupun animasi.

Design System

Pada fitur ini memberikan kemudahan aksesibilitas dan elemen pendukung lainnya kepada pengguna Figma. Melalui fitur library dan aset yang ditawarkan, pengguna dapat dengan mudah dan cepat mencari aset yang diinginkan. Everything In One Place adalah fitur pertama. Ketika file disimpan oleh 1 anggota tim, tim yang lain dapat dengan mudah membuka file yang disimpan. Fitur kedua adalah Copy, Code dan Go. Pengguna dapat dengan mudah meng-copy dan paste kode untuk memudahkan desain. Fitur terakhir yaitu Assets. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menggunakan konten dengan cara drag and drop.

Kelemahan Figma

Dari beberapa kelebihan dari Figma, terdapat juga beberapa kekurangan dari software pengembang aplikasi ini. Pertama, Figma hanya dapat digunakan jika koneksi internet yang ada memiliki koneksi yang stabil. Hal ini dikarenakan Figma yang terhubung melalui cloud dan jika pengguna ingin mengaksesnya harus mempunyai akses ke internet. Jika koneksi internet tidak stabil, pengguna akan merasa kesulitan dalam mendesain projek mereka pada Figma.

Kelemah kedua adalah Figma tidak memiliki alat desain yang dimiliki software lainnya seperti Adobe XD dan Sketch. Ketiga, bagi pengguna gratis Figma, mereka hanya memiliki akses terbatas dalam mengakses fitur-fitur Figma. Jika kalian adalah seorang professional, ada baiknya melakukan subscription untuk fitur-fitur yang disediakan oleh software. Tetapi jika Kalian hanya sebatas pelajar atau baru memulai belajar menggunakan Figma, fitur gratis ini masih dapat dimanfaatkan.

Terlebih lagi, kelemahan dari fitur gratis Figma adalah tempat penyimpanan yang terbatas untuk projek kalian. Hal ini akan menjadi kendala besar jika projek yang sedang dikerjakan memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Akun Figma gratis juga memiliki kendala lain seperti batasan kolaborator yang dapat mengerjakan projek bersamaan. Kelemahan terakhir dari software ini membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar dan graphic card yang sesuai.

Jika desktop atau laptop kalian masih menggunakan RAM 4GB, Figma akan bekerja dengan sangat sulit pada komputer kalian. Terlebih lagi jika graphic card yang digunakan bukanlah graphic card yang sesuai untuk kebutuhan desain. Karena semakin banyak projek yang dikerjakan, maka akan semakin rumit layout, desain dan projek aplikasi pada Figma. Hal ini yang mewajibkan setiap UI dan UX designer yang menggunakan Figma harus memiliki resource yang memadai.

Dan untuk memiliki perangkat yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan desain aplikasi tidaklah murah. Untuk laptop kelas menengah yang mampu mengerjakan projek Figma bisa memiliki harga dimulai dari 13 jutaan.

Cara Menggunakan Figma Bagi Pemula

Bagi Kalian yang penasaran dan ingin belajar UI UX design tapi ingin melakukan pengenalan terhadap toolsnya terlebih dahulu. Kalian dapat memulainya dengan cara mengunjungi lama Figma.com pada browser yang biasa kalian gunakan. Kedua, Kalian harus melakukan registrasi email Figma kalian, atau kalian bisa menautkan akun Google kalian ke Figma. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman dashboard. Setelah itu pilihlah paket starter untuk penggunaan gratis.

Setelah itu, Kalian akan diarahkan ke tampilan awal, tambahkan page untuk lembar kerja dan kalian bisa menggunakan template yang ada. Template ini berguna bagi Kalian yang ingin mempelajari fitur-fitur yang disediakan Figma. Setelah Kalian berhasil mempelajari fitur yang ada, kalian dapat menginstall plugin yang tersedia untuk fitur tambahan aplikasi kalian.

Saat kalian selesai mendesain aplikasi, lakukan prototyping untuk melihat bagaimana kinerja aplikasi Kalian jika dijalankan melalui smartphone. Tahap terakhir, Kalian bisa menyimpan hasil kerja ataupun mengekspor hasil projek ke berbagai format yang tersedia.


bagikan