purwadhika-logopurwadhika-logo

Fantastic Four dalam Copywriting: Apa maksudnya?

Dhia Arista Putri

16 April 2024

Fantastic Four dalam Copywriting Apa maksudnya.jpg

Ingin blog postmu meledak dan di kunjungi jutaan pembaca? Impianmu bukan hal yang mustahil untuk di capai! Melalui copywriting, kamu bisa dengan mudah memasang iklan di berbagai macam media online.

Dalam proses nya perlu trik khusus yang berbeda dengan jenis tulisan lainnya untuk menarik audiens, serta mendorong mereka melakukan aksi sesuai dengan harapan goals nya. Dengan formula copy writing yang tepat dan efektif dapat menarik audiens untuk klik dan masuk ke halaman brand, like hingga adanya konversi sales dari brand mu.

Dari sekian banyak formula copy writing, ini dia "Fantastic Four" formula yang efektif agar konten mu viral dan banjir klik :

1. Formula PAS

Teknik promosi iklan dengan pola PAS dinilai paling jitu menurut Socialbee.io, agensi digital ternama. PAS mampu mendorong hasrat audiens untuk tau atau kenal dan bahkan membeli produk. Secara lebih rinci, PAS dapat kamu artikan sebagai berikut.

  • Problem: Fokus pada masalah yang di hadapi audiens.
  • Agitation: Buat audiens merasa gelisah dan ingin segera mencari solusi.
  • Solution: Berikan solusi terbaik dengan produk atau layanan terbaikmu

Contohnya :

"Kamu sering telat bangun pagi dan kesiangan? (P). Keterlambatan bisa bikin kamu panik, stres, dan merusak citramu di kantor (A). Gunakan alarm pintar XYZ yang bisa bantu kamu bangun dengan segar di pagi hari (S)."

2. Formula Copywriting AIDA

Tak kalah dengan PAS, formula AIDA adalah salah 1 formula yang sering di pakai copy writer senior maupun pemula Model ini di percaya dapat fit untuk macam macam media iklan, mulai dari iklan digital sampai offline yang tampil di jalan. Model formula ini terdiri dari:

  • Attention: Berikan judul yang menarik dan lead yang kuat untuk menarik audiens.
  • Interest: Bangkitkan minat mereka dengan konten yang menarik dan juga relate
  • Desire: Buat mereka butuh produk atau layanan yang kamu punya.
  • Action: Dorong mereka untuk melakukan aksi, seperti membeli produk atau daftar ke newsletter.

Contohnya :

5 Rahasia Menulis Konten yang Viral (A). Pelajari bagaimana kamu bisa membuat konten yang menarik dan disukai banyak orang (I). Dengan konten yang viral, kamu bisa meningkatkan brand awareness, traffic website, dan sales (D). Daftar segera dan ikuti workshop untuk belajar cara menulis konten yang viral! (A).

Formula copy writing ini bisa diterapkan di banyak format konten, seperti iklan, landing page YouTube, email, dan media sosial. Esensi AIDA adalah coba tulisan yang jenaka, pedas, atau aneh untuk menarik mata pembaca.

3. Formula Copywriting 4C

Dalam copy writing, formula 4C adalah singkatan dari Clear (jelas), Concise (ringkas), Compelling (menarik), Credible (dapat di percaya). Kesimpulannya 4C adalah ormula yang wajib dikemas secara langsung guna menyasar inti pesan yang ingin kamu sampaikan.

  • Clear: Gunakan bahasa yang jelas dan mudah di pahami.
  • Concise: Buat kalimat yang pendek dan padat.
  • Compelling: Gunakan kata - kata yang menarik dan persuasif.
  • Credible: Tunjukkan bukti dan review agar lebih di percaya.

Contohnya :

Tingkatkan penjualanmu dengan strategi marketing digital yang sudah terbukti efektif (Clear). Dapatkan tips dan triknya di ebook gratis ini! (Concise). Jangan lewatin kesempatan ini untuk meningkatkan keuntungan bisnis mu! (Compelling). Telah terbukti bantu ratusan pengusaha capai target penjualan mereka (Credible).

4. Formula ACCA

ACCA adalah singkat dari Awareness, Comprehension, Conviction dan Action. Formula ini, menjadi andalan copy writer dalam meningkatkan brand awareness. Adapun contoh penulisan copy writing yang baik dan efektif berdasarkan formula ACCA ialah sebagai berikut.

  • Awareness : Menyadarkan audiens akan suatu masalah.
  • Comprehension :  Membahas lebih lanjut akan masalah tersebut.
  • Conviction : Mengajak konsumen memecahkan masalah.
  • Action : Menawarkan konsumen solusi dari masalah tersebut.

Contohnya :

Kulitmu kusam dan kering? (Awareness). Polusi dan paparan sinar matahari dapat merusak kulitmu (Comprehension). Serum anti-aging XYZ diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang aman dan efektif untuk mencerahkan dan melembabkan kulit (Conviction). Dapatkan diskon 20% untuk pembelian serum anti-aging XYZ hari ini! (Action).

Jadi, jangan ragu untuk pakai keempat formula diatas. Dengan menggabungkan kreativitas, relevansi, dan strategi, konten mu siap jadi viral dan banjir klik!

Mulai terapkan dalam konten mu dan lihat hasilnya !


bagikan