purwadhika-logopurwadhika-logo

Bongkar Mitos Konten Viral: Apa Sih yang Sebenarnya Dibutuhin?

Deva Hadinegara

10 July 2024

Bongkar_Mitos_Konten_Viral_a9b91dc637.png

Kamu pasti sering banget lihat konten-konten yang tiba-tiba viral di media sosial, kan? Mulai dari video lucu, meme kocak, sampai challenge yang bikin heboh. Tapi, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, apa sih yang bikin konten itu bisa viral? Yuk, kita bongkar mitos-mitos tentang konten viral dan cari tahu apa yang sebenarnya dibutuhin!

Mitos 1: Konten Viral Itu Kebetulan

Banyak yang bilang kalau konten viral itu cuma soal keberuntungan. Padahal, di balik kesuksesan konten yang viral, ada strategi yang matang, lho. Mulai dari timing posting konten yang pas, pemilihan platform social media yang tepat, hingga penggunaan hashtag yang relevan. Jadi, nggak cuma soal hoki, tapi juga tentang gimana kamu bisa merencanakan dan mengeksekusi kontenmu.

Mitos 2: Konten Harus Lucu Biar Viral

Memang, banyak konten lucu yang viral, tapi bukan berarti konten yang serius atau edukatif nggak bisa viral. Contohnya seperti konten Raymond chin yang berbicara tentang berita yang bertemakan keuangan dan bisnis aja bisa viral dan ditonton banyak orang. Asal kontenmu bisa menyentuh emosi atau memberikan nilai tambah buat orang lain, peluang untuk viral tetap besar. Jadi, nggak perlu memaksakan diri bikin konten lucu kalau itu bukan gayamu.

Mitos 3: Harus Punya Banyak Followers Dulu

Memang sih punya banyak followers bisa membantu, tapi itu bukan satu-satunya faktor yang menentukan konten bisa viral. Algoritma pada media sosial seperti TikTok, Instagram, atau Twitter bisa membuat kontenmu dilihat banyak orang meski followers-mu sedikit. Yang penting, pastikan kontenmu menarik dan relevan dengan audiens yang ingin kamu tuju.

Mitos 4: Konten Viral Itu Selalu Berkualitas Tinggi

Kualitas memang penting, tapi nggak selalu jadi penentu. Banyak kok, konten viral yang dibuat dengan alat sederhana seperti smartphone. Contohnya seperti Kekeyi yang pada saat itu viral dengan konten makeupnya yang hanya menggunakan smartphone aja lho. Yang lebih penting adalah idemu, kreativitasmu, dan bagaimana kamu menyampaikannya. Jadi, jangan takut memulai karena merasa alatmu kurang canggih.

Mitos 5: Semua Konten Viral Itu Original

Kenyataannya, banyak konten viral yang merupakan remake atau remix dari konten yang sudah ada. Yang bikin mereka sukses adalah bagaimana mereka memberikan sentuhan unik atau twist yang berbeda. Contohnya seperti trend Harlem Shake yang tiap videonya mempunyai ciri khasnya masing-masing Jadi, jangan takut untuk mengambil inspirasi dari trend yang sudah ada, lalu kembangkan dengan gayamu sendiri.

Apa Sih yang Sebenarnya Kita Butuhin Buat Viral?

Nah, setelah kita bongkar mitos-mitos tadi, yuk kita bahas apa aja yang sebenarnya dibutuhin biar kontenmu bisa viral:

Kenali Audiensmu

Pahami siapa yang kamu targetkan dan apa yang mereka suka. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang lebih relevan dan menarik buat mereka.

Buat Konten yang Mengundang Emosi Penonton

Konten yang bisa membuat orang tertawa, terharu, atau bahkan marah cenderung lebih mudah viral. Jadi, jangan takut untuk bermain dengan emosi!

Pilih Waktu yang Tepat

Timing is everything. Rilis kontenmu di jam-jam di mana audiens mu biasanya paling aktif di media sosial. Coba cek profile analytics atau insight akun sosial mediamu.

Ikuti Trend dan Riding the Wave

Ikuti trend yang sedang booming. karena bisa membantu kontenmu lebih mudah ditemukan. Berikan twist atau aspek pembeda di videomu, dengan begitu videomu bis stand out dari video-video yang sudah ada.

Interaksi dengan Followersmu

Balas komentar, ajak diskusi, dan libatkan audiensmu dalam kontenmu. Interaksi ini bisa meningkatkan engagement dan peluang agar kontenmu viral.

Memang, nggak ada yang namanya rumus pasti untuk membuat konten viral, tapi dengan memahami audiens, merencanakan strategi, dan terus berkreasi, maka akan kamu punya peluang yang besar untuk sukses. Nikmati prosesnya dan tetap jadi diri sendiri.


bagikan