purwadhika-logopurwadhika-logo

Apa Itu UI UX Designer? Penjelasannya dan Fungsinya

Jean Sundego

25 May 2023

Apa itu UI UX designer

Apa itu UI UX designer? Banyak diantara kita yang masih bingung tentang pekerjaan dan tanggung jawab dari seorang UI UX designer. UI UX designer sendiri adalah salah satu profesi yang cukup populer beberapa tahun ini di dunia teknologi dan informasi. Profesi ini menjadi sangat berkembang di era sekarang karena perkembangan globalisasi dan kebutuhan penggunaan aplikasi semakin meningkat.

UI adalah User Interface dan UX adalah User eXperience. UI UX memiliki tanggung jawab yang besar sebagai jembatan yang menghubungkan antara user dan apps developer. Sebelum masuk ke penjelasan tentang profesi UI UX designer lebih dalam, lebih baik mengenal sedikit apa itu UI dan UX.

Apa Itu UI UX?

UI dan UX adalah kedua hal yang berbeda dan sangat berkaitan antara keduanya untuk menciptakan hasil yang menarik. Kedua hal ini adalah komponen penting dalam mendesain wajah sebuah website ataupun aplikasi. Tampilan menarik pada sebuah website ataupun aplikasi akan menarik para calon pengunjung.

Apa Itu UI

UI atau bisa disebut sebagai User Interface memiliki fokus utama untuk mendesain tampilan dari sebuah website ataupun aplikasi. Pemilihan font, warna, dan peletakan box pada tampilan dengan tujuan untuk membuat tampilan lebih indah dan pengunjung menjadi betah. Fungsi dari UI itu sendiri adalah untuk menciptakan sebuah ikatan emosional kepada pengunjung melalui desain aplikasi atau website yang membuat mereka betah.

Apa Itu UX

User Experience atau UX memiliki fokus penting untuk meningkatkan kepuasan pengunjung terhadap website atau aplikasi. UX mengukur berapa lama pengunjung mengunjungi website, berapa klik pengunjung sampai dapat mengunjungi halaman yang diinginkan. UX adalah elemen yang penting pada suatu website ataupun aplikasi. Hal ini mencakup kedalam struktur, susunan, kemudahan pemindahan pengunjung dari satu halaman ke halaman lainnya, dan lainnya.

Perbedaan UI UX

Penerapan

Penerapan UI adalah UI dirancang untuk menampilkan desain yang estetik dengan warna yang konsisten, gambar, font yang bertujuan untuk mempercantik tampilan. Untuk UX sendiri berfungsi untuk mempermudah pengalaman pengunjung ketika mengunjungi website atau aplikasi.

Proses design

Proses design UI melalui proses riset agar design yang dibuat jadi lebih menarik dan sesuai dengan konsep dari produk. UI berfokus untuk menghasilkan tampilan yang menarik bagi pengunjung dan menjadikannya sebuah pengalaman yang menarik. Design UX juga melalui prose riset dari pengguna agar menghasilkan website atau aplikasi sesuai kebutuhan pengguna.

Komponen Design

Konsep ini memiliki arti dari UI berfokus kepada tampilan produk dimulai dari gambar, warna, tipografi, video, visual, tombol, dan lainnya. Komponen design dari UX berfokus kepada fitur, navigasi, design, dan struktur. Untuk tampilannya sendiri dimulai dari interface, copywriting, dan juga branding.

Tools Yang Dipakai

Baik UI ataupun UX memanfaatkan beberapa tools pendukung dalam pembuatan design website ataupun aplikasi. Untuk UI sendiri mereka memanfaatkan tools seperti Frames X, Adobe Photoshop, Figma, Flinto, dan sebagainya untuk design aplikasi. Sedangkan UX, memanfaatkan aplikasi prototyping untuk mendapatkan feedback secara langsung daripada pengguna. Contoh aplikasi prototyping yang biasa digunakan seperti InVision, Sketch, Mockups, Adobe XD dan lainnya.

Setelah penjelasan singkat tentang apa itu UI dan UX, dibawah ini adalah penjelasan dari UI dan UX designer.

Apa Itu UI UX Designer

UI UX designer adalah profesi yang bertanggung jawab dalam mendesain sebuah website atau aplikasi untuk kenyamanan pengunjung. UI designer adalah orang yang bertanggung jawab dan memastikan tampilan interface aplikasi sudah sesuai dengan tujuan dan proyek. Mereka adalah orang yang bertanggung jawab agar ketika pengguna menggunakan aplikasi , mereka merasa nyaman.

UX designer adalah profesi yang mendesain aplikasi berdasarkan pengalaman dari pengguna ketika menggunakan aplikasi. Mereka memastikan agar ketika pengguna menggunakan aplikasi, aplikasi sudah berjalan sesuai dengan logika yang jelas dan relevan sesuai kebutuhan pengguna. Pengalaman pengguna juga dapat diukur sampai mana kerumitan atau kemudahan pengguna ketika mengakses aplikasi.

Perbedaan UI UX Designer

UI Designer

UI designer melakukan pendekatan teknis dalam desain dan keestetikaan sebuah aplikasi ataupun website. Setelah itu mereka juga berfokus pada produk digital dengan mengelola tampilan visual dan beberapa titik sentuh aplikasi agar pengguna dapat dengan mudah berinteraksi.

Menggabungkan basis kombinasi tipografi, tombol, pewarnaan, animasi dan gambar dalam pengerjaannya. Terakhir UI designer menghasilkan sebuah aplikasi dengan estetika yang sesuai dengan harapan target pengguna aplikasi.

UX Designer

UX designer melakukan pendekatan terhadap pengguna terhadap desain aplikasi dan memfokuskan terhadap produk digital dan fisik. Pengalaman dari pengguna ketika menggunakan aplikasi terbaru selalu diawasi agar pengguna selalu mendapatkan pengalaman terbaik. Pembuatan aplikasi secara struktural dengan solusi pada tiap aktivitas pengguna ketika menggunakan aplikasi. Hal-hal ini mengarah kepada kepuasan pengguna dan keefektifitasan ketika menggunakan aplikasi.

Design UI UX Yang Baik Itu Seperti Apa

Design dari aplikasi yang baik adalah ketika pengguna menggunakan aplikasi atau website tersebut, pengguna mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, intuitif, dan efisien. Untuk mencapai hasil seperti ini, diperlukan keterlibatan pertimbangan tujuan, kebutuhan, dan juga keinginan dari pengguna saat mendesain website ataupun aplikasi. Design UI UX yang baik haruslah memfokuskan design mereka pada kemudahan bagi pengguna.

Hal ini bertujuan agar pengguna dapat mencari apa yang mereka cari di aplikasi secara mudah dan cepat. UI UX juga haruslah menarik secara tampilan, untuk menghindari pengguna mudah jenuh ketika mengakses aplikasi yang ada. Design UI UX yang baik haruslah mempertimbangkan bagaimana pengguna menggunakan aplikasi tersebut. Seperti penggunaan aplikasi melalui smartphone, tablet, komputer, ataupun platform lainnya.

Aplikasi yang dibuat harus dapat dibuka tanpa adanya masalah visual atau teknikal ketika dibuka di platform yang berbeda. Terakhir, UI UX yang baik haruslah memastikan bahwa tidak adanya kesalahan fatal ketika mengguna menggunakan aplikasi. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat menyelesaikan tugasnya tanpa merasakan kesulitan.

Skill Wajib Bagi UI UX Designer

Jika ingin menjadi seorang UI UX Designer yang profesional, kalian harus memiliki beberapa keahlian wajib seperti ini. Kalian harus memiliki kemampuan desain dan visualisasi dan memahami prinsip-prinsip desain dan mampu membawanya ke dalam tampilan digital. Bukan hanya kemampuan diatas, tetapi UI UX Designer harus mahir dalam membuat prototype dan testing dari aplikasi kalian untuk memastikan kualitas UX.

Kemampuan ini adalah hal wajib bagi UI UX designer karena mereka harus mampu memahami psikologi pengguna dan mengetahui bahwa design yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Skill komunikasi dan presentasi juga harus dimiliki untuk menjelaskan masalah teknis, solusi dan ide kepada tim dan klien. Pengetahuan tentang teknologi dan platform juga penting yang digunakan dalam pembuatan aplikasi dan website seperti HTML, CSS, dan JavaScript.

Dan terakhir, UI UX designer professional wajib mampu bekerja dan berkolabirasi dengan tim untuk mengembangkan dan memastikan produk sesuai dengan spesifikasi.


bagikan