purwadhika-logopurwadhika-logo

20 Rekomendasi Website dan Cara Buat Portofolio Online untuk Pemula

Nawfal Pradana

08 August 2023

Buat Portfolio Online

Ketika hendak melamar kerja biasanya kita akan menyerahkan CV yang berisikan pengalaman kerja, biodata, pendidikan, dan beberapa pengenalan diri singkat. Tapi ternyata dengan menyerahkan CV saja tidak cukup, kamu akan membutuhkan portofolio agar value diri kamu naik dan dilihat oleh perusahaan. Dengan bantuan teknologi, sekarang ada banyak cara untuk memberikan portfolio. Yaitu salah satunya dengan portfolio online, nah berikut ini kita akan membasah website untuk buat portfolio online yang sangat mudah digunakan.

Definisi Portofolio

Portofolio adalah kata serapan dari bahasa inggris yaitu Portfolio. Portofolio sendiri adalah sebuah rangkuman tentang hasil kerja kamu, rangkuman ini bisa tentang apa saja yang telah kamu kerjakan dan bagaimana cara kamu mengerjakannya. Jadi dengan kata lain Portofolio merupakan hasil kerja profesional kamu, sedangkan CV adalah rangkuman tentang diri. Pada portfolio ada banyak hal yang bisa kamu isi, sebisa mungkin kamu rangkum hal yang dari pekerjaan kamu yang sukses dan menarik. Karena dengan begitu bisa menambah value kamu, apalagi kalau kamu sedang mencari kerja karena akan membantu dalam meyakikan perkrut.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau kamu sekarang bisa buat portofolio online untuk projek yang telah kamu buat. Portofolio ini juga bisa kamu berikan kepada perekrut agar mereka bisa melihat dan memberikan pertimbangan dalam merekrut kamu. Nah untuk kamu yang bingung mau buat portofolio online dimana, ini dia beberapa rekomendasi website nya.

20 Website Buat Portfolio Online

20 Website portfolio Dalam membuat portofolio online kamu pastinya membutuhkan websitenya, nah beberapa website ini ada yang berbayar dan gratis. Selain itu kamu ada beberapa website yang diperuntukan untuk menyimpan hasil kerja kamu secara online agar orang lain bisa akses, jadi tidak bisa langsung membuatnya di sana.

Perlu diketahui beberapa website buat portofolio online ini memiliki kecenderungan terhadap bidang pekerjaan tertentu. Biasanya pekerjaan di bidang digital sangat memerlukan seperti UI/UX Design, Visual Design, Digital Marketing, dan masih banyak lagi. Jadi kamu harus memilah memilih mana yang cocok untuk bidang pekerjaan mu.

  1. Canva
  2. Weebly
  3. WIX
  4. Dribbble
  5. Behance
  6. Cargo
  7. IM Creator
  8. Adobe Portfolio
  9. Deviantart
  10. Carbonmade
  11. Coroflot
  12. Clippings.me
  13. Wordpress
  14. Siter.io
  15. Krop
  16. Format
  17. Notion
  18. Journo Portfolio
  19. Fabrik
  20. Pixpa

Kamu tinggal melakukan pendaftaran dan bisa langsung menggunakan website tersebut. Jenis dari website disebut juga berbeda-beda, salah satu jenisnya adalah ada yang kamu bisa membuat langsung portfolionya atau melakukan upload dari portofolio yang sudah kamu miliki. Buatlah portofolio yang menarik agar menarik minat rekruiters, nah jika kamu bingung untuk membuatnya berikut ini cara buat portofolio online yang menarik untuk pemula

Cara Buat Portfolio Online yang Menarik untuk Pemula

Portfolio yang bagus adalah portfolio yang bisa dipahami dan memiliki isi yang berkualitas. Karena jika portofolio kamu susah dipahami akan percuma. Untuk itu kamu perlu membuat Portofolio yang menarik

Buatlah Ringkasan Singkat Tentang Kamu

Agar orang yang melihat tertarik untuk mengenal kamu lebih dalam, masukan ringkasan singkat tentang dirimu. Buatlah kalimat yang lugas dan meyakikan agar orang lain bisa dengan cepat memahaminya. Ringkasan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan personal branding kamu. Isi ringkasan tersebut dengan personality, kebiasaan, dan kata-kata yang menggambarkan dirimu. Jangan terlalu melebih-lebih kan ringkasan tersebut, karena akan menjadi bumerang untuk dirimu. Masukan beberapa skill dan tools yang kamu kuasai, agar orang yang melihat mengetahui keahlian kamu.

Desain Portfolio yang Menarik dan Mudah Dipahami

Ini adalah aspek kunci dari dalam portofolio online, karena jika desain portofolio kamu susah dipahami akan menurunkan minat seseorang dalam melihatnya. Selain itu desain yang menarik akan menentukan value darimu, karena orang-orang bukan hanya melihat hasil kerjamu saja tapi juga akan menilai dari desain portofolionya. Ada banyak contoh dan tutorial portofolio bagus di internet yang bisa kamu jadikan referensi. Kamu harus perhatikan ukuran dan jenis font, kontras warna, penempatan konten dan ukurannya dalam melakukan desain portofolio.

Pilih Konten yang Terbaik

Ketika kamu ingin memasukan konten ke portofolio pilihlah hasil karyamu yang terbaik. Karena bentuk portofolio sebisa mungkin untuk singkat tapi padat, jadi kamu harus meterisasi karyamu yang terbaik. Selain itu gunakan teknik copywriting singkat dan pada juga, agar orang yang melihatnya bisa langsung fokus dan paham tentang apa yang coba sedang kamu coba untuk tampilkan.

Berikan Kontak Informasi yang Lengkap

Hal berikutnya adalah dengan memberikan kontan yang bisa dihubungi. Konten disini bisa berupa email, nomor handphone, dan sosial media. Agar orang yang tertarik dengan jasa yang kamu berikan bisa langsung menghubungi. Kamu tidak perlu memberikan alamat rumah yang lengkap, cukup berikan domisilinya saja.

Gunakan Visual Menarik dengan Kualitas Tinggi

Berikan beberapa unsur visual yang menarik agar portofolio mu tidak monoton. Tapi kamu perlu perhatikan tata letak dan kualitasnya, jika kamu ingin menambahkan gambar perhatikan resolusinya agar jelas terlihat. Komponen visual ini juga bisa menambah estetik yang akan bisa menambah value.

Pastikan Portofolio Bisa Diakses

Karena portofolio yang kamu buat berbasi online maka pastikan mudah diakses. Karena akan memudahkan bagi orang yang ingin melihatnya, selain itu kamu akan terlihat siap untuk menampilkan portofolio kepada publik. Gunakan beberapa website rekomendasi di atas untuk membuat portofolio online

Rekomendasi Contoh Portofolio Online

Setelah mengetahui cara dan ebiet untuk membuat portofolio online, apakah sudah siap untuk buat portofolio online kamu sendiri? Kalau kamu masih membutuhkan contoh buat portofolio online, berikut ini ada beberapa portofolio online yang bisa kamu jadikan referensi.

Bootcamp di Purwadhika Dibantu Bikin Portofolio

Nah sesuai dengan judulnya kalau kamu bootcamp di Purwadhika, akan dibantu untuk buat portofolio loh! Bukan cuma itu, setelah lulus kamu akan dicarikan kerja sampai dapat. Yuk langsung ek websiet Purwadhika untuk tahu info lebih lanjut dan dapatkan promo menarik. Klik link ini untuk menuju ke website Purwadhika


bagikan