purwadhika-logopurwadhika-logo

Menyelam Ke Dalam Pikiran User: Mengapa UX Research Sangat Kritis?

Deva Hadinegara

10 July 2024

Menyelam_Ke_Dalam_Pikiran_User_Mengapa_UX_Research_Sangat_Kritis_1_0296302137.jpg

Kamu pasti sering menggunakan berbagai aplikasi dan situs web setiap hari, kan? Pernah nggak sih kamu berpikir, bagaimana para desainer bisa menciptakan pengalaman pengguna yang begitu mulus dan menyenangkan? Rahasianya ada pada UX research yang mendalam. Yuk, kita bahas kenapa UX research itu sangat kritis dan kenapa kamu perlu mengetahuinya!

Pahami Kebutuhan Pengguna Secara Mendalam

Untuk menciptakan pengalaman user yang optimal, designer harus benar-benar memahami apa yang user butuhkan dan inginkan. UX research membantu mengulik insight ini melalui survei, wawancara, dan observasi langsung. Designer benar-benar mencoba memahami apa yang user pikirkan dan rasakan saat menggunakan produk. Dengan memahami user, designer bisa menciptakan produk yang relevan dan bermanfaat.

Menciptakan Desain yang User-Centric

Design yang baik selalu berpusat pada user, alias kamu!. UX research memastikan setiap elemen yang ada dalam design dibuat dengan mempertimbangkan bagaimana user akan berinteraksi dengan produk tersebut. Gimana hasilnya? Sebuah interface yang intuitif dan mudah digunakan, membuat pengalaman user semakin menyenangkan. Jadi, nggak akan ada lagi tuh cerita bingung atau frustrasi saat menggunakan aplikasi atau situs web favorit kamu.

Mengidentifikasi dan Mengatasi Masalah

Enggak ada produk yang sempurna sejak awal. Melalui UX research,designer bisa mengidentifikasi masalah yang mungkin nggak terlihat pada pandangan pertama. Misalnya, seperti masalah kenapa tombol "Beli" terlalu kecil atau kenapa navigasi di aplikasi terasa membingungkan. Dengan menemukan dan mengatasi masalah yang ditemukan, designer bisa memastikan kamu memiliki pengalaman yang mulus tanpa hambatan.

Meningkatkan Kepuasan User

Siapa sih yang nggak suka kalau kebutuhannya terpenuhi dan masalahnya cepat terselesaikan? UX research membantu menciptakan produk yang benar-benar memenuhi ekspektasi user. Ketika user puas dengan pengalaman menggunakan sebuah aplikasi atau situs web, User jadi lebih setia dan cenderung merekomendasikannya ke teman-temannya. Dan itu semua dimulai dari UX research yang baik.

Mendukung Inovasi dan Kreativitas

UX research enggak cuman soal menemukan masalah, tapi juga tentang menemukan peluang baru. Dengan memahami user secara mendalam, designer bisa menemukan cara-cara inovatif untuk membuat produk yang lebih baik dan lebih kreatif. Misalnya, fitur-fitur baru yang kamu nggak pernah bayangkan sebelumnya tapi ternyata sangat membantu dan menyenangkan.

Menghemat Waktu dan Biaya

Melakukan UX research di awal proses design bisa menghemat banyak waktu dan biaya. Bayangkan kalau kamu sudah merilis produk tapi ternyata banyak yang nggak suka atau merasa kesulitan menggunakannya. Harus selalu revisi dan memperbaiki produk yang sudah diluncurkan pasti memakan banyak waktu dan biaya, kan? Dengan UX research , masalah yang kamu alami ini bisa dicegah sejak awal.

Nah, itu dia kenapa UX research sangat kritis. Bukan cuma soal estetika atau tampilannya yang keren, tapi tentang bagaimana membuat pengalamanmu sebagai user menjadi luar biasa. Dengan memahami user secara mendalam, designer bisa menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Jadi, lain kali user bisa menikmati aplikasi atau situs web yang keren, ingatlah bahwa semua itu berkat UX research yang mendalam dan tepat sasaran.


bagikan