purwadhika-logopurwadhika-logo

Job Desk Digital Marketing Terlengkap Dan Jenjang Karir Kedepannya

Nawfal Pradana

06 June 2023

 job desk digital marketing

Perkembangan teknologi yang pesat membuat kita harus memanfaatkan kesempatan ini untuk membantu perkembangan perusahaan. Salah satunya dengan menggunakan digital marketing. Tapi sebenarnya apa sih job desk digital marketing? Nah kali ini kita akan membahas job desk digital marketing secara lengkap

Definisi Digital Marketing

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai job desk digital marketing, kita ketahui dulu definisi digital marketing. Menurut Hubspot, digital marketing adalah pemasaran online, mengacu pada semua upaya pemasaran yang terjadi di internet. Banyak perusahan memanfaatkan saluran digital seperti search engine, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan. Ini juga termasuk komunikasi melalui pesan teks atau multimedia.

Selain itu digital marketing memiliki banyak manfaat salah satunya adalah kita bisa menargetkan sendiri target market yang diinginkan, terukur, dan efisien untuk menjalankan marketing plan. Tapi kamu harus ingat kalau digital marketing memiliki banyak tugas berdasarkan  jenisnya, yuk kita bahas lebih detail job desk dan tanggung jawabnya.

Job Desk Digital Marketing dan Tanggung Jawab, Berdasarkan Jenisnya!

Digital marketing bisa berjalan karena banyaknya jenis dan komponen pendukungnya. Jenis tersebut bergabung menjadi satu sehingga menghasilkan kerjasama untuk menjalankan marketing plan. Meski begitu tugas dan tanggung jawab ini bisa berbeda di setiap perusahaan dan model bisnis. Nah agar pekerjaan digital marketing tidak saling tumpang tindih, yuk kita bahas job desk digital marketing berdasarkan jenisnya. 

Sosial Media Marketing

Dimulai dengan salah satu pekerjaan yang populer di bidang digital marketing, Sosial Media Marketing atau SMM memiliki job desk dasar membangun brand awareness di platform sosial media. Hal ini dilakukan agar perusahaan kamu lebih cepat dikenal oleh orang-orang. Menurut data dari Datareportal tahun 2023 terdapat 167 juta pengguna aktif sosial media di Indonesia. Jadi penting bagi sebuah perusahaan memiliki sosial media untuk memanfaatkan pengguna aktif tersebut. Selain tugas utama tersebut tanggung jawab lainnya adalah membuat dan memasarkan konten yang menarik dan melakukan interaksi dengan followers.

SEO Specialist

Sejatinya SEO atau Search Engine Optimization specialist memiliki tujuan untuk mengoptimasi website perusahaan agar muncul di halaman utama dari Google search. Untuk job desk detailnya. SEO Specialist akan memulai pekerjaan dengan keyword research, membuat konten untuk website, meningkatkan traffic website, dan semuanya yang berkaitan dengan website. Tapi perlu diingat semua yang dilakukan oleh SEO specialist adalah organik, jadi tidak ada biaya yang dikeluarkan.

SEM Specialist

Berbeda dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing memiliki tugas untuk menempatkan iklan yang diberbagai platform digital. Secara tujuan mungkin ada kemiripan yaitu memunculkan website perusahaan ada dihalaman depan Google Search, tapi perbedaanya mendasarinya adalah SEM menggunakan biaya untuk pemasangan iklan. Jadi yang SEM kerjaan tidaklah organik, selain itu mereka memiliki job desk untuk menentukan strategi pemasangan iklan, memantau tren beriklan secara digital, dan bertanggung jawab untuk menangani budget iklan perusahaan.

KOL Specialist

Jenis pekerjaan digital marketing yang satu ini memiliki job desk untuk mencari, menangani, dan mengatur Key Opinion Leader atau KOL. Mereka bertanggung jawab untuk menghadirkan KOL ketika ada kebutuhan dari perusahaan. KOL sendiri semakin populer karena seseorang memiliki potensi lebih besar untuk membeli suatu produk jika ada public figure yang mempromosikan atau menggunakannya. Dengan kata lain KOL bisa mempengaruhi keputusan membeli seseorang.

Content dan Copywriter

Banyak dari kamu pasti sering tertukar di antara keduanya, mungkin memang ada kemiripan antara keduanya karena sama-sama bekerja menggunakan kata-kata. Tapi biasanya platform yang digunakan berbeda, content writer lebih sering digunakan untuk platform sosial media dan copywriter biasanya untuk billboard, TV atau radio, dan platform digital marketing lainnya. Job desk utama mereka memang sama yaitu membuat kata-kata yang menarik dan persuasif agar calon pelanggan tertarik dengan konten atau produk yang sedang dipasarkan. Tujuan marketing mereka sama, hanya terkadang platform yang digunakan berbeda.

Digital Marketing Executive

Mungkin posisi ini tidak selalu ada di beberapa perusahaan, tapi biasanya job desk dari posisi ini adalah membuat strategi digital marketing secara menyeluruh dan jangka panjang, membuat rencana dan menjalankan marketing plan, melakukan observasi atas campaign digital yang sedang berjalan, dan menganalisa data dari digital marketing plan yang telah dijalankan.

Email Marketing Specialist

Seperti namanya bidang ini memiliki job desk yang berkaitan dengan email, seperti membuat, merancang, memelihara email tim marketing. Mereka juga memiliki job desk untuk mengirimkan promo tiap campaign yang berjalan agar pelanggan mengetahuinya. Biasanya mereka akan mengirimkan email promo menarik atau khusus bagi pelanggan setia. 

Jenjang Karir dalam Digital Marketing

Steleha mengetahui job desk digital marekting, kita akan membahas jenjang karir digital marketing dan prospek kedepannya seperti apa. Tapi perlu kamu ketahui bahwa level dan sebutan ini bisa berbeda di setiap perusahaan, yuk kita simak penjelasan detailnya:

Entry Level

Untuk yang baru mulai terjun ke dalam dunia digital marketing, kamu akan mulai di entry level terlebih dahulu. Nah biasanya level ini mmeiliki job title seperti staff atau junior. Biasanya level pekerjaan ini hanya memiliki 0-1 tahun masa kerja, dan kamu akan belajar banyak hal tentang digital marketing disini. Posisi ini penting agar kamu memahami langkah kedepannya yang akan kamu ambil dalam bidang digital marketing.

Specialist Level

Specialist biasanya satu level diatas entry level dengan pengalaman kerja 1-3 tahun. Biasanya setelah selesai dari entry level kamu akan menjadi specialist. Pekerjaan di level ini biasanya memiliki job title Specialist yang menandakan kamu sudah expert secara teknis di pekerjaan ini.

Senior dan Lead Level

Setelah kamu menyelesaikan jenjang karir di level specialist, setelahnya kamu bisa menjadi lead atau senior level. Pada level ini tugas dan tanggung jawab akan semakin besar. Meski begitu tidak semua perusahaan memiliki posisi ini, hanya perusahaan dengan skala besar yang memilikinya. Di level ini kamu akan sering membuat strategi dan analisa tentang campaign yang berjalan, mungkin kamu tidak akan menjalankannya secara detail tapi kamu yang bertanggung jawab selama campaign ini berjalan.

Manager Level

Seorang yang sudah berada di level manager biasanya memiliki peran yang sangat strategis dalam perusahaan. Kamu akan banyak mengawasi jalannya marketing plan di semua platform. Selain itu untuk berada di posisi ini kamu harus memiliki hard skill dan soft skill yang tinggi, karena tanggung jawab tim pemasaran suatu perusahaan ada di posisi ini. 

Cara Menjadi Digital Marketer

Cara Menjadi Digital Marketer

Untuk memulai karir menjadi digital marketer, ada banyak caranya mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Kamu bisa memulainya dengan membaca artikel di Blog Purwadhika atau sumber terpercaya lainnya, selain itu kamu bisa mencari podcast dan video Youtube tentang digital marketing agar belajarnya bisa lebih seru. Kalau kamu sudah siap untuk mempelajari lebih dalam bisa ikut sertifikasi gratis dari Google atau short course gratis lainnya. Nah tapi kalau kamu mau yang paket lengkap biar bisa langsung berkarir di dunia digital marketing, coba aja ikutan Job Connector Bootcamp Digital Marketing di Purwadhika. Soalnya kamu akan belajar semuanya dari nol dan bisa dari background apapun.

Selain itu hal paling penting untuk menjadi digital marekter profesional adalah kamu perlu real project untuk melatih skill yang kamu sudah pelajari, karena akan sia-sia kalau kamu tidak mempraktekannya. Kebetulan kamu juga akan mendapatkan real client dan dibantu membuat portfolio agar lebih kredibel. Oh iya kamu juga bisa mencicil biaya bootcamp sampai 12x dengan Danacita .


bagikan