purwadhika-logopurwadhika-logo

Apa yang Dimaksud Dengan Digital Marketing dan Penjelasan Update 2023

Nawfal Pradana

26 May 2023

apa yang dimaksud dengan digital marketing

Apa yang dimaksud dengan Digital Marketing?

Apa yang dimaksud dengan DIgital Marketing? Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran untuk sebuah produk atau jasa melalui media digital, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara efisien untuk target market yang relevan.

Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing Menurut Para Ahli

Selain itu ada definisi lain tentang digital marketing menurut para ahli. Definisi ini dikemukakan oleh pakar marketing dan branding, berikut ini definisi tersebut:

Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan: Creative Digital Marketing (2009)

Definisi digital marketing menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan adalah sebuah kegiatan pemasaran yang menggunakan website dan situs online. Rangkaian pemasaran ini menggunakan media yang meliputi email, blog, dan platform digital jaringan informasi lainnya.

Kleindl dan Burrow (2005)

Kleindl dan Burrow mendefinisikan digital marketing sebagai sebuah proses merencanakan dan pelaksanaan yang berawal dari konsep, ide,distribusi, dan promosi. Dengan kata lain membangun dan memelihara suatu hubungan yang menguntungkan satu sama lain antara produsen dan konsumen.

Heidrick dan Struggles (2009)

Heidrick dan Struggles pada tahun 2009 menyatakan bahwa digital merketing adalah sebuah perkembangan dari metode pemasaran secara online yang menggunakan smartphone, web, dan aset digital lain. Tujuannya untuk melakukan promosi dengan gaya baru yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap calon konsumen.

Coviello, Milley, dan Marcolin (2001)

Coviello dan para ahli lainnya memiliki pandangan bahwa digital marketing sebuah cara untuk menghubungkan sebuah pesan dari perusahaan ke calon konsumennya dengan menggunakan teknologi yang interaktif. Dengan begitu calon konsumen bisa berinteraksi dengan perusahaan dengan mudah.

Lane (2008)

Menurut Lane digital marketing adalah segala kegiatan pemasaran yang digital untuk menawarkan produk atau jasa. Pendistribusian nya pun secara digital yang meliputi iklan online dan e-marketing.

Digital Marketing Landscape 2023

Foto tentang pengguna Internet di Indonesia tahun 2023, untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan digital marketing

Berikut ini adalah gambaran pengguna internet aktif di Indonesia pada tahun 2023 dari Dataportal Report. Data ini menunjukan bahwa ada sekitar 212,9 juta pengguna internet di Indonesia dan mereka menghabiskan sebanyak 7 jam 42 menit dalam menggunakan internet. Dengan begitu ini adalah kesempatan emas untuk para perusahaan untuk terjun ke dunia digital, karena potensi besar ini bisa mencapai lebih banyak calon konsumen. 

Jenis Digital Marketing

Setelah membahas tentang Apa yang dimaksud dengan digital marketing, terdapat beberapa jenis digital marketing yang harus kamu pahami. Berikut ini penjelasannya:

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu jenis pemasaran digital dengan menggunakan website sebagai alat utamanya. Metode memiliki fokus untuk  tampil di hasil pencarian paling atas secara organik. Karena kebiasaan orang di era digital ini adalah mencari segala sesuatu secara online, dengan memiliki website dan menggunakan metode SEO adalah wajib bagi setiap perusahaan.

Search Engine Marketing (SEM)

Jenis digital marketing lainnya adalah Search Engine Marketing atau SEM. Berbeda dengan SEO, SEM ini adalah metode digital marketing yang memiliki target hasil pencarian di page satu dengan cara berbayar (Iklan).

Sosial Media Marketing

Jenis digital marketing yang satu ini menggunakan platform khusus sosial media seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lain-lain. Menurut data dari Datareportal 2023, terdapat 167 juta pengguna aktif sosial media di Indonesia. Dengan kata lain hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan sosial media, oleh karena itu penggunaan sosial media sebagai sarana pemasaran diharuskan bagi setiap perusahaan. Karena akan lebih mudah menjangkau lebih banyak calon konsumen dan memiliki daya tarik tersendiri.

Email Marketing

Email Marketing adalah salah satu jenis pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan surat elektronik kepada pelanggan. Isi dari email tersebut bisa berupa promosi produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Content Marketing

Content Marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang menggunakan konten sebagai cara utamanya. Jenis ini memiliki tujuan untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang ingin ditargetkan. Keunikan dari content marketing adalah calon pelanggan bisa berinteraksi secara instan dengan konten yang dibuat, kontennya sendiri bisa berupa  video, infografis, e-book, artikel dan konten yang bisa menamba wawasan pembacanya. 

Langkah Menyusun Strategi Digital Marketing Bagi Pemula Yang Efisien

Setelah kamu meahami apa yang dimaksud dengan digital marketing dan jenisnya. Kamu akan membutuhkan cara untuk membuat strategi digital marketing yang baik dan benar agar tidak salah langkah. Berikut ini cara untuk menyusun strategi digital marketing yang efisien.

Pahami Tujuan Bisnis Kamu

Mehami tujuan bisnis adalah langkah utama yang krusial dalam membentuk strategi digital marketing. Karena dalam langkah ini akan mempengaruhi langkah selanjutnya, kamu perlu untuk menentukan tujuan kedepannya dari bisnis yang dijalankan, tujuan tersebut juga harus spesifik, relevan, terukur, dan dapat tercapai

Contohnya adalah apakah kamu ingin menaikan brand awareness atau penjualan? dan platform apa yang akan digunakan? Dari ini kamu akan bisa menentukan strategi selanjutnya yang bisa bantu kamu dalam mencapai tujuan tersebut.

Tentukan Target Audience

Setelah memilih tujuan dari bisnis yang kamu miliki, tentukan juga target audience yang akan dituju. Karena bisa mempermudah membuat strategi yang cocok

Kamu perlu untuk mengenalnya terlebih dahulu agar bisa mempertimbangkan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi strategi digital marketing ini. Seperti jenis kelamin, usia, pendatan, prefensi, dan hobi. 

Pilih Platform yang Tepat

Setelah mengetahui tujuan bisnis dan target market yang mau dituju, kini giliran untuk memilih platform pemasaran yang diinginkan. Platform digital yang bisa kamui pilih meliputi, SEO, Email Marketing, Sosial Media, dan lain-lain.

Ada hal yang perlu kamu ketahui bahwa tidak semua platform memiliki fungsi yang sama. Masing-masing dari platform tersebut memiliki ciri khas dan kekuatannya sendiri. Penting untuk memilih platform yang relevan dengan bisnis kamu agar bisa cepat tercapai tujuan perusahaan.

Buat konten yang Menarik dan Berkualitas

Konten adalah salah satu kunci kamu untuk bisa menarik calon konsumen melihat produk atau jasa yang dipasarkan. Buatlah konten yang informatif, relevan, dan relatable bagi para targeted audience kamu. 

Selain itu konten yang berkualitas harus memiliki aspek edukasi, solutif, dan menghibur agar para audiens bisa membagikan konten tersebut. Tentukan juga format konten yang akan dibuat agar lebih mudah diterima.

Lakukan Evaluasi dan Ukur Keberhasilan Dengan Data

Evaluasi adalah salah satu langkah yang gak kalah penting. Karena evaluasi bisa membantu kita melihat apkah startegi yang kita jalankan berhasil atau tidak dan apakah strategi ini adalah yang terbaik untuk bisnis kamu. 

Gunakan data untuk mengukur keberhasilan dari strategi ini, karena dengan data kamu bisa memperbaiki strategi ini agar lebih efisien. Kamu perlu [pemahaman yang mendalam tentang data yang telah kumpulkan, karena kesalahan dalam memakai data bisa berimbas pada strategi kamu.

Skillset Yang Wajib Kamu Miliki

Seorang praktisi digital marketing tentu memiliki skill set tersendiri dalam menjalankan pekerjaanya. Biasanya skill set yang harus dikuasai terbagi menjadi 2 jenis yaitu hard skill dan soft skill. Nah kamu bisa mengetahui skill set apa saja yang wajib dikuasai sebagai berikut

Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif atau creative thinking adalah salah satu softskill yang sangat berguna. Ketika kamu sedang membuat konten atau brainstorming, ide-die kreatif, inovatif, dan segar agar kampanye digital marketing kamu beda dari yang lain. Kemampuan ini bisa membantu kamu dalam melihat peluang baru dalam pasar dan meraih lebih banyak audience

Problem-Solving

Digital Marketer harus memiliki pola pikir problem solving. Karena ketika kamu sedang merencanakan atau menjalankan sebuah kampanye, pasti adalah kendala yang dihadapi. Nah disini skill problem solving sangat  dibutuhkan untuk mencari solusi dari masalah tersebut.

Komunikasi

Ini adalah skill umum yang harus kamu miliki setiap pekerjaan. Meski begitu skil komunikasi sangat dibutuhkan oleh praktisi digital marketing karena kamu akan bekerja dengan divisi dan stake holder. Skill ini komunikasi yang baik ini meliputi public speaking, menjaga relasi  yang baik, penyampaian pesan yang menarik dan ringkas. Kemampuan ini bisa memudahkan kamu dalam menjalani pekerjaan sehari-hari.

SEO dan SEM

Kemudian Skill ini merupakan hardskill yang dapat berguna jika kamu miliki. Karena akan sangat berguna untuk melakukan pemasarans ecara digital. Bisa menguasai SEO bisa menambah peluang bisnis kamu cepat untuk dikenal banyak orang karena akan muncul di halaman nomor 1 mesin pencari, selain itu hasil dari pencarian organik berpotensi lebih besar diklik dari pada iklan berbayar. Nah untuk skill SEM bisa membantu kamu untuk menyebarkan iklan perusahaan secara digital dan kedua skill ini akan saling berkesinambungan dalam menjalankan digital marketing.

Copywriting dan Storytelling

Hardskill mengolah dan edit kata ini umumnya dikuasai oleh digital marketer.  Skill ini akan berguna ketika kamu membuat konten atau kata-kata perusafi untuk pemasaran digital yang kamu jalankan. Selain itu skill bercerita atau story telling bisa menjadi poin plus jika kamu bisa kuasai, karena dalam menyampaikan pesan kamu bisa gunakan teknik ini agar para audiens tidak bosan dan penasaran dengan alur cerita yang kamu buta. Penulisan ini juga tidak hanya untuk sosial media, bisa juga diaplikasikan ke newsletter dan penulisan blog.

Kesimpulan

Nah Itu dia  pengertian dan hal-hal yang berkaitan dengan digital marketing untuk menambah wawasanmu. Skillset yang bisa kamu kuasai juga harus disesuaikan kembali dengan job desc yang akan kamu kerjakan karena di setiap kantor atau bisnis akan berbeda dari yang lain. Nah jika kamu ingin mengetahui lebih dalam dan menjadi praktisi di bidang digital marketing, kamu bisa ikut kelas Job Connector Bootcamp Digital Marketing di Purwadhika. Kamu akan mempelajari skill set di atas dan semua tentang digital marketing mulai dari nol. Selain itu kamu juga akan disalurkan kerja ke lebih dari 1000+ hiring partner Purwadhika di seluruh Asia.


bagikan