purwadhika-logoPurwadhika Logo
hamburger-menu

5 Skill yang Harus Dimiliki oleh Seorang SEO Specialist!

Ferdinand Adinata

07 June 2024

5_Skill_yang_Harus_Dimiliki_oleh_Seorang_SEO_Specialist!.jpg

SEO sering kali kita dengar kan? SEO itu adalah istilah lain dari Search Engine Optimization. Tujuan dari SEO sendiri terkait dengan peningkatan tingkat pemeringkatan domain atau URL tepatnya pada situs web. Tidak terlalu penting namun seorang SEO Specialist memiliki pengaruh yang begitu besar dalam proses membangun sebuah web yang teroptimalkan. Namun dibalik semua itu tentunya terdapat banyak sekali skill yang harus dimiliki. Berikut ini adalah 5 skill yang harus ada:

Pencarian keyword yang sedang trending dan relevan

Skill mencari keyword yang relevan

Satu hal penting yang dibutuhkan SEO specialist adalah menemukan kata kunci yang sedang trending. Jika kata kunci Anda tidak relevan, situs web kamu mungkin tidak dioptimalkan agar muncul sebagai salah satu halaman teratas di Google. Dengan menggunakan Google Keyword Planner, kamu dapat menemukan kata kunci yang relevan.

Skill mencari keyword yang trending

Menemukan topik atau kata kunci yang sedang trending merupakan salah satu hal yang krusial dalam dunia SEO. Untuk menemukan topik yang sedang trending, kamu bisa mencoba menggunakan Google Trend, Ubersuggest, dan Ahref. Dengan mengetikkan kata kunci yang sedang trending ini di Google, ini dapat meningkatkan traffic website kamu sehingga muncul di halaman teratas Google.

Menganalisa algoritma Google

Seorang SEO specialist harus memiliki pemahaman yang komprehensif tentang cara kerja algoritma mesin pencari seperti Google. Algoritma ini terus berubah oleh karena itu sangat penting untuk terus mengikuti perkembangannya. Mempunyai skill ini membantu mengoptimalkan konten dan struktur situs web agar memenuhi persyaratan Google, sehingga meningkatkan peringkatnya di halaman hasil pencarian.

Menulis konten yang berkualitas

Menulis_konten_yang_berkualitas.jpg Kedua, konten bisa dibilang sangat penting dalam SEO. Seorang SEO specialist bisa dikatakan tidak hanya membuat konten yang berkualitas dan menarik tetapi juga mengoptimalkannya untuk Google. Menulis konten berkualitas perlu judul yang bagus dan juga trending, menulis meta description juga penting, usahakan dibuat supaya orang tertarik membaca artikel kamu.

Cross Platform Distribution

Ketiga, kemampuan melakukan distribusi antar platform akan menjadi skill penting dalam SEO. Hal ini dilakukan dengan tujuan membawa konten yang sudah dikembangkan ke berbagai platform media sosial untuk meningkatkan traffic. Untuk mencapai kesuksesan, SEO Specialist harus memiliki pengetahuan tentang cara mengoptimalkan dan memodifikasi konten yang ditujukan untuk berbagai platform seperti situs jejaring sosial, blog, atau situs web milik perusahaan pihak ketiga melalui teknik email marketing.

Link Building atau Membangun Backlink yang Berkualitas

Keempat, kamu harus tahu bahwa SEO adalah tentang membangun backlink berkualitas dari situs web lain, ini adalah salah satu skill terpenting yang harus dimiliki seseorang untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google dan meningkatkan otoritas situs web. Untuk mendapatkan backlink, seorang SEO specialist harus dapat menemukan situs web yang kredibel dalam niche mereka dan kemudian berkolaborasi dengan pemilik situs atau pembuat konten.

Technical SEO

Untuk memastikan situs web kamu berkinerja baik di mesin pencari, kamu harus memiliki keterampilan technical SEO yang baik. Memiliki skill technical SEO yang bagus sangat penting dalam menjaga situs web kamu beroperasi secara efisien dari perspektif mesin pencari. Untuk unggul dalam SEO, pertama-tama kamu harus menguasai aspek teknis dalam mengoptimalkan kecepatan situs web, struktur URL, arsitektur situs web, dan tag HTML. Selain itu, kamu harus menyadari pentingnya menjadikan situs web ramah seluler dengan menawarkan konektivitas HTTPS yang aman dan manajemen file robot.txt dan peta situs XML agar dapat dengan mudah terindeks oleh mesin pencari.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat mendeteksi dan mengatasi kesulitan teknis yang dapat mempengaruhi kinerja SEO, sehingga menghasilkan peringkat dan pengindeksan situs web yang lebih tinggi. Dengan mengoptimalkan SEO teknis, situs web menjadi lebih mudah diakses dan menawarkan pengalaman pengguna yang unggul, sehingga meningkatkan visibilitas dan peringkatnya.

Setelah membaca 5 skill diatas, apakah kamu tertarik menjadi SEO Specialist? Jika masih belum yakin, kamu boleh mengecek website berikut tentang Cara Website Bisnis Anda muncul di Google Search: Pengenalan SEO


bagikan