purwadhika-logopurwadhika-logo

10+ Website Rekomendasi Untuk Cari Contoh Desain Web Sederhana

Nawfal Pradana

06 June 2023

contoh desain web sederhana

Bisa punya website sendiri untuk bisnis kamu memang penting, tapi memiliki website yang memiliki desain menarik dan memiliki fungsi yang baik adalah hal yang jauh lebih penting. Tapi banyak orang yang ingin membuat website dengan pemahaman yang salah, mulai dari penempatan informasi, komponen yang diberikan, dan desain yang membuat user kurang nyaman. Sejatinya website yang baik adalah yang bisa memberi user kenyamanan dan solusi. Padahal website yang sederhana dengan menerapkan kaidah UI/UX yang baik bisa lebih menarik bagi user. Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi contoh desain web sederhana yang cocok untuk cari ide.

Awwwards

Awwwards

Awwwards adalah sebuah website kumpulan desain web yang didesain oleh UI/UX Designer, kamu akan menemukan beberapa contoh yang bisa dijadikan inspirasi. Mulai dari contoh desain web yang sederhana sampai yang kompleks. Website ini memang bertujuan agar para developer dan UI/UX Designer bisa menampilkan hasil terbaik mereka. Koleksi contoh desain web yang ada disini semua sudah terkurasi oleh ahli web desain dan developer, jadi semua sudah lolos secara kualitas, kreativitas, dan kegunaannya. Jika kamu ingin mencari ide yang out of the box dan melihat kemampuan sebuah website sejauh mana

SiteInspire

Siteinspire

Berbeda dengan Awwwards, pada siteInspire kamu bisa menemukan contoh desain web sederhana dan tidak terlalu meriah. Karena memang website ini mengkurasi dengan tema elegan, clean, dan simple. SiteInspire memiliki banyak koleksi contoh desain web yang diupload oleh user meliputi portfolio, website untuk anak-anak, dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang ingin mencari inspirasi untuk desain web yang sederhana, elegant, dan clean. siteInspire adalah tempat yang cocok

TemplateMonster

Templatemonster

Rekomendasi selanjutnya adalah TemplateMonster, website ini memuat banyak template untuk membuat website. Bukan hanya template ada juga plugins dan animasi untuk tampilan website. Sejatinya TemplateMonster adalah marketplace, jadi semua yang ditampilkan pada website ini adalah berbayar. Untuk menggunakannya kamu harus membeli dahulu, terdapat perbedaan tujuan juga untuk keperluan pribadi atau komersil. Karena ini adalah website marketplace jadi kamu juga bisa menjual hasil karya digital kamu. Karena TemplateMonster menjual beberapa template tampilan antarmuka website, jadi kamu bisa melakukan modifikasi tanpa harus memahami teknisnya. Website ini juga menjual beberapa template untuk WordPress, HTML,Joomla dan masih banyak lagi. TemplateMonster cocok untuk kamu yang ingin membuat website tanpa memiliki tim developer yang lengkap, karena kamu bisa memanfaatkan template yang dijual.

Pinterest

Pinterest

Biasanya kita mengenal Pinterest sebagai tempat untuk mencari inspirasi mulai dari pakaian, dekorasi, design, dan masih banyak lagi. Nah kamu juga bisa mencari contoh desain web sederhana disini, karena banyak dari UI/UX Designer mengupload karya mereka. Tapi contoh desain web yang ada di pinterest tidak terkurasi dengan baik, karena memang Pinterest ditujukan untuk memajang hasil karya user. Pinterest cocok untuk kamu yang sedang mencari inspirasi tampilan website, pinterest juga gratis kamu hanya perlu log in dan bisa langsung menggunakannya.

Best Website Gallery

Bestwebsite

Jika kamu mengakses website ini memang tidak seperti website sebelumnya, lebih mirip seperti Blog seseorang yang menampilkan kompilasi design website. Nah jika kamu merasakan seperti itu, memang betul Best Website Gallery memang merupakan side project dari seorang desainer David Hellmann, yang akhirnya tumbuh menjadi besar. Keunikan dari website ini juga kompilasi desain website yang sudah terkurasi dan pilih langsung oleh david. Website memuat 200 an halaman yang berisikan contoh desain website. Karena tema dan konsepnya yang beragam, kamu bisa mencari ide dari Best Website Gallery sebelum membangun website sendiri.

Calltoidea

Calltoidea

Bisa dibilang Calltoidea salah website yang lengkap untuk mencari inspirasi. Karena website ini menampilkan potongan-potongan page yang kamu butuhkan seperti contoh error page, register, navigation, dan banyak lagi. Tapi memang website ini tidak menampilkan flow desain website secara full, dan hanya berupa potongan page yang kamu butuhkan saja.

Behance

Behance

Behance adalah media network yang berisikan kumpulan portfolio dari para desainer dan pekerja kreatif lainnya. Oleh Karena itu kamu akan melihat project dan studi kasus yang dipamerkan. Tapi kamu harus mengkurasi sendiri contoh desain web yang ingin dicari, karena ada banyak jenis desain pada website ini. Behance memiliki komunitas yang besar dan sudah sangat umum di kalangan desainer, maka dari itu website ini kredibel untuk kamu mencari inspirasi.

CSS Design Awards

Cssdesignaward

CSS Design awards adalah website penghargaan untuk website terbaik dengan juri di bidang desain web. Nah kamu bisa mencari inspirasi dari website terbaik yang pernah menang penghargaan ini. Ada tiga kategori pemenang yaitu Winner of The Day, Winner of The Month, dan Winner of The Year. selain bisa melihat para pemenang, kamu juga melihat nominasi dalam masing-masing kategori. Website ini cocok untuk kamu yang membangun website dan melihat website terbaik itu seperti apa.

Beta List

Betalist

Beta List adalah website yang memamerkan kumpulan desain web dari startup yang baru berjalan. Kamu bisa mempelajari contoh desain web sederhana sampai yang rumit. Bukan hanya itu karena yang ditampilkan adalah website perusahaan startup, biasanya belum terlalu rumit dan banyak eksplorasi. Jadi kamu bisa dijadikan inspirasi untuk membangun website sendiri.

Favorite Website Awards

Fwa

Mirip dengan CSS Design Awards, Favorite Website Awards atau FWA sudah ada sejak tahun 2006. Jika kamu mengunjungi website FWA akan terlihat website terbaik yang di update per hari, jadi setiap harinya kamu bisa melihat contoh design website yang berbeda. Kumpulan website ini juga telah melewati serangkaian proses penilaian dari juri profesional. Jadi sudah pasti berkualitas dan terbukti bisa memberikan kenyaman pada user.

Bonus Contoh Desain Web Sederhana

ETQ - contoh desain web toko online yang sederhana Bedow - Desain web yang cocok untuk portfolio karena penuh dengan visual menarik Monograph - Desain web yang simple dengan perpaduan gradasi warna Florian Matthias - Contoh desain website sederhana dengan ornamen animasi yang menarik Netil Radio - Contoh desain web startup, cocok untuk bisnis yang menawarkan jasa.

Hal-hal yang Harus DIperhatikan Dalam Membuat Web

Ketika kamu ingin membangun website mu sendiri, pasti kamu berkeinginan untuk mendesain semua komponen beserta isinya. Tapi kamu tidak bisa asal mendesain karena bisa berdampak buruk pada kenyaman user dalam menggunakannya. Nah berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat desain web:

  • Buat web desain responsive, dengan kata lain buatlah desain yang mobile friendly karena akses website menggunakan smartphone berpotensi lebih banyak dan terus meningkat.
  • Gunakan H1 dan H2 agar web mudah dibaca, dengan mendiferensiasikan antara judul H1 dan H2 user akan mudah membaca isi konten. Selain itu gunakan sub heading dan isi.
  • Buat web yang simple dan berfungsi, tiak perlu banyak ornamen desain yang menonjol asal website kamu rapi dan berfungsi user akan secara ototmatis kembali menggunakannya
  • Navigasi dan user flow website yang jelas, dengan membuat user flow dan navigasi yang jelas akan meningkatkan kenyamanan user. Karena jika user mengalami keraguan dan bingung dalam melakukan navigasi maka website kamu akan dinilai buruk
  • Konsisten dalam membuat desain web, karena konsistensi dalam desain bisa membantu proses branding perusahaan kami. Dengan kesamaan warna, font, dan visual grafis user akan merasa website kamu kredibel. Buatlah konten yang jelas, agar user mengetahui apa yang sedang mereka lihat dan dapatkan
  • Keamanan dan kecepatan akses, hal ini penting karena kamu ingin membuat data user aman ketika mengakses website kita. Selain itu kecepatan akses website juga penting agar user tidak cepat berpindah ke website lain

bagikan