purwadhika-logopurwadhika-logo

10+Manfaat Olahraga Bagi Tubuh & Waktu yang Tepat untuk Melakukanya

Nawfal Pradana

15 September 2023

Kita semua pasti sudah mengerti kalau kesehatan itu mahal harganya, karena itu kita harus terus menjaga kesehatan. Nah untuk menjaga kesehatan salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin. Tapi masih banyak dari orang Indonesia untuk mengabaikan olahraga, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 hanya sebesar 35,70% masyarakat yang memahami pentingya olahraga. Padahal manfaat olahraga bagi tubuh itu banyak bange loh, nah buat kamu yang penasaran yuk simak article ini sampai habis

Tujuan Olahraga

Tapi sebelum kita tahu manfaat olahraga bagi tubuh, kita harus ketahui dulu nih tujuan kamu berolahraga itu untuk apa. Karena berbeda tujuan olahraga, berbeda juga cara untuk mempersiapkan dan melakukanya. Pada umumnya akan ada banyak jawaban untuk tujuan olahraga seperti menjaga kesehatan, menguatkan otot, dan memulihkan cedera. Tapi ada beberapa tujuan olahraga yang dikategorikan dari kegiatanya, berikut ini detail tujuan olahraga:

Olahraga Rekreasi: Olahraga yang memiliki aktivitas untuk bersenang-senang, biasanya olahraga ini dilakukan bersama-sama seperti arum jeram, panjat tebing, diving dan lain-lain. Olahraga Lomba: Olahraga ini dilakukan untuk dilombakan atau berkompetisi. Olahraga ini biasanya yang kamu lihat ketika olimpiade atau ajang perlombaan lainnya Olahraga Pendidikan: Kegiatan olahraga yang satu ini biasanya adalah yang kamu pelajari di sekolah, tujuan untuk mengedukasi tentang olahraga Olahraga Rehabilitasi: Tujuan olahraga yang satu ini biasanya dilakukan untuk pemulihan cedera

10+ Manfaat Olahraga Bagi Tubuh yang Bisa Kamu Rasakan

Nah setelah mengetahui berbagai macam tujuan untuk olahraga, sekarang waktunya untuk membahas manfaat olahraga bagi tubuh. Olahraga memiliki banyak efek positif bagi tubuh dengan cara dan sewajarnya. Berikut ini manfaat yang bisa kamu rasakan:

Memperkuat otot dan tulang

Ketika kamu berolahraga secara bersamaan kamu telah membantu melatih otot dan tulang. Otot dan tulang yang kuat ini akan sangat berguna ketika kamu bertambah usia. Nantinya massa otot akan mulai berkurang sehingga berisiko untuk terjadi cedera. Untuk itu ketika usia kamu masih produktif coba secara rutin untuk latihan resistensi.

Membakar Kalori

Sudah menjadi sebuah fakta bahwa olahraga bisa membakar kalori yang ada tubuh kita. Apalagi jika kamu melakukan olahraga yang difokuskan untuk membakar kalori yang besar. Efeknya berat badan kamu akan lebih terkontrol karena asupan dan pengeluaran kalori jadi seimbang

Memperlancar peredaran darah

Olahraga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh. Kamu bisa menurunkan resiko penyakit berbahaya dengan lancarnya peredaran darah.

Menjaga kesehatan otak

Ada sebuah riset yang mengatakan bahwa olahraga memiliki hubungan yang erat dengan otak. Dengan melakukan olahraga secara rutin kamu bisa meningkatkan kemampuan untuk berpikir dan memori otak. Karena olahraga bisa membantu pertumbuhan sel pada otak.

Menghilangkan stress

Percaya atau tidak olahraga bisa menurunkan tingkat stress kamu loh, salah satunya dengan lari pagi bisa memperbaiki mood kamu yang berimbas pada menurunnya kecemasan, depresi, dan stress. Selain itu ketika kamu berolahraga otak akan menghasilkan hormon endorfin yang membuat tubuh jadi bahagia dan memiliki perasaan yang baik.

Melenturkam sendi dan meningkatkan keseimbangan

Olahraga diketahui bisa melenturkan sendi-sendi jadi lebih flexible dan minim cedera. Kamu bisa melakukan olahraga yang berfokus pada gerak otot seperti senam lantai. Selain itu jika kamu bersepeda dengan rutin, bisa meningkatkan keseimbangan tubuh.

Kualitas tidur yang meningkat

Aktivitas fisik yang kau lakukan ketika olahraga bisa meningkatkan kualitas tidur, dengan tidur yang lebih baik kamu akan menjalani aktivitas berikutnya menjadi lebih bersemangat dan produktif. Tapi kamu perlu untuk menghindari kegiatan olahraga menjelang tidur karena malah akan membuat tubuh kembali siap untuk melakukan aktivitas.

Memiliki peluang untuk umur lebih panjang

Percaya atau tidak olahraga bisa meningkatkan peluang memiliki umur lebih panjang. Hal ini karena olahraga bisa membuat tubuh menjadi segar dan bugar, jadi kamu bisa terhindar dari penyakit yang kronis

Mengontrol tekanan darah dan gula darah

Banyak dari penelitian sudah membuktikan bahwa olahraga mampu untuk mengontrol hingga menurunkan tekanan darah. Hal ini karena sirkulasi darah menjadi lebih lancar dengan gerakan olahraga yang berirama seperti senam. Selain itu olahraga bisa membantu insulin untuk bekerja lebih baik sehingga bisa menurunkan kadar gula darah.

Meningkatkan kebugaran tubuh dan stamina

Ketika kamu berolahraga, maka kamu akan melatih organ tubuh mu, hal ini berdampak pada peningkatan stamina yang kamu miliki. Tubuhmu akan terlatih untuk melakukan hal yang lebih berat tapi dengan stamina yang lebih kuat. Selain itu ketika kamu juga akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit dan berdampak menjadi lebih bugar

Terhindar dari sakit nyeri kronis

Olahraga Bisa menjadi terapi untuk beberapa penyakit nyeri kronis, salah satunya adalah fibromyalgia. Dengan melakukanya secara rasa nyeri tersebut bisa berkurang. Kamu bisa melakukan olahraga aerobik untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

Waktu yang Tepat untuk Olahraga Beserta Manfaatnya

Waktu yang tepat untuk berolahraga biasanya bermacam-macam untuk setiap orang, tapi kalau kamu hanya ingin berlatih secara rutin ada waktu-waktu yang pas untuk berolahraga. Setidaknya ada 2 waktu yang direkomendasi untuk melakukan olahraga. Nah untuk detail waktu dan manfaatnya sebagai berikut:

Olahraga pada pagi hari dan manfaatnya

Bagi kebanyakan orang beranggapan bahwa berolahraga di pagi hari adalah waktu yang pas. Karena udara masih segar dan tubuh masih fit dengan energy yang masih banyak. Nah anggapan tersebut tidaklah salah, karena berolahraga di pake hari efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena olahraga pagi bisa merevitalisasi metabolisme tubuh, jadi akan banyak kalori yang terbakar ketika berolahraga di pagi hari melakukan olahraga mulai jam 7 pagi secara rutin agar pembakaran lemak efektif

Olahraga pada sore hari dan manfaatnya

Waktu lain yang pas untuk berolahraga selain pagi hari adalah sore hari, olahraga pada sore hari bisa memiliki banyak manfaat jika dilakukan dengan benar. Olahraga sore bisa meningkatkan aktivitas enzim dan otot. Selain itu bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks setelah seharian beraktivitas

Olahraga pada malam hari dan manfaatnya

Ada satu watu lagi yang bisa menjadi opsi untuk berolahraga untuk kamu yang tidak memiliki waktu yang banyak. Yaitu pada malam hari, olahraga pada malam hari sama manfaatnya dengan pagi hari. Tapi bedanya olahraga pada waktu ini cocok untuk membuat otot. Hindari olahraga malam menjelang tidur, beri jeda 1,5 jam untuk istirahat sebelum tidur. Selain itu hindari olahraga pada larut malam agar kamu tetap memiliki jam istirahat yang ideal.


bagikan